Wednesday, March 18, 2020

Ciri-Ciri Umum Dan Khusus Burung Jalak Bali Yang Gampang Dikenali

Mengenal Jalak Bali, Burung Indah dan Langka Yang Dilindungi, Apa Saja Ciri-tanda Fisiknya?

Jalak Bali ialah sejenis burung pengicau berukuran sedang, dengan panjang lebih kurang 25cm, dari suku Sturnidae. Ia turut dikenali sebagai Curik Ketimbang Jalak.
Curik Bali atau yg lebih dikenal dengan nama Jalak Bali, merupakan salah satu spesies burung manis endemis Indonesia. Burung dengan nama ilmiah Leucopsar rostchildi ini hanya sanggup ditemukan sebarannya di sekitar Bali.
Burung Jalak Bali mempunyai beberapa helai bulu jambul yg indah, baik pada jenis kelamin jantan maupun betina. Jambul ini akan bangkit tegak dan terlihat terang terlihat apabila burung tersebut sedang berkicau. Namun, jambul ini pun sesekali diperlihatkannya walau tidak sedang berkicau.
Jalak Bali dikenal dan banyak diminati orang alasannya ialah kicauannya yg merdu dan penampilan fisiknya yg indah. Namun, hal tersebut jugalah yg mem.buat burung ini menjadi intipsn para pemburu liar. Di habitat aslinya, keberadaan burung Jalak Bali sangat rawan oleh perburuan yg merusak dan mengancam keberlangsungan spesies burung manis ini di alam.
Dengan adanya beberapa faktor yg mengancam keberlangsungan hidup Jalak Bali tersebut, populasinya pun menjadi sangat sedikit. Di alam liar Taman Nasional Bali Barat (TNBB), jumlah Jalak Bali yg ada hanya mencapai 81 ekor saja.
Kelebihan Burung Jalak Bali antara lain mempunyai warna tubuh yg sangat indah alasannya ialah dibalut dg warna putih semua tetapi dibagian ekornya saja berwarna hitam dan berwarna biru cerah dibagian pipi atau muka dan debu abu dibagian kakinya. Lalu untuk khualitas suaranya pun sangat merdu sekali dan mempunyai sifat periang yg terkadang bis,a menari nari sambil berkicau, Kelebihan Burung Jalak Bali yg unik itulah yg mem.buat banyak orang mengasihi Burung Jalak Bali tersebut apalagi bis,a dikatakan bahwa Burung Jalak Bali merupakan burung glamor yg bis,a mem.buat pemiliknya nampak elegan.
Sebagai binatang yg statusnya dilindungi, Jalak Bali memang dihentikan untuk diperdagangkan kecuali burung yg dihasilkan dari penangkaran generasi ketiga. Jadi, Anda pun masih bis,a memelihara burung ini, asalkan memperolehnya melalui tips-tips yg legal. Kenali dulu gejala burungnya semoga Anda tidak salah pilih apalagi tertipu penjual. Berikut ialah gejala burung Jalak Bali:

Bulu
Ciri yg paling terlihat dari burung Jalak Bali ialah warna burunya. Sebagian besar tubuhnya didominasi dengan bulu berwarna putih higienis yg memikat, kecuali pada bab bulu ekor dan ujung-ujung sayapnya yg mempunyai warna hitam.

Mata
Ciri-tanda kemudian yg khas pada Jalak Bali ialah di bab matanya. Burung Jalak Bali mempunyai mata yg berwarna coklat tua. Lalu di tempat sekitar kelopak matanya terdapat bab yg tidak berbulu dengan warna biru renta yg sangat khas.

Jambul
Burung Jalak Bali mempunyai beberapa helai bulu jambul yg indah, baik pada jenis kelamin jantan maupun betina. Jambul ini akan bangkit tegak dan terlihat terang terlihat apabila burung tersebut sedang berkicau. Namun, jambul ini pun sesekali diperlihatkannya walau tidak sedang berkicau.

Kaki
Jalak Bali mempunyai sepasang kaki yg kekar untuk bangkit tegap dan besar lengan berkuasa mencengkeram. Kakinya berwarna abu-abu kebiruan dengan 4 jari jemari (1 jari ke belakang dan 3 ke depan).

Paruh
Jalak Bali mempunyai paruh berbentuk runcing dengan panjang kira-kira 2 hingga 5 cm, dengan bentuk yg khas. Pada bab atas paruh terdapat bab yg meninggi dan memipih setips tegak. Paruhnya berwarna abu-abu kehitaman dengan ujung berwarna kecokelatan.

Ukuran
Jalak Bali mempunyai ukuran tubuh yg relatif kecil, panjangnya tidak lebih dari 25 cm. Burung jantan dan betina mempunyai ukuran tubuh yg berbeda, meski agak sulit untuk membedakan ukuran keduanya. Namun, setips umum burung Jalak Bali jantan mempunyai bentuk tubuh yg lebih besar dan mempunyai kucir yg lebih panjang dibandingkan burung betina.

Cara Membedakan Burung Jalak Bali Jantan dan Betina
Berikut hal-hal yg perlu Anda ketahui untuk membedakan kelamin dari burung yg berjulukan latin Leucopsar rothschildi ini.
  • Pada usia 1 hingga 3 minggu, jalak bali jantan dan betina bis,a dibedakan dari
  • bunyi dan lebarnya piyik ketika membuka ekspresi ketika diloloh.
  • Di usia satu bulan, jalak bali jantan dan betina bis,a dikenali dengan mengamati
  • badannya. Jalak bali jantan mempunyai tubuh yg relatif lebih besar dan garang ketika
  • berebut makanan, sedangkan si betina cenderung mempunyai tubuh lebih kecil.
  • Jalak bali jantan juga sering terlihat sebagai burung perusuh yg akan mengusir temannya dari sangkar dengan tips mematuknya.
  • Jalak bali jantan mempunyai lacur lebih panjang di kepala bab belakang.
  • Jalan bali jantan tampak lebih angker dan lebih gagah daripada jalak bali betina. Sementara itu, jalak bali betina akan terlihat lebih feminin dan tidak seagresif jalak bali jantan.

Ciri-Ciri Umum Dan Khusus Burung Jalak Bali Yang Gampang Dikenali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29