Tuesday, March 17, 2020

Panduan Cara Beternak Ayam Kalkun Lengkap Dari A - Z

Jenis-jenis Ayam Kalkun 
Ayam kalkun yaitu sebutan untuk dua spesies burung berukuran besar dari ordo Galliformes genus Meleagris.
Kalkun atau burung kalkun yaitu sebutan untuk dua spesies burung berukuran besar dari ordo Galliformes genus Meleagris. Kalkun betina lebih kecil dan warna bulu kurang berwarna-warni dibandingkan kalkun jantan. (Wikipedia)
Nama ilmiah: Meleagris
Ordo: Galliformes
Famili: Phasianidae
Genus: Meleagris; Linnaeus, 1758
Kelas: Aves
Kalkun betina lebih kecil dan warna bulu kurang berwarna-warni dibandingkan kalkun jantan. Sewaktu berada di alam bebas, kalkun mudah dikenali dari rentang sayapnya yg mencapai 1,5-1,8 meter.

Spesies kalkun asal Amerika Utara disebut M. gallopavo sedangkan kalkun asal Amerika Tengah disebut M. ocellata.

Kalkun hasil domestikasi yg diternakkan untuk diambil dagingnya berasal dari spesies M. gallopavo yg juga dikenal sebagai kalkun liar (Wild Turkey). Sedangkan spesies M. ocellata kemungkinan yaitu hasil domestikasi suku Maya. Ada orang yg beropini kalkun yg diternakkan untuk diambil dagingnya berasal dari kalkun suku Maya. Alasannya kalkun suku Maya lebih penurut dari kalkun liar asal Amerika Utara, tapi teori ini tidak didukung bukti morfologis. Kalkun hasil domestikasi mempunyai pial (bagian bergelambir di bawah paruh) sebagai bukti bahwa kalkun negeri berasal dari kalkun liar M. gallopavo. Kalkun M. ocellata yg dipelihara orang Maya tidak mempunyai pial.

Kalkun liar merupakan binatang buruan di Amerika Utara, tapi tidak mirip kalkun negeri, kalkun liar gesit dan terpelajar terbang.

Kalkun dalam banyak sekali bahasa

Ketika kalkun pertama kali ditemukan di Amerika, orang Eropa salah mengenalinya sebagai burung asal Afrika Numida meleagris yg juga dikenal sebagai "ayam turki" lantaran diimpor dari Eropa Tengah melalui Turki. Dalam bahasa Inggris, kalkun tetap disebut sebagai "Turkey" hingga sekarang. Kalkun termasuk genus Meleagris yg dalam bahasa Yunaniberarti "unggas asal Guinea".

Nama-nama dalam banyak sekali bahasa dunia untuk kalkun hasil domestikasi juga mencerminkan nama negeri asal kalkun yg "eksotik" berdasarkan orang zaman dulu. Sekaligus terlihat kebingungan orang zaman dulu wacana negara asal kalkun. Pada waktu, orang percaya lokasi benua Amerika yg gres saja ditemukan terletak di Asia Timur. Selain itu, orang zaman dulu suka menamakan binatang dengan nama-nama tempat yg jauh dan eksotis supaya bis,a dijual mahal.

Kalkun merupakan ejaan bahasa Indonesia untuk bahasa Belanda "kalkoen" yg diambil dari nama kota Kalikut di India. Sedangkan Ayam Belanda merupakan sebutan bahasa Melayu untuk kalkun. Dalam bahasa Denmark dan Norwegia, kalkun juga disebut sebagaikalkun, atau kalkon (bahasa Swedia), Kalkuun (bahasa Jerman hilir), kalkkuna (bahasa Finlandia), dan kalsayana dalam bahasa Papiamento.

Menentukan Jenis Kelamin Kalkun
Untuk menentukan jenis kelamin pada ayam kalkun ada beberapa tips, berikut tips yg bis,a dilsayakan untuk menentukan jenis kelamin ayam kalkun:

Memasukkan jari ke kloaka anak ayam. Metode ini membutuhkan pembinaan yg ekstensif yg sanggup memakan waktu beberapa bulan biar ahli, tapi orang yg sudah andal dan berpengacukup laman akan sanggup memakai jari telunjuk untuk membuka kloaka anak ayam dan mengetahui alat kelamin nya. Hal ini mungkin akan melukai anak ayam. Sehingga harus diajarkan oleh seseorang yg benar-benar ahli.

Gunakan perangkat proctoscope, alat mirip untuk mengusut usus besar anak ayam itu. Alat ini sanggup membantu anda melihat melalui dinding usus anakan kalkun dan menemukan gonad anak ayam itu, Jantan yg akan mempunyai dua testis, dan betina satu ovarium. Metode ini juga membutuhkan pembinaan yg menyeluruh biar tidak membahayakan anak ayam.

Bandingkan bulu halus belum dewasa ayam dengan bulu utama mereka. Kita bias membandingkan bulu yg lebih cepat tumbuh yaitu jantan dan lambat betina, betina akan mempunyai bulu halus yg selalu lebih pendek daripada bulu primer, lantaran merupakan karakteristik seksnya. Ini bis,a menjadi metode yg berkhasiat untuk penentuan jenis kelamin kalkun yg berumur hanya beberapa jam saja, dengan pembinaan yg minimal.

Tunggu hingga anak Kalkun berusia delapan minggu, Kalkun Jantan akan berbagi kakinya lebih besar mempunyai sedikit bulu di kepala mereka. betina akan tampak lebih tinggi dan langsing.
Tunggu hingga animo kawin pertama mereka. Anda tidak perlu menjadi seorang pengamat kalkun yg andal untuk mengetahui siapa yg jantan atau betina, dikala terjadi perkawinan.

Ukuran Kandang Box Berdasarkan Umur
Kalkun umur 0- 1.5 bulan (20-25 ekor kalkun):
Kandang bambu rapat dengan bantalan kertas kardus, panjang 1 meter, lebar 80 cm, tinggi 40 cm.

Kalkun umur 1.5- 2,5 bulan (10-15 ekor kalkun):
Kandang bambu lebih renggang tanpa bantalan kertas kardus, panjang 1 meter, lebar 80 cm, tinggi 40 cm.

Kalkun umur 2,5- 3.5 bulan (15-20 ekor kalkun):
Kandang kawat strimin dengan rangka kayu, panjang 2 meter, tinggi 70 cm, lebar 80 cm.

Kalkun umur 3.5 bulan ke atas s.d indukan (50-70 ekor kalkun):
Kandang umbaran tanah yg berkarakter kering & tidak keras dan ditumbuhi rumput & tumbuhan perdu ukuran minimal 5x10 meter.

CATATAN :
Kandang umbaran tanah yg untuk indukan. Lahan 5x10 meter dibentuk sebagian beratap dan di tempat beratap disediakan tempat bertengger yg cukup bagi semua ayam kalkun.

Kandang karantina juga harus dipersiapkan bagi pejantan yg suka berbuat onar (tarung), sakit, atau cidera.

untuk ayam kalkun pejantan , indukan sakit : sangkar bambu ukuran 80cm x 80cm x 80cm (diisi 1 ekor ayam kalkun dewasa)
untuk ayam kalkun yg masih muda, ukuran bis,a lebih kecil (tetap diisi 1 ekor)
untuk ayam kalkun dalam pengobatan cidera/terluka bis,a di dalam sangkar yg agak besar, sanggup dicampur dengan kalkun lain yg juga terluka.

Kandang Ayam Kalkun

1. Kandang untuk mengumbar

Kalkun membutuhkan ruangan untuk bergerak dan beraktivitas sehari-hari (termasuk perkawinan). Untuk itu dibutuhkan lokasi yg berkhasiat sebagai umbaran. Lokasi umbaran ini harus dikelilingi pagar yg rapat biar aman. Sebenarnya, kalkun bukan tergolong binatang yg bahagia melarikan diri. Penggunaan pagar lebih bermaksud untuk menjaga keamanan dari tangan jahil dan binatang pengganggu lainnya.

Untuk memelihara 50-70 ekor indukan, sangkar umbaran seluas 5x10 meter sudah cukup. Jika kita menanam sayuran di lokasi sangkar ini, maka lokasi tumbuhan juga perlu dipagar biar tidak habis oleh kalkun. Sayuran yg biasa dikonsumsi yaitu:
-Sawi
-Kangkung
-Genjer
-Eceng gondok
-Daun pepaya
-Daun pisang
-Som jawa
-Selada air
Dan sebagainya.

2. Kandang kalkun umur 0-30 hari

Kalkun yg berumur satu ahad hingga satu bulan membutuhkan sangkar boks yg hangat. Kandang sanggup dibentuk dari bambu atau kayu, atau kawat strimin dengan rangka kayu. Kandang kawat sangat membantu kalau didaerah kita banyak terdapat hama tikus. Agar praktis, sangkar dibentuk ukuran panjang 1 meter, lebar 80 cm, tinggi 40 cm dan kaki-kaki setinggi 10 cm atau menyesuaikan dengan keadaan. Kandang dengan luasan mirip diatas cukup untuk menampung 20 ekor kalkun. Sebagai bantalan kandang, gunakan lapisan koran. Koran akan menyerap cairan yg berasal dari kotoran atau sisa minuman. Jika koran sudah jenuh air dan penuh kotoran, kita tinggal angkat, buang dan ganti dengan koran yg baru.

Pada umur 1,5 hingga 2,5 bulan, kalkun sudah mengalami perkembangan yg lumayan. Untuk itu kalkun perlu menempati sangkar yg lebih lega. Untuk kandangnya, sama dengan sangkar kalkun berumur 0-1 bulan diatas. Hanya saja populasinya perlu dikurangi menjadi sepuluh ekor kalkun saja.

3. Kandang kalkun umur 2,5 bulan ke atas

Kalkun berumur 2,5 bulan ukuran kandangnya yaitu panjang 2 meter, tinggi 70 cm, lebar 80 cm dan kaki-kaki menyesuaikan pada kondisi setempat. Kandang dengan luasan mirip diatas diisi dengan 20 ekor kalkun. Saat kalkun berumur 3 bulan, maka populasinya dikurangi menjadi 10 ekor/kandang. Kemudian pada umur 3,5 bulan, dikurangi lagi sehingga dalam satu sangkar hanya terdapat 8 ekor kalkun.

Pada umur 3 bulan, kalkun harus mulai dipisah-pisah berdasarkan jenis kelaminnya. Jadi, antara sangkar jantan dan sangkar betina dibentuk sendiri-sendiri. Kalkun jantan juga mulai diseleksi untuk mendapat calon pejantan yg baik. Kalkun jantan yg kurang anggun kita gunakan sebagai kalkun potong.

4. Kandang lantai

Selain menempati sangkar boks, kalkun mulai umur 2 bulan keatas juga bis,a menempati sangkar lantai. Ukuran sangkar lantai ini, sebagai contoh, panjang 6 meter, lebar 3 meter, dengan tinggi menyesuaikan dengan keadaan. Tentu saja ukuran ini tidak bsaya dan melihat pada kondisi setempat. Populasi sangkar lantai ini sekitar 20-30 ekor untuk tiap meter perseginya. Kaprikornus kita bis,a menghitung sendiri ukuran sangkar dan isinya.

5. Kandang pejantan

Kalkun pejantan mutlak harus diberi sangkar boks tersendiri. Ini berkhasiat biar kalkun tidak berkelahi yg akan menimbulkan luka dan bulu rontok. Ukuran sangkar untuk pejantan ini 80x80x80 cm. Kandang juga dibentuk berkaki. Tiap satu sangkar hanya berisi satu kalkun saja.

6. Kandang untuk mengeram

Saat bertelur dan mengeram, kalkun harus disediakan sangkar khusus. Kandang ini berupa boks dengan ukuran 40x40x40 cm. Sebagai alasnya, bis,a ditaruh merang/tangkai padi. Jika kita memelihara kalkun dalam jumlah banyak, maka sangkar pengeraman ini juga harus disediakan dalam jumlah banyak. Jumlahnya bis,a diubahsuaikan sesuai dengan jumlah indukan yg ada.

Tempat makan minum. Tempat makan dan minum untuk kalkun diubahsuaikan dengan umurnya. Untuk kalkun kecil, buatlah tempat makan dari materi bambu yg panjangnya 40 cm dan berdiameter 8-10 cm yg dibelah dua. Cara membelahnya tidak sama tapi untuk pecahan yg digunakan lebih besar, kira-kira 2/3 luas penampang. Bagian bawah bambu kita beri tahanan/alas supaya tidak terguling. Tempat makan ini cukup untuk memberi makan 20-25 ekor kalkun kecil.

Selain tempat makan dari bambu, tempat makan yg simpel bis,a terbuat dari tempat minum yg biasa dijual di poultry shop. Jadi, dalam tempat minum itu kita isikan kuliner untuk kalkun.

Untuk kalkun dewasa, tempat makan bis,a berupa wadah plastik mirip bejana kecil. Jika mau dibentuk sendiri, bahannya bis,a dari kayu untuk pecahan tepinya, dan tripleks sebagai alasnya. Untuk tempat makan kalkun remaja ini sebetulnya sangat fleksibel, yg penting kalkun bis,a makan bantu-membantu tanpa kesulitan.

Sebagai tempat minum, bis,a kita gunakan tempat minum untuk ayam pedaging. Tempat minum ini mudah kita dapatkan di toko-toko. Untuk kalkun kecil, penempatannya perlu diatur biar tidak membahayakan. Posisi tempat minum harus agak tinggi biar kalkun tidak mudah masuk ke pecahan tempat yg berisi air. Usahakan biar dikala menggantung tempat minum ini tidak terlalu tinggi biar kalkun tidak susah dikala minum.

Kalkun yaitu binatang yg tidak memerlukan banyak air, terutama yg kecil. Jika kita memberi air terlalu banyak, kalkun akan berkurang nafsu makannya dan mudah terkena penyakit. Untuk itu, waktu minum harus diawasi. Sesudah makan, kalkun kita beri minum. Sesudah semua simpulan minum, tempat minum diambil/disingkirkan dari kandang.

Ransum untuk kalkun Kalkun yaitu binatang yg tidak begitu pemilih. Artinya, jenis-jenis kuliner mirip bekatul, sisa nasi, sisa sayur dan sejenisnya, bis,a dipakai. Akan tetapi untuk pemeliharaan yg intensif, kita harus mengetahui jenis dan kebutuhan perharinya.

Kalkun kecil dan kalkun remaja membutuhkan ransum yg berbeda macam dan porsinya. Dari jenisnya, kuliner yg biasa dikonsumsi kalkun untuk hidupnya adalah:

1. Konsentrat.
Konsentrat yg diberikan untuk kalkun yaitu konsentrat jenis BR yg harganya dipasaran Rp 5000/kilogram. dukungan konsentrat BR diubahsuaikan berdasarkan umur kalkun. Seperti kita ketahui, dipasaran terdapat konsentrat jenis BR1 dan BR 2. Selain konsentrat, ada juga ransum untuk penggemukan mirip polar. Untuk penguat tulang, konsentrat jenis AD1 juga bis,a diberikan kepada kalkun.

2. Bekatul.
Bekatul sebagai salah satu materi adonan kuliner ini diberikan pada kalkun dewasa. Bekatul atau dedak bis,a kita dapatkan di warung-warung, poultry shop atau penggilingan padi. Untuk jenisnya, bekatul dibagi menjadi dua yaitu bekatul bernafsu dan bekatul halus. Bekatul bernafsu biasanya masih mengandung banyak sekali kulit padi. Untuk itu, usahakan memberi kalkun-kalkun peliharaan dengan bekatul halus.

3. Tahu.
Tahu yg kita pergunakan yaitu tahu putih tawar (bukan yg asin) yg belum digoreng. Bahan kuliner kalkun muda ini mudah kita dijumpai dimana-mana. Yang perlu diwaspadai, jangan hingga membeli tahu yg berpengawet untuk non kuliner mirip formalin. Agar lebih ekonomis kita sanggup membeli tahu ini dengan tips berlangganan di tempat pembuatan/pabrik. Untuk tahu yg disimpan dalam kulkas/frezzer, sebelum digunakan sebagai ransum, rendam dahulu dalam air panas secukup usang beberapa saat.

4. Hijauan.
Hijauan (sebagai sumber vitamin) paling terkenal bagi kalkun yaitu daun pisang. Cara menyajikannya bahkan sangat mudah. Kita hanya perlu memetik daun pisang dengan pisau dan eksklusif melemparkannya ke kerumunan kalkun. Dengan lahap niscaya kalkun-kalkun tersebut akan memakannya hingga habis.

Selain daun pisang, beberapa hijauan mirip kangkung, sawi, daun pepaya dan sebagian jenis sayuaran juga disukai kalkun. Untuk itu, tidak ada salahnya membudidayakan tumbuhan ini sebelum kalkun-kalkun muda mengisi sangkar kita.

5. Nasi aking.
Nasi aking yaitu nasi sisa yg dicuci higienis dan dijemur hingga kering. Makanan ini juga salah satu kuliner sumber karbohidrat yg disukai kalkun. Untuk menyajikannya, kita harus terlebih dahulu merendamnya dalam air panas biar lebih lunak. Saat membeli nasi aking, kita harus menentukan yg higienis dan tidak tercampur materi lain.

Pemberian Pakan Kalkun Sesuai Umurnya

Bagi peternak ayam kalkun yg sudah berpengacukup laman, tentunya sudah tahu atau setidaknya tidak perlu galau untuk memperlihatkan porsi pakan ayam kalkun. Tetapi bagi peternak ayam kalkun pemula atau yg masih ingin berencana memelihara ayam kalkun, akan sedikit kebingungan dalam hal ini. Maka dari itu mari simak referensi dukungan pakan ayam kalkun sesuai umurnya berikut ini.

Pemberian pakan ayam kalkun sesuai kondisi dan umurnya itu sangat penting, lantaran untuk jenis ayam kalkun anakan dan ayam kalkun remaja mempunyai porsi pakan dan sajian yg berbeda, lantaran kemampuan lambung ayam kalkun untuk menampung kuliner dan kemampuan untuk mencerna kuliner akan berbeda. Di masa pertumbuhan, biasanya ayam kalkun membutuhkan gizi dan nutrisi yg lebih tinggi. Adapun porsi yg bis,a diberikan kepada ayam kalkun sesuai umurnya sebagai berikut :

AYAM KALKUN UMUR 1 HARI SAMPAI 7 HARI :

Untuk dukungan pakan ayam kalkun umur 1 hari hingga 7 hari berikanlah full BR 1 (BR 1 100%) yg dicampur dengan air secukupnya. Aduk BR 1 dengan memasukkan air bertahap hingga merata, dukungan air ini hanya sedikit tidak hingga adonan menjadi lembek, jadikan adonan bila diperas dengan tips digenggam tidak mengeluarkan air tetapi adonan terasa basah. Fungsi air di sini yaitu untuk melunakkan tekstur BR 1 biar lebih mudah dimakan dan dicerna oleh anak ayam kalkunini. Selain itu, air ini berfungsi untuk mencukupi kebutuhan cairan yg dibutuhkan tubuh anak ayam kalkun, lantaran dalam umur ini anak ayam kalkun tidak diperkenankan untuk diberikan full air minum di dalam wadah, lantaran dikhawatirkan belum dewasa ayam kalkun ini akan masuk ke dalam wadah yg berisi air minum, sehingga anak ayam kalkun ini merasa kedinginan dan berakibat kematian. Untuk dukungan full BR 1 ini juga bertujuan untuk memperlihatkan asupan protein yg maksimum yg terkandung oleh BR 1, sehingga pertumbuhan anak ayam kalkun akan semakin cepat dan lebih sehat.

AYAM KALKUN UMUR 1 MINGGU SAMPAI 2 MINGGU :

Anak ayam kalkun umur 1 ahad hingga 2 ahad berikanlah adonan BR 1, Bekatul, dan Hijauan (daun/sayur). Cara mem.buatnya yaitu dengan tips memotong-motong hijauan hingga berukuran kecil yg sekiranya bis,a dimakan atau sesuai dengan ukuran paruh anak ayam kalkun ini. Kemudian campurkan semua materi tersebut dengan perbandingan 50% BR 1, 30% Bekatul, dan 20% Hijauan. Jangan lupa menambahkan air secukupnya pada adonan ini, jumlah air bis,a lebih banyak tetapi tidak encer. Anak ayam kalkun pada umur ini juga sudah bis,a diberikan full air minum yg ditaruh dalam wadah. Meskipun begitu, pastikan belum dewasa ayam kalkun ini jangan hingga masuk ke dalam air minum ini, lantaran umur sekian juga masih rentan terhadap suhu rendah.

AYAM KALKUN UMUR 2 MINGGU SAMPAI 4 MINGGU :

Pada waktu anak ayam kalkun umur 2 ahad hingga 4 minggu, bahan-bahan pakannya sama mirip porsi pakan anak ayam kalkun dikala umur 1-2 minggu. Meskipun sama tetapi porsinya berbeda, untuk porsinya sendiri yaitu 40% BR 1, 30% Bekatul, dan 30% Hijauan. Jumlah air dalam adonan dan tips mem.buatnya juga sama mirip porsi pakan anak ayam kalkun 1-2 minggu. Pemberian air minum dalam wadah juga sangat diperkenankan, lantaran kebutuhan cairan pada tubuh anak ayam kalkun ini sudah mulai meningkat. Dan jangan lupa untuk mengganti air minum bila sudah kotor, dan bersihkan juga wadah air minum ini biar tidak ditumbuhi oleh sumber penyakit.

AYAM KALKUN UMUR 1 BULAN SAMPAI 2 BULAN :

Pemberian pakan ayam kalkun pada tahap ini juga masih sama dengan bahan-bahan kuliner dan tips mem.buat pakan ayam kalkun pada umur-umur sebelumnya, tetapi porsi BR 1 dan Bekatul sudah bis,a dikurangi dan menambah porsi hijauan. Untuk perbandingan porsinya yaitu 25% BR 1, 25% Bekatul, dan 50% Hijauan.

AYAM KALKUN UMUR 2 BULAN KE ATAS :

Pada ayam kalkun dikala 2 bulan sudah mulai mudah untuk duduk kasus pakannya, lantaran porsi BR 1 dan Bekatul sudah banyak dikurangi. Tetapi bahan-bahannya masih sama dengan materi pakan ayam kalkunpada tahap sebelumnya, yaitu masih memperlihatkan adonan BR 1, Bekatul, dan Hijauan. Untuk perbandingan porsinya yaitu BR 1 10%, Bekatul 20%, dan Hijauan 70%.

Adapun pengurangan porsi BR 1 dan Bekatul bertujuan untuk memangkas biaya pengeluaran untuk belanja pakan ayam kalkun, lantaran harga Hijauan jauh lebih murah dibandingkan harga BR 1 dan Bekatul. Karena kita bis,a mendapat hijauan dengan mudah di pekarangan rumah yg kita tanam sendiri atau kita bis,a membeli sisa-sisa sayuran di pasar tradisional dengan harga yg sangat murah. Meskipun porsi BR 1 dan bekatul dikurangi, gizi yg terkandung masih tetap terjaga, lantaran Hijauan juga mempunyai kandungan gizi yg melimpah. Kaprikornus para kalkuner juga harus tahu mana jenis hijauan yg mengandung banyak gizi yg cocok bagi pertumbuhan dan kesehatan ayam kalkun kita.

Penyakit pada Ayam Kalkun

Penyakit pada Ayam Kalkun dan Cara pengobatan.

Seperti unggas lain, kalkun juga bis,a terjangkit penyakit. Untuk pencegahan penyakit pada unggas, kita bis,a memperlihatkan vaksin. Namun dukungan vaksin ini harus sempurna dosisnya, kalau tidak kalkun malah akan mati. Vaksin untuk kalkun sama dengan vaksin untuk unggas lain. Aturan dan dosisnya bis,a melihat pada kemasan. Lebih baik lagi kalau kita sebelumnya berkonsultasi dengan dinas kesehatan ternak.

Untuk vaksin, yg bis,a digunakan yaitu Vaksin ND Hitchner B1 dan vaksin ND LASOTA yg diberikan dengan tips Suntik / air minum mencegah penyakit ND . Berikan juga obat cacing yg di ulang 2-3 bulan sekali untuk mencegah cacingan.

Selain vaksin, banyak peternak yg lebih suka mengobati kalkunnya dengan obat-obatan herbal, dan sebagian lagi dengan obat yg biasa dikonsumsi oleh manusia. Dibawah ini yaitu beberapa tumpuan penyakit kalkun dan tips mengobatinya.

1. Pilek/hidung berlendir.

Penyakit ini setips medis dinamakanInfectious Bronchitis (IB). Kalkun yg terjangkit penyakit ini mempunyai tanda-tanda hidungnya keluar lendir, sayapnya menggantung dan nafasnya berbau. Lama kecukup lamaan, kalkun akan mengalami penurunan nafsu makan. Jika sudah parah, maka kalkun harus disuapi biar tetap bis,a bertahan hidup. Sebagai pencegahan, lokasi sangkar harus kering, tidak lembab. Usahakan juga biar disekitar sangkar tidak terdapat selokan yg mempunyai air kotor dan tergenang. Penularan penyakit ini terjadi lewat gigitan nyamuk, lalat dan kontaminasi air minum. Jika terlihat tanda-tanda tersebut, kalkun sakit segera dipisahkan dan diberi obat mirip tetrachlor.

2. Cacar/bercak merah

Penyakit ini disebabkanoleh virus familia poxviridae dan genus Avipoxvirus. Kalkun yg terjangkit dipenuhi bercak-bercak merah diseluruh tubuhnya. Pengobatan dan pencegahan dengan vaksin dilsayakan setelah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter hewan. Sebagai obat tradisional, kita bis,a mem.buat ramuan dari bensin yg dicampur oli (baru). Campuran ini kita kuaskan pelan-pelan ke permukaan tubuh yg terkena bercak-bercak cacar. Beberapa peternak menyampaikan tips tradisional ini cukup ampuh.

3. Lumpuh.

Lumpuh pada kalkun disebabkan lantaran pakan berlebih. Kelebihan dukungan pakan ini menimbulkan kalkun mengalami obesitas. Kalkun muda yg tulangnya belum berpengaruh tidak akan bisa menahan berat tubuhnya. Untuk itu, dukungan kuliner harus terkontrol dengan baik. Untuk pencegahan, kita bis,a memperlihatkan konsentrat AD1 (untuk kekuatan tulang) pada ransum kuliner kalkun muda.

Kelumpuhan pada kalkun muda juga bis,a diakibatkan lantaran konsumsi daun pepaya. Kalkun yg terjangkit akan mengalami lumpuh total dan jari-jarinya bengkok kedalam. Sebagai pencegahan, kalkun usia dibawah tiga bulan sebaiknya tidak kita beri daun pepaya.

4. Kolera.

Gejala pada kalkun yg terjangkit yaitu pial yg terlihat membengkak. Jika kalkun terjangkit kolera, bis,a diobati dengan antibiotik mirip tetrasiklin atau streptomycin.

5. Blackhead/Histomoniasis

Kalkun yg terjangkit memperlihatkan gejala-gejala susah makan, berat tubuh turun dan kotorannya berwarna kuning. Penyebab penyakit ini yaitu protozoa Histomonas meleagridis. Kalkun yg terjangkit sebaiknya dikarantina biar tidak menular ke kalkun lain. Sebagai tindakan pengobatan, gunakan Emtryl, yg mengandung dimetridazole.

6. Avian Infuenza/Flu burung

Guna mencegah penularan virus flu burung, dibutuhkan biosecurity. Langkah ini yaitu langkah yg mudah dilsayakan kalau kita tahu tipsnya. Kasus-kasus penularan virus flu burung ini intinya terjadi lantaran kurangnya pengetahuan peternak, kurang sosialisasi, dan ketidak disiplinan. Sebagai langkah awal, pastikan dulu bahwa kalkun yg anda beli sudah divaksin dan berasal dari peternakan yg bis,a dipertanggungjawabkan dari sisi kesehatannya. Vaksin untuk H5N1 ini sebetulnya disediakan gratis oleh pemerintah. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mem-vaksin ternak anda. Langkah lalu, selalu menyemprot areal sangkar dan lokasi-lokasi yg menjadi kanal ke kandang. Penyemprotan dilsayakan dengan desinfektan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore. Kemudian, tiap pintu masuk lokasi sangkar harus kita beri larutan desinfektan dalam ember atau baskom. Manusia yg ingin memasuki sangkar kita persilahkan untuk mencelupkan tangan dan kaki mereka dalam larutan tersebut.

Salah satu desinfektan yg cukup ampuh memberantas virus flu burung, dan beberapa penyakit lainnya, yaitu Benzalkonium Chloride. Obat ini bis,a dibeli di poultry shop dengan nama dagang yg majemuk dan harganya terjangkau.

7. Herbal untuk kalkun.

Herbal sebagai tindakan pencegahan, dilsayakan peternak dikala animo pancaroba. Herbal ini dinilai lebih ampuh dan murah. Bahan-bahannya pun mudah diperoleh. Untuk mem.buat ramuan herbal ini kita siapkan saja jahe dan kencur sesuai kebutuhan. Kedua materi ini kita cuci, kupas dan digiling halus atau diparut. Sesudah adonan siap, suapkan ke kalkun muda (umur kira-kira 4 bulan) dengan takaran seperempat sendok teh. Sementara untuk kalkun kecil, ramuan tersebut kita campurkan ke dalam pakan. Saat animo penghujan, ramuan ini bis,a menambah daya tahan dan mengusir banyak sekali penyakit.

Cara Praktis Beternak Kalkun Agar Cepat Besar
Di luar negeri, kalkun menjadi kuliner favorit kalau sedang ada atips mirip pesta tapi mungkin untuk di Indonesia masih belum begitu terkenal kalkun dijadikan sebagai materi makanan. Kalkun merupakan sejenis ayam yg berukuran cukup besar dan juga mempunyai bentuk tubuh unik. bagi kalian yg ingin tau ingin mencoba beternak kalkun, berikut kita akan berikan klarifikasi singkat mengenai tips beternak kalkun.

Cara Beternak Kalkun
Pemilihan bibit ayam kalkun Pemilihan bibit kalkun yg baik dan benar akan mensugesti keberhasilan dalam beternak kalkun. Saat kita membeli ayam kalkun untuk diternak, pastikan kondisi ayam dalam keadaan sehat dan juga tidak terdapat cacat pada tubuhnya. Selain itu perhatikan juga bentuk tubuh si kalkun. usahakan pilih ayam yg mempunyai tubuh tegap.

Pemilihan lokasi ternak ayam kalkun
Lokasi peternakan yg strategis akan menjamin keberhasilan dalam perjuangan ternak kalkun. usahakan tempat ternak kalkun jauh dari keramaian untuk menjaga kenyamanan kalkun. selain itu juga untuk mengantisipasi hilangnya kalkun oleh orang-orang jail lantaran memang harga kalkun di pasaran sangatlah tinggi.

Kandang ternak ayam kalkun
Sama mirip binatang ternak lainnya, kalkun juga memerlukan sangkar yg bis,a ia gunakan sebagai tempat untuk tinggal dan melindungi diri dari gangguan di sekitarnya. Kandang kalkun tidaklah memerlukan sangkar yg rumit, cukup dengan adanya pembatas mirip pagar dan juga atap untuk berteduh dan tempat untuk kalkun berkeliaran, kalian sudah bis,a untuk memulai ternak kalkun. Satu hal yg perlu diperhatikan dalam sangkar kalkun yaitu usahakan sinar matahari sanggup masuk ke sangkar terutama sinar matahari pagi. Selain itu kebersihan sangkar juga perlu dijaga untuk menghindarkan kalkun dari banyak sekali macam penyakit. Tempat makan dan minum juga harus tersedia di dalam kandang. Pisahkan kalkun berdasarkan usianya. hal ini untuk menghindari perkelahian antar sesama kalkun.

Pemberian pakan ayam kalkun
Pemberian pakan yg sempurna dan juga sesuai akan menunjang keberhasilan dalam ternak kalkun. Untuk mengurangi biaya pakan, kita sanggup memenfaatkan kuliner sisa baik dari rumah makan maupun tempat perjuangan catering. Selain itu kita juga sanggup memenfaatkan dedak yg dicampur dengan ikan-ikan kecil maupun keong yg bis,a kita dapatkan dengan mudah di area persawahan. Untuk menambah nutrisi, sesekali kita bis,a berikan kuliner kemasan yg banyak dijual di toko-toko hewan. Pemberian makan juga harus diubahsuaikan dengan usia dan kondisi fisik kalkun biar kuliner didalam sangkar selalu habis lantaran apabila kuliner tidak habis dan membusuk di dalam sangkar sanggup mengakibatkan kuman yg dapart menyerang kalkun. Selain makanan, minuman juga harus tyersedia di dalam kandang. usahakan letak antara kuliner dan minuman kalkun saling berjauhan. hal ini untuk menjaga kebersihan minuman biar tidak tercampur dengan kuliner kalkun.

Pemberian vaksin ayam kalkun
Untuk menjaga kesehatan kalkun, kita harus memebri ayam kalkun aksesori atau vitamin dan juga vaksin biar ayam kalkun tidak mudah terkena penyakit. dukungan vitamain dan vaksin sanggup dilsayakan tiap satu atau dua bulan sekali.

Tambahan Referensi Tentang Ayam Kalkun:
Berikut ini jenis ayam kalkun yg dikala ini ada di indonesia :


BRONZE
Jenis kalkun Bronze yaitu jenis kalkun paling terkenal dan paling banyak populasinya, di Indonesia jenis ini selain termasuk jenis untuk hias juga termasuk jenis kalkun pedaging / konsumsi.


Golden Palm
Jenis Golden Palm juga termasuk salah satu kalkun yg populasinya sering sekali ditemui dipasaran lokal indonesia. Jenis ini mempunyai banyak sekali variasi adonan / perpaduan warna.


PENCILLED PALM
Jenis pencilled palm mempunyai perpaduan warna ibarat warna batik, dibagian bulu ekor ada juga perpaduan warna yg ibarat corak warna bulu macan sehingga ada juga yg menyebut jenis ini dengan sebutan kalkun pencilled tiger.


NARAGANSETT
Jenis kalkun yg satu ini mempunyai perpaduan warna abu-abu gelap berpadu dengan warna kuning keemasan dan corak ibarat batik dibagian bulu ekor.


WHITE HOLLAND
Jenis Kalkun ini dinamakan white holland lantaran konon asal orisinil dari kalkun jenis ini berasal dari belanda.


BOURBON RED
Kalkun jenis ini di indonesia masih tergolong jenis warna kalkun yg masih langka, tanda dari jenis ini mempunyai warna coklat kemerahan yg pekat dibagian bulu tubuh dan bulu warna putih di pecahan sayap.


BLACK SPANISH
Black spanish juga merupakan jenis ayam kalkun yg populasinya di indonesia masih sangat langka, lantaran kelangkaannya di pasaran harganya dijual dengan harga tinggi dibanding jenis lainnya yg disebutkan diatas.


BLUE SLATE
Blue slate yaitu kalkun yg populasinya masih sangat langka, di indonesia sendiri kalkun jenis ini gres saja ada pada tahun 2016 ini dimana kita ayamkalkun.com yg pertama kali mengimpor jenis ini masuk ke indonesia.

Panduan Cara Beternak Ayam Kalkun Lengkap Dari A - Z Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29