Tuesday, March 17, 2020

Panduan Cara Beternak Ayam Kampung Lengkap Dari A - Z

Apa Keunggulan Ayam Kampung Jika Dibandingkan Dengan Ayam Ras?

Ayam kampung yaitu sebutan di Indonesia bagi ayam peliharaan yg tidak ditangani dengan tips budidaya massal komersial dan tidak berasal-usul dari galur atau ras yg dihasilkan untuk kepentingan komersial tersebut. (sumber: Wikipedia)
Nama ilmiah: Gallus gallus domesticus
Ayam kampung memang mempunyai keunggulan di bandingkan dengan ayam jenis lain nya, terutama dari segi kualitas telur dan daging nya. Keunggulan dari ayam kampung antara lain:
  • Ayam kampung bis,a anda gunakan sebagai ayam pedaging ataupun ayam petelur.
  • Harga jual dari daging dan telurnya jauh lebih tinggi dari pada jenis lain nya.
  • Daging nya lebih gempal dan berotot.
  • Telur ayam kampung memang ukuran nya lebih kecil, namun nilai gizinya jauh lebih besar manfaat nya di bandingkan dengan telur jenis lain nya. Rasanya pun lebih yummy telur ayam kampung dari pada telur ras, sehingga tidak heran jikalau harganya juga lebih mahal.
Menurut Prof Edjeng Suprijatna, tips semoga ternak ayam kampung lebih menguntungkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bahkan berpotensi ekspor yaitu dengan ternak ayam kampung yg dikandangkan. Ini penting untuk memudahkan pengontrolan terhadap penyakit dan kesehatannya lebih terjaga. Seperti diketahui secukup usang ini penyakit “tahunan” kerap menyerang ternak ayam kampung umbaran setips sporadis.

Keuntungan dari sistem ternak ayam kampung yg dikandangkan yaitu tingkat janjkematian ayam kampung yg bis,a ditekan setips significant. Selain dilema kesehatan, beberapa sifat jelek ayam kampung juga bis,a dikurangi dengan model menyerupai ini. Misalnya saja sifat mengeram, dengan rekayasa genetik sifat mengeram ini bis,a dikurangi.

Sifat lain yaitu sifat kanibal atau sifat bergairah menyerang ayam lain. Sifat bergairah bis,a dikurangi dengan tips seleksi dan menggunaan sangkar litter. Selain itu sifat bergairah bis,a dikurangi dengan penggunaan ransum dengan serat kasar tinggi, mengurangi kepadatan populasi dalam sangkar dan mem.buat sangkar tidak terlalu terang. Menurutnya semoga sangkar tidak terlalu terang pada siang hari sangkar bis,a diberi tirai.

Cara Agar Ternak Ayam Kampung Menguntungkan

Usaha ternak ayam kampung secukup usang ini masih memakai teknologi budidaya yg tradisional dan belum sesuai yg diharapkan dan mempunyai produktivitas rendah. Karena itu Prof Ejeng menyarankan semoga pengembangan peternakan ayam lokal harus merupakan perjuangan agribisnis. Perubahan-perubahan yg perlu dilsayakan yaitu peternak harus menentukan perjuangan antara telur dan daging setips terpisah.

Pemeliharaan ayam lokal sebagai penghasil daging / telur setips intensif melalui perbaikan administrasi pemeliharaan (ransum, vaksinasi, perkandangan), peningkatan skala perjuangan dan permodalan sanggup menghasilkan pelengkap pendapatan bagi peternak yg lebih besar.
Spesialisasi ini terutama sanggup dilsayakan di tempat sekitar kota besar, menyerupai ketika ini sudah mulai berkembang. Tetapi untuk tempat pelosok pedesaan sistem pemeliharaan masih merupakan gabungan untuk menghasilkan telur tetas atau telur konsumsi dan ayam potongan.

Jika pola administrasi ternak ayam kampung sudah dilsayakan dengan baik maka tidak tidak mungkin perjuangan ternak ayam kampung akan menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat. Tidak hanya itu produk ayam kampung menjadi komoditas yg bis,a diekspor. Namun semuanya perlu perbaikan perjuangan ternak dari mulai pembibitan, pemeliharaan hingga pasca produksinya.

Kriteria Ideal Untuk Bibit Ayam Kampung

Bibit mempunyai bantuan sebesar 30% dalam keberhasilan suatu perjuangan peternakan. Bibit ayam kampung (DOC) sanggup diperoleh dengan tips : dengan membeli DOC ayam kampung pribadi dari pembibit, membeli telur tetas dan menetaskannya sendiri, atau membeli indukan untuk menghasilkan telur tetas kemudian ditetaskan sendiri baik setips alami atau dengan pemberian mesin penetas.

Kami tidak akan menguraikan sisi negatip dan konkret tips mendapat DOC ayam kampung sebab akan memerlukan hacukup laman yg panjang nantinya.

Setips singkat DOC ayam kampung yg sehat dan baik mempunyai kriteria sebagai berikut :
  • Dapat berdiri tegap,
  • Sehat dan tidak cacat, ‘
  • Mata bersinar,
  • Pusar terserap sempurna,
  • Bulu higienis dan mengkilap,
  • Tanggal menetas tidak lebih lambat atau cepat.
Manajemen Pemberian Pakan dan Jenis Pakan

Kita ketahui bersama bahwa pakan mempunyai bantuan sebesar 30% dalam keberhasilan suatu usaha. Pakan untuk ayam kampung pedaging bergotong-royong sangat fleksibel dan tidak serumit kalau kita beternak ayam pedaging, petelur atau puyuh sekalipun.

Bahan pakan yg bis,a diberikan antara lain :
Konsentrat,
Dedak,
Jagung,

Pakan alternatif menyerupai sisa dapur/warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, dan lain sebagainya. Yang terpenting dalam menyusun atau memperlihatkan ransum yaitu kita tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi ayam kampung yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.

Sedangkan air diberikan setips ad libitum (tak terbatas) dan pada tahap-tahap awal pemeliharaan perlu dicampur dengan vitamin+antibiotika.

Pakan yg baik tentu akan mempercepat pertumbuhan ayam tersebut,sehingga para peternak tidak usah menunggu terlalu cukup usang untuk menikmati hasilnya.Ingat jenis pakan yg harus diberikan harus sesuai dengan usia ayam.Ayam kampung super yg masih DOC harus diberikan pakan yg sifatnya masih halus.Hal ini bertujuan semoga DOC gampang dalam mencerna makanan.Hal yg terpenting dalam menyusun ransum makan ayam kampung super harus memperhatikan nutrisi yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.

Pakan Ayam Kampung Super Sesuai Dengan Usia Ayam.

1. 7 gram/per hari hingga umur 1 minggu
2. 19 gram/per hari hingga umur 2 minggu
3. 34 gram/per hari hingga umur 3 minggu
4. 47 gram/per hari hingga umur 4 minggu
5. 58 gram/per hari hingga umur 5 minggu
6. 66 gram/per hari hingga umur 6 minggu
7. 72 gram/per hari hingga umur 7 minggu
8. 74 gram/per hari hingga umur 8 minggu

Ada berapa jenis pakan yg bis,a diberikan untuk ayam kampung super (joper) ? Dibawah ini ada 5 jenis pakan yg bis,a anda berikan pada ayam kampung super yg sudah kalian budidayakan :


1.Pakan Dedak

Jenis pakan ini hampir sama dengan bekatul, hanya saja dedak sedikit lebih kasar dibanding dengan bekatul. Akan tetapi pakan dedak juga gampang dicerna bagi anakan ayam yg sudah berumur 2 bulanan

2.Pakan Jagung

Jagung merupakan biji-bijian yg umumnya disenangi oleh ayam, jagung menjadi salah satu jenis pakan yg berasal dari biji-bijian yg sudah menjadi pakan ayam semenjak dulu. pakan ini banyak mengandung karbohidrat. Sesuai dengan usia ayam, jagung bis,a diberikan berbentuk butiran utuh, jagung giling kasar dan jagung giling halus. Pakan jagung yg berbentuk butiran utuh tepat diberikan untuk ayam kampung super indukan.

3.Pakan Full BR

Jenis pakan ini bis,a didapatkan dari pabrikan. BR diberikan semenjak ayam masih DOC yaitu umur 2 atau 3 hari hingga siap panen. Jika memakai full BR, sudah tidak dicampur dengan pakan lain. sehingga penggunaan BR ini full tanpa adonan apapun.

4.Pakan Konsentrat

Ayam kampung super yg masih DOC sangat membutuhkan pakan jenis konsentrat, hal ini dikarenakan konsentrat mempunyai tekstur yg halus, sehingga jenis pakan ini gampang dicerna oleh DOC

5.Pakan Bekatul

Ketika usia ayam sudah berumur 6 minggu, pakan jenis bekatul tepat diberikan untuk ayam. Bekatul juga mempunyai tekstur yg halus sehingga gampang dicerna untuk ayam kampung super yg masih anakan
Selain itu ada juga ada pakan alternatif yg bis,a anda berikan menyerupai roti BS,sisa dapur atau warung,bihun BS dll.
Berikut ini yaitu rujukan tahapan pemberian pakan yg bis,a diberikan pada ayam kampung:
  1. Pakan Ayam Kampung Sebelum Masa Bertelur
  2. Pertama-tama kita bahas dulu pakan untuk ayam yg umurnya 0–2 bulan. Untuk bawah umur ayam ini beri pakan untuk ayam broiler. Kalau sudah berumur 2–4 bulan, pakan broiler bis,a dicampur dengan dedak dan jagung. Lebih dari 4 bulan, pakannya bis,a berupa adonan layer dengan dedak maupun jagung. Perbandingannya yaitu 1:2.
    Hijauan juga sudah bis,a diberikan sebanyak 20% kebutuhan pakan. Ayam kampung pada umur ini perlu pakan sebanyak 7-8 gr/hari dengan frekuensi makan 2 hingga 3 kali dalam sehari.
  3. Pakan Ayam Kampung yg Masuk Masa Bertelur
  4. Bagaimana dengan ayam kampung yg sudah memasuki periode bertelur? Ayam kampung yg umurnya 6 bulan atau lebih akan memasuki masa bertelur. Nah, untuk ayam-ayam ini berikan pakan yg merupakan adonan antara layer dengan dedak dalam perbandingan 1:1.
    Hijauan pun perlu diberikan dengan jumlah 25% dari total pakan. 85 gr/hari menjadi jumlah pakan yg harus anda berikan dalam 2 atau 3 kali waktu makan. Ingat, ayam kampung perlu pakan yg kandungan proteinnya 12% dan bisa memperlihatkan kalori sebanyak 2500 kkal per gram.
  5. Pakan Tambahan
  6. Kalau anda ingin pakan ayam kampung lebih ekonomis, maka anda bis,a memperlihatkan pakan pelengkap yg bis,a anda buat sendiri. Pakan alternatif ini bis,a dibentuk dengan tips mencincang 1 kg tangkai, daun atau umbi talas hingga kecil-kecil.
    Campur dengan beras sebanyak 0,5 kg dan dedak dalam jumlah yg sama. Kemudian tambahkan tepung tulang sebanyak 1 sendok makan. Tepung tulang ini juga bis,a diganti dengan cangkang keong yg ditumbuk halus. Sesudah semua materi tercampur rata, kemudian kukus hingga matang.
Kontruksi Kandang

Untuk mendapat hasil yg masksimal dalam budidaya ternak ayam kampung salah satunya di dukung dari kelayakan sangkar yg baik. berikut yaitu tatatips pengolahan sangkar ayam :

Syarat sangkar yg baik :
  • Jarak sangkar dengan permukiman minimal 5 m,
  • Tidak lembab,
  • Sinar matahari pagi sanggup masuk dan sirkulasi udara cukup baik.
  • Sebaiknya menentukan lokasi yg agak rindang dan terhalangi oleh bangunan atau tembok lain semoga angin tidak berhembus pribadi ke dalam kandang.
Penyucihamaan sangkar dan peralatannya dilsayakan setips teratur sebagai perjuangan biosecurity dengan memakai desinfektan yg tepat dan tidak membahayakan bagi ternak itu sendiri. Banyak pilihan jenis desinfektan yg ditawarkan oleh banyak sekali produsen pembuatan obat.

Ukuran sangkar :
  • Tidak ada ukuran standar sangkar yg ideal, akan tetapi ada proposal sebaiknya lebar sangkar antara 4-8 m dan panjang sangkar tidak lebih dari 70 m. Yang perlu mendapat perhatian yaitu daya tampung atau kapasitas kandang.
  • Tiap meter persegi sebaiknya diisi antara 45-55 ekor DOC ayam kampung hingga umur 2 minggu, kemudian jumlahnya dikurangi sesuai dengan bertambahnya umur ayam.
  • Bentuk sangkar yg dianjurkan yaitu bentuk postal dengan lantai yg dilapisi litter yg terdiri dari adonan sekam, serbuk gergaji dan kapur setebal ± 15 cm.
  • Model atap monitor yg terdiri dari dua sisi dengan belahan puncaknya ada lubang sebagai ventilasi dan materi atap memakai genteng atau asbes.
Pemeliharaan ayam kampung di bagi dalam dua fase yaitu fase starter (umur 1-4 minggu) dan fase finisher (umur 5-8 minggu). Pada fase starter biasanya dipakai sangkar bok (dengan pemanas) bis,a bok khusus atau juga sangkar postal yg diberi pagar.

Suhu dalam sangkar bok biasanya berkisar antara 30-32°C. Pada fase finisher dipakai sangkar ren atau postal menyerupai model pemeliharaan ayam broiler.

Kandang Semi Intensif

Untuk sangkar semi intensif dipakai sebidang lahan yg sekelilingnya diberi pagar. Ayam diusahakan tidak bis,a meninggalkan area tersebut. Di dalam lahan terdapat sangkar tertutup sebagai tempat untuk beristirahat dan berteduh.

Buatkan juga sangkar koloni untuk tempat ayam berkembangbiak. Lahan pada area ini juga bukan sembarang lahan. Tanahnya harus ditumbuhi rerumputan dan dibentuk tidak terlalu padat dengan sesekali dicangkuli. Tujuannya semoga cacing bis,a berkembangbiak.

Perkawinan Sistem Semi Intensif

Agar ayam kampung kita semakin banyak, maka perkawinan ayam perlu dilsayakan. Jika pada sistem umbaran perkawinan terjadi setips alami, maka pada sistem semi intensif peternak akan mempunyai lebih banyak peran.

Proses perkawinan pada sistem ini akan terjadi di sebuah sangkar koloni yg berukuran 1x2 m. Kita akan memasukkan 6 ekor indukan betina dan 1 ekor pejantan dalam sangkar ini. Beberapa hari kemudian perkawinan bis,a terjadi dan 3 hari setelah perkawinan ayam akan bertelur.

Lalu, telur itu harus segera dikeluarkan semoga bis,a dierami oleh betina lainnya. Inkubator pun bis,a dipakai untuk meneteskannya. Jika anda berniat menjual telur ayam kampung, maka indukan ayam boleh dikawinkan boleh juga tidak.

Jumlah telur yg dihasilkan tiap tahunnya rata-rata 115 butir/indukan. Sedikit sih, tetapi jumlah ini masih bis,a digenjot dengan pemberian pakan dan perlsayaan yg tepat. Anda juga bis,a membudidayakan ayam kampung hasil persilangan yg bisa bertelur dengan lebih banyak.

Manajemen Pemeliharaan Ayam Kampung

Manajemen atau tatalaksana pemeliharaan memegang peranan tertinggi dalam keberhasilan suatu perjuangan peternakan yaitu sekitar 40%. Bibit berkualitas dan pakan yg berkualitas belum tentu memperlihatkan jaminan keberhasilan suatu perjuangan apabila administrasi pemeliharaan yg diterapkan tidak tepat.

Sistem pemeliharaan pada ayam kampung bis,a dilsayakan dengan 3 tips yaitu :
Ekstensif /tradisional (diumbar), tanpa ada kontrol pakan dan kesehatan
Semi intensif (disediakan sangkar dengan hacukup laman berpagar), ada kontrol pakan dan kesehatan ternak akan tetapi tidak ketat
Intensif (dikandangkan menyerupai ayam ras), ada kontrol pakan dan kesehatan dengan ketat

Model pemeliharaan ayam kampung setips intensif lebih disarankan dari yg lainnya terutama dalam hal kontrol penyakit. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari tips beternak setips intensif, akan tetapi kita tidak sanggup menguraikannya di sini.

Manajemen Pengendalian Penyakit dan Pengobatan

Pencegahan penyakit sanggup dilsayakan dengan tindakan antara lain :
  • Menjaga sanitasi lingkungan kandang, peralatan sangkar dan manusianya
  • Pemberian pakan yg fresh dan sesuai kebutuhan ternak
  • Melsayakan vaksinasi setips teratur
  • Pemilihan lokasi peternakan di tempat yg bebas penyakit
  • Manajemen pemeliharaan yg baik
  • Kontrol terhadap hewan lain
Berikut beberapa jenis penyakit yg kerap menyerang ayam kampung :

1. Tetelo (ND)

Penyebab
Paramyxivirus

Gejala
Ngorok dan batuk-batuk,
Gemetaran,
Kepala berputar-putar,
Kelumpuhan pada kaki dan sayap,
Kotoran berwarna putih kehijauan.

Pengendalian
Vaksinasi setips teratur,
Sanitasi kandang, terhadap ayam yg terkena ND maka harus dibakar.

Gumboro (gumboro disease)

Penyebab
Virus

Gejala
Ayam tiba-tiba sakit dan gemetar dan bulu-bulunya berdiri,
Sangat lesu,
Lemah dan malas bergerak,
Diare putih di sekitar anus.

Pengendalian
Vaksinasi teratur dan menjaga sanitasi sangkar

Penyakit cacing ayam (worm disease)

Penyebab
Cacing

Gejala
Pertumbuhan terhambat,
Kurang aktif,
Bulu kelihatan kusam.

Pengendalian
Pemberian obat cacing setips berkala,
Sanitasi sangkar yg baik,
Penggantian litter sangkar setips berkala, dan
Mencegah serangga yg sanggup menjadi induk semang perantara.

Pengobatan : pemberian obat cacing menyerupai pipedon-x liquid, sulfaquinoxalin, sulfamezatin, sulfamerazin, piperazin dan lain sebagainya

4. Berak kapur (Pullorum)

Penyebab
Bakteri Salmonella pullorum

Gejala
Anak ayam bergerombol di bawah pemanas,
Kepala menunduk,
Kotoran menempel pada bulu-bulu disekitar anus.

Pengendalian
Mengusahakan induk terbebas dari penyakit ini,
Fumigasi yg tepat pada mesin penetas dan kandang.

Pengobatan : noxal, quinoxalin 4, coxalin, neo terramycyn atau lainnya

5. Berak darah (Coccidiosis)

Penyebab
Protozoa Eimeria sp.

Gejala
Anak ayam terlihat sangat lesu,
Sayap terkulai,
Kotoran encer yg warnanya coklat campur darah,
Bulu-bulu disekitar anus kotor,
Ayam bergerombol di tepi atau sudut kandang.

Pengendalian
Mengusahakan sanitasi yg baik dan sirkulasi udara yg baik pula atau bis,a juga dengan pemberian coccidiostat pada masakan sesuai dosis

Pengobatan : noxal, sulfaquinoksalin, diklazuril atau lainnya

Pengelolaan Produksi

Sebagai seorang peternak yg profesional maka perlu untuk menjaga semoga produksi yg kita lsayakan sanggup memenuhi standar kualitas dan kontinuitas produk. Maka diharapkan pengelolaan atau pengaturan produksi semoga perjuangan kita sanggup berproduksi setips kontinyu.

Untuk kekontinuitasan perjuangan perlu pengaturan dan penjadwalan setips teratur kapan DOC masuk dan kapan ayam di panen, sebab hal itu lebih disukai oleh pengepul atau kawan kerja kita daripada hanya sekali panen dalam jumlah banyak.

Tapi perlu diingat juga bahwa pengelolaan produksi sangat terkait dengan modal, ketersediaan kandang, jumlah ketersediaan DOC, dan jumlah undangan ayam siap panen.

Manfaat Dan Keunggulan Berternak Ayam Kampung 
Pasar dari peternak ayam kampung tentu sudah jelas, sehingga tidak perlu lagi galau untuk menjual hasil ternak ayam kampung yg akan anda lsayakan. Sesudah panen, anda bis,a menjualnya kepada pedagang ayam kampung di pasar, pedagang keliling atau bahkan anda bis,a menjualnya setips pribadi kepada konsumen semoga balasannya lebih banyak.

Ternak ayam kampung memang lebih menguntungkan sebab banyak orang yg lebih suka daging nya dan juga telurnya, sehingga akan sangat gampang bagi anda untuk menjualnya hasil panen anda kepada tetangga, atau anda bis,a menitipkan telurnya di warung atau toko sekitar kota anda. Jika peternakan anda dalam skala besar, anda juga bis,a melsayakan kolaborasi dengan restoran atau lain nya untuk menjadi suplayer ayam kampung.

Kualitas Daging yg Lebih Unggul

Kelebihan dari ayam kampung yaitu kualitas daging nya yg memang lebih unggul di bandingkan dengan daging ayam lain nya, sehingga tidak heran jikalau rasa nya juga jauh lebih yummy di bandingkan ayam lain. Untuk memeliharanya juga lebih menguntungkan sebab ayam kampung ini diperlihara nya dengan tips di umbar, jadi mereka akan mencari makan sendiri sehingga hasil untungnya juga berlipat-lipat.

Telur ayam kampung yg memang banyak dicari oleh masyarakat sebagai adonan jamu dan lain nya memang mempunyai lebih banyak manfaat dan nutrisi, dan sanggup meningkatkan vitalitas kesehatan, sehingga tidak heran jikalau telurnya juga akan mendatangkan laba bagi anda yg memeliharanya, bahkan anda juga bis,a menjadi peternak telur ayam kampung saja.

Cepat Diserap Pasar Luas

Salah satu keunggulan dari beternak ayam yaitu undangan pasar yg sangat tinggi mem.buat anda akan lebih gampang untuk menjualnya, berbeda dengan angsa atau ternak lain nya yg undangan pasarnya tidak begitu stabil, sehingga terkadang mengalami kerugian sebab terlambatnya penjualan sehingga pakan membengkak. Kaprikornus anda bis,a mendapat pembeli dengan mudah, bahkan seberapa banyakpun ayam yg akan anda jual, pembeli akan selalu membelinya.

Harga Jual Lebih Mahal

Harga jual yg di tawarkan pedagang ayam kampung juga tentu lebih menggiurkan di bandingkan dengan harga ayam ras atau lain nya, sehingga tidak heran jikalau Keunggulan dan Manfaat Berternak Ayam Kampung mem.buat anda akan lebih menyukai berternak ayam kampung.

Taraf Kematian Rendah

Dilihat dari taraf janjkematian nya, berternak ayam kampung juga akan lebih gampang di bandingkan dengan yg lainnya sebab ayam kampung mempunyai system kekebalan badan yg lebih cantik di banding yg lain, sehingga ayam kampung mempunyai angka kehidupan yg lebih cantik di banding lain nya. Ayam kampung tidak gampang sakit, tubuhnya lebih prima sehingga anda tidak perlu khawatir akan janjkematian yg meningkat ketika ayam masih dalam keadaan DOC.


Ada satu lagi tips untuk memperoleh lebih banyak laba dari ternak ayam kampung. Yaitu sistem budidaya terpadu antara ternak ayam dan ternak lele. Jadi, pada sistem terpadu ini kita akan membangun sangkar ayam yg letaknya berada di atas kolam ikan.

Alhasil, kita akan memanen dua jenis ternak. Sistem terpadu ini terkenal dengan istilah longyam yg merupakan abreviasi balong hayam dalam bahasa Sunda, yg artinya kolam ayam.

Dengan sistem menyerupai ini ada beberapa laba yg bis,a diperoleh yaitu:

Pemanfaatan Kotoran Ayam

Bisa dibaygkan aroma kotoran ayam yg ada di dalam kandang. Aroma tersebut akan sangat berkurang jikalau kita memanfaatkan sistem terpadu ternak ayam dan lele. Kenapa? Karena kotoran ayam akan pribadi jatuh ke dalam kolam.

Nah, kotoran tersebut sanggup pribadi dimakan oleh lele ataupun menjadi sumber plankton yg baik untuk pertumbuhan ikan. Walaupun kotoran itu tidak tergoda oleh lele, tetapi sanggup menjadi pupuk alami yg sanggup menyuburkan kolam. Berdasarkan perhitungan, kotoran ayam ini bisa mengurangi kebutuhan pakan lele hingga 75%.

Pemanfaatan Pakan Ayam yg Terbuang

Selain kotoran ayam, sisa pakan ayam yg terbuang juga sangat berkhasiat bagi lele. Seperti yg sudah dijelaskan sebelumnya, pakan ayam mengandung protein hingga 12%. Kandungan protein ini sangat dibutuhkan lele dalam pertumbuhannya.

Jadi, pakan yg tidak dimakan ayam masih sanggup bermanfaat sebab akan jatuh ke kolam dan dimakan lele. Dengan begitu, pemberian pakan untuk lele pun bis,a dikurangi. Dan sebaliknya, pemborosan pakan ayam yg terbuang juga bis,a ditekan hingga mencapai 50%. Coba hitunglah, berapa banyak penghematan yg bis,a kita lsayakan.

Panduan Cara Beternak Ayam Kampung Lengkap Dari A - Z Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29