Saturday, June 9, 2018

Hmt - Hijauan Pakan Ternak

Yang dimaksud dengan HMT atau hijauan masakan ternak yaitu hijauan atau rumpu-rumputan yang mempunyai angka kecukupan gizi yang sempurna untuk ternak ruminansia, tidak semua rumput sanggup dikategorikan hijauan masakan ternak. Untuk itu peternak perlu menanam sendiri rumput-rumput unggul yang dikategorikan sebagai HMT. Beberapa jenis HMT ada berasal dari Indonesia dan banyak juga didatangkan dari luar negeri dan dikembangakan di Indonesia.

Pakan yaitu sumber gizi bagi ternak dan pakan ini merupakan kebutuhan primer satu-satunya pada ternak berbeda dengan insan yang mempunyai tiga kebutuhan primer, Pakan berkhasiat untuk pertumbuhan serta produksi. Pakan dikategorikan HMT yaitu rumput atau hijauna yang mempunyai nilai kandungan gizi yang cukup sesuai kebutuhan ternak khususnya ruminansia. Secara garis besar pakan ternak ruminansia sanggup dibedakan menjadi dua yankni pakan serat dan pakan penguat, pakan serat ini diataranya dalah rumput (HMT) dan penguat yaitu konsetrat. HMT sebaiknya dipotong pada usia yang tepat, lantaran jikalau terlalu renta maka kualitasnya akan semakin buruk.

Yang dimaksud dengan HMT atau hijauan masakan ternak yaitu hijauan atau rumpu HMT - Hijauan Pakan Ternak

Beberapa rumput unggul yang sanggup diguanakan untuk hijauan masakan ternak ruminansia :

  • Rumput Benggala atau bahasa latinnya Panicum maximum, ciri-cri rumput ini diantaranya; Tingginya sanggup mencapi 2 meter, berbulu dan disukai oleh ternak.
  • Rumput Gajah atau bahasa latinnya Pennisetum purpureum, dengan ciri-ciri yang hampir sama ibarat rumput benggala hanya saja daun rumput gajah lebih lebar serta bulu yang lebih sedikit
  • Setaria rumput ini lebih pendek dari kedua rumput diatas, kelebihan dari rumput ini gampang dikembang biakkan didaerah kering sekalipun dan sangat disukai oleh ternak.
  • Rumput raja atau sering juga disebut dengan King Grass, rumput ini ibarat dengan rumput gajah hanya saja rumput raja ini mempunyai bulu yang lebih sedikit daripada rumput gajah dan tidak berbunga.

Waktu tanam HMT dengan waktu masuk bakalan ternak harus disesuaikan, sebaiknya rumput ditanam sebelum bakalan dibeli (sapi, kerbau atau kambing). Bibit rumput (gajah, benggala, raja dan setaria) gampang didapat, banyak masyarakat menanam untuk pakan ternak mereka. Sebaiknya peternak memanfaatkan semua lahan kosong untuk dijadikan sebagai tempat menanamHMT, diantaranya seperti; halaman atau pekarangan rumah, pematang sawah, pagar ladang atau pinggir jalan menuju ladang.

Saat ini tidak sedikit masyarakat yang malah mengakibatkan hijauan masakan ternak ini sebagai perjuangan sampingan, mereka secara khusus menanam rumput unggul dan menjualnya kepada para peternak ruminansia. Memang bisnis hijauan masakan ternak sanggup dikatakan salah satu bisnis menjanjikan lantaran merawat rumput unggul tidak diperlukan perlakuan khusus. Umumnya semua rumput unggul mempunyai sifat ibarat rumput kebanyakan gampang tumbuh dimana saja bahkan tanpa adanya pemupukan sekalipun. Harga hijauan masakan ternak tidak sanggup dibilang murah lantaran per 25 Kg dijual dengan harga Rp.10.000,- ini berarti untuk satu ekor sapi cukup umur diperlukan biaya pakan minimal Rp. 10.000/ hari.

Hmt - Hijauan Pakan Ternak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29