Friday, March 20, 2020

Jenis Sapi Unggul Yang Banyak Diminati Jagal Dan Peternak Lokal

Tidak bis,a dipungkiri bahwa keberadaan sapi PO ketika ini mulai tergeser dengan munculnya bangsa gres sapi unggul turunan sapi-sapi yg bekerjsama banyak dipelihara didaerah sub tropis.

Dari banyak sekali macam jenis sapi-sapi unggul yg ada di dunia menyerupai Angus, Brangus, Hereford, Simmental, Limousin, Shorthorne, Brahman, Belgian Blue, American Brahman dan lainnya, ketika ini yg sudah memasyarakat di Indonesia ada 2 yaitu limousin dan simmental.

Sebenarnya 2 jenis sapi ini jikalau dipelihara dalam kondisi breed murni tidak begitu cocok dipelihara di negara kita yg beriklim tropis atau bercuaca panas. Dua breed sapi ini menjadi sapi unggulan yg sangat anggun dikembangkan sebagai sapi potong untuk penggemukan sehabis disilangkan dengan sapi yg memang sangat layak dipelihara di Indonesia, salah satunya sapi PO yg dipakai sebagai indukan dan di IB dengan semen Limousin maupun simmental.

Pada perkembangan lalu, sapi-sapi betina turunan limo dan metal ini juga dijadikan sebagai indukan. Persilangan simental dengan sapi PO dikenal dengan sebutan sapi Simpo sedangkan yg silangan limousin dengan PO dikenal dengan sebutan sapi Limpo.

Ada juga persilangan sapi Madura dengan sapi Limousin yg dikenal sebagai sapi Madrasin, tetapi sapi jenis ini kurang begitu terkenal di masyarakat peternak sapi lokal.

Jika kita bandingkan pertumbuhan atau pertambahan berat tubuh harian antara sapi jenis PO dengan limousin dan simmental memang berbeda jauh. Sapi PO kenaikkan berat tubuh hariannya berkisar antara 0,6 - 0,8 kg per hari, sedangkan jenis metal bis,a diatas 1 kg per hari.

Bagaimana dengan perbandingan harga antara sapi PO, Limousin, dan simmental?

Berapa Harga Sapi Lokal Unggul dan Berkualitas Jenis Limo dan Simmental Saat Ini? Bagaimana dengan Harga Sapi PO?

Salah satu jenis sapi unggul yg banyak diminati peternak sapi lokal skala kecil yg tersebar di desa-desa di Jawa Timur dan Jawa Tengah ialah jenis sapi turunan limousin dan sapi simmental. Pertumbuhan bobot tubuh yg anggun dan cepat menjadi alasan peternak untuk lebih serius memelihara dua jenis sapi ini.



Memang salah satu patokan sapi bis,a dijadikan sapi penggemukan yg menguntungkan tentunya alasannya ialah kenaikkan berat badannya yg tinggi, kualitas daging dan karkas yg anggun dan bis,a dijadikan sapi monster dengan berat super hingga melebihi 1 ton. Syarat-syarat sapi unggul untuk penggemukan atau kereman tersebut dimiliki oleh jenis metal maupun limo.


Setips umum harga sapi PO memang lebih murah jikalau dibandingkan dengan sapi limo dan metal, selisihnya bis,a antara 1000 - 2000 rupiah per kg. Tetapi selisih harga inipun sangat tergantung dengan kualitas masing-masing sapinya. Jika kualitas setips fisik PO lebih anggun maka harganya juga bis,a sama dengan sapi Limo dan metal, bahkan untuk sapi kurban kadang masih ada orang yg hanya mau sapi jenis PO yg sudah biasa mereka potong sebagai sapi kurban.

Harga sapi lokal jenis limousin bekerjsama sangat tergantung dengan kualitas dan juga umur sapi. Harga pedet sapi limousin jauh lebih mahal jikalau dibandingkan dengan harga bakalan yg mempunyai berat 300 an. Harga pedet sapi jenis ini antara Rp 9.000.000 hingga Rp 13.000.000. Dengan berat pedet yg berkisar antara 120 kg - 200 kg maka kisaran harga per kg nya antara Rp 60.000 - 70.000 per kg.

Untuk harga sapi bakalan jenis metal antara Rp 44.000 - Rp 46.000 per kg dengan berat hidup antara 300 - 350 kg.

Harga sapi limousin dan simmental yg sudah siap potong dan merupakan konsumsi jagal sapi berkisar antara Rp 42.000 - Rp 45.000 per kg. Harga sangat tergantung dengan kualitas sapinya menyerupai kualitas karkas dan dagingnya dan perlemakan dan gemuk atau kurusnya sapi.

Bagaimana dengan harga sapi jumbo jenis limo dan metal? Harga sapi lokal yg sudah melebihi berat 1 ton bis,a berkisar antara Rp 70.000.000 - Rp 100.000.000 dan biasanya dipelihara sebagai maskot dan diikutkan banyak sekali macam kontes ternak sapi kriteria sapi ekstrim. Sapi-sapi ukuran jumbo ini biasanya dicari ketika hari raya kurban.



Demikian info harga sapi lokal jenis limousin dan simmental jelang tahun 2018. Harga bis,a saja berubah sewaktu-waktu dan bis,a sedikit berbeda antara pasar binatang yg satu dengan pasar binatang yg lainnya. Semoga bis,a menjadi contoh bagi pembaca blog ini. Terima kasih atas kunjungannya dan biar bermanfaat.

Jenis Sapi Unggul Yang Banyak Diminati Jagal Dan Peternak Lokal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29