Saturday, April 27, 2019

Perbandingan Sapi Friesian Holstein Fh Dan Sapi Jersey

 perbandingan produksi susu Sapi Jersey dan Sapi FH Friesian Holstein (FH)

Sapi Friesian Holstein (FH) 

Sapi Friesian Holstein (FH) yakni Sapi yang berasal berasal dari Belanda yaitu di Provinsi North Holand dan West Friesland yang mempunyai padang rumput yang sangat luas. sapi ini lebih dikenal nama lain ibarat Friesian Holstein (FH) sedangkan di Amerika Serikat disebut Holstein Friesian atau disingkat Holstein Sedangkan di Europa disebut Friesian. sebagai isu Bangsa sapi perah yang banyak dipelihara di Indonesia adalah  jenis bangsa sapi perah peranakan Friesian Holstein (PFH)
perbandingan produksi susu Sapi Jersey dan Sapi FH Friesian Holstein  perbandingan Sapi Friesian Holstein FH dan Sapi Jersey
keunggulan Sapi FH Friesian Holstein (FH)

 keunggulan Sapi Friesian Holstein FH yaitu beberapa keunggulan, salah satunya yaitu jinak, tidak tahan panas tetapi sapi ini gampang menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitar.

Menurut Rustamadji (2004), 

ciri-ciri sapi peranakan Friesian Holstein FH PFH

ciri-ciri sapi peranakan Friesian Holstein FH PFH adalah: Sebagai berikut
  1. warna bulunya belang hitam dan putih; 
  2.  mempunyai ukuran tubuh yang besar dan beratnya hampir sama dengan sapi Friesian Holstein FH ;  mempunyai kadar lemak susu yang juga rendah;
  3. produksi susu sanggup mencapai 15-20 liter per hari per masa laktasi; 
  4. mempunyai sifat damai dan jinak sesuai dengan induknya;
  5. lebih tahan panas kalau dibandingkan dengan sapi FH, sehingga lebih cocok di tempat tropis;
  6.  mudah menyesuaikan diri di lingkungan barunya.

prduksi susu Sapi Friesian Holstein FH 

Sapi Friesian Holstein (FH) yakni sapi perah yang produksi susunya tertinggi, dibandingkan bangsa-bangsa sapi perah  yang sudah dikenal usang di indonesia,   Produksi susu FH tertinggi diantara bangsa sapi perah lainnya namun kadar lemaknya  relatif  rendah. Warna lemaknya kuning dengan butiran-butiran  (globula) lemaknya kecil sehingga baik untuk konsumsi susu segar dengan kadar lemak susu yang rendah rata-rata 3,7%. Di Indonesia sapi jenis FH ini sanggup menghasilkan susu 20 liter/hari, tetapi rata-rata produksi 10 liter/hari atau 3.050 kg susu 1 kali masa laktasi. Sapi jantan jenis FH ini sanggup mencapai berat tubuh 1.000 kg, dan berat tubuh ideal betina yakni 635 kg. Di Amerika sapi FH ini sanggup memproduksi lebih dari 7.000 kg susu dalam 1 kali masa laktasi (Sudono dkk., 2003). 

Sapi Jersey 

sapi jersey masih belum sepopuler sapi FH sebagai sapi perah yang sudah usang dibudidayakan dinegara kita. Sapi Sapi Jersey  berasal dari  pulau Jersey yang terletak di Selat Channel antara  Prancis dan Inggris ( terletak di negara Inggris kepingan selatan). Nenek moyang dari sapi Jersey yakni sapi liar Bos (Taurus) Typicus Longifrons yang lalu dikawin silangkan dengan sapi di Paris dan Normandia (Prancis).
perbandingan produksi susu Sapi Jersey dan Sapi FH Friesian Holstein  perbandingan Sapi Friesian Holstein FH dan Sapi Jersey
keunggulan Sapi jersey
Belakangan ini sapi Jersey mulai banyak dibicarakan, dengan dibukanya sebuah peternakan sapi perah dengan kapasitas ribuan ekor di tempat Blitar Jawa Timur yang memelihara jenis sapi Jersey.

Ciri-ciri fisik sapi Jersey : 

  1.  Warnanya tidak uniform ( seragam) ada yang berwarna kuning hingga hitam, ada pula yang berwarna merah hingga merah tua, tetapi pada kepingan tertentu kadang ada  warna putihnya.       Warna yang  umum yakni coklat muda dan  warna sapi yang  jantan lebih  tua. 
  2. Tanduk menjurus ke atas, lebih panjang daripada tanduk sapi FH Friesian Holstein
  3.  Berat tubuh sapi cukup umur : jantan  625 kg ,  Betina  425 kg d. Produksi susu 2500 liter per  laktasi dengan kadar lemak  5,2 % Lemaknya berwarna kuning, dengan butr-butir lemaknya besar sehingga gampang dibentuk mentega. Oleh sebab itu sapi jersey banyak ditemukan di derah penghasil mentega.
  4.  Badan  Sapi  Jersey  adalah  terkecil diantara bangsa sapi  perah lainnya tetapi bentuk badanya paling manis di antara bangsa-bangsa sapi perah  lainnya. Perutnya  tampak besar dibandingkan badannya dan ambingnya besar serta  manis sehingga bentuk segi tiga badannya terang sekali. 
  5. Sapi Jersey terkenal cepat dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya
  6. Daya tahan terhadap cuaca sebab sapi ini tahan terhadap perubahan suhu panas dan dingin
  7. Memiliki kecepatan pertumbuhan yang bagus
  8. Mudah di budidayakan dan diternakkan oleh masyarakat umum
  9. Pemeliharaan gampang dan sederhana

Karakteristik Sapi Jersey 

  1. Sangat peka dan kurang tenang  
  2.  Sifatnya tidak damai sehingga gampang terganggu oleh perubahan-perubahan di sekitarnya 
  3.  Lebih tahan panas d. Kemampuan merumput ( Grassing ability ) bagus.
  4.  Tidak begiti jinak.  Sapi Jersey jantan lebih ganas
  5.  Memiliki sifat nerveous atau gelisah dan bereaksi cepat terhadap rangsangan 
  6. Cepat cukup umur

Ciri-ciri Jersey Unggul Untuk Pejantan (Jersey Bull)

  1. Gerakan lincah dan gesit
  2. Pertumbuhan cepat
  3. Sudah layak kawin, berumur 1-1,5 tahun
  4. Berwarna gelap di bandingkan betina
  5. Produksi spermatozoid berkualitas
  6. Tidak dalam keanehan ( abnormal ) 

Ciri-Ciri Calon Indukan Betina Unggul

  1. Gerakan lincah
  2. Pertumbuhan cepat
  3. Sudah layak kawin, berumur 6 bulan hingga 1 tahun
  4. Berwarna terang
  5. Produksi sel telur berkualitas
  6. Tidak dalam keanehan ( abnormal )

kelebihan prduksi susu Sapi perah Jersey

Sapi perah Jersey ini tergolong sapi perah yang kecil, susu sapi Jersey mempunyai kandungan yang lebih baik. Kandungan lemaknya lebih tinggi, sehingga manis untuk dibentuk mentega atau keju. Berdasarkan American Jersey Cattle Association (AJCA), susu sapi Jersey mempunyai kandungan protein 15-20 persen lebih tinggi, mempunyai kandungan kalsium 15-18 persen lebih tinggi, mempunyai kandungan fosfor 10-12 persen lebih tinggi dibanding susu sapi yang lain termasuk kandungan vitamin B12. kelebihan lainnnya sapi jersey yaitu  Kebutuhan pakan sapi perah Jersey ini hanya 80 persen dari kebutuhan pakan sapi perah FH Friesian Holstein

Sapi Jersey memproduksi susu jauh lebih tinggi perkilogram berat badannya dibanding sapi perah lain. Sapi perah Jersey ini bisa mencapai produksi susu  Produksi susu 2500 liter per laktasi. sebab ukuran badannya kecil, dengan jumlah pakan yang lebih sedikit sapi perah Jersey memproduksi susu lebih banyak bila dibandingkan dengan sapi perah lain. Kebutuhan pakan sapi perah Jersey ini hanya 80 persen dari kebutuhan pakan sapi perah FH.

kesimpulan secara prodksi susu sapi lebih unggul sapi Friesian Holstein (FH), tetapi untuk kadar lemak susu lebih banyak sapi jersey. secara konsumsi pakan lebih efisien sapi jersey. tetapi sapi jersey mempunyai kelemahan yaitu Sifatnya tidak damai sehingga gampang terganggu sehingga kemungkinan stres lebih tinggi dibanding  Friesian Holstein (FH). hal ini yang akan kuat kepada produksi susu, selain itu sapi jersey belum terkenal di indonesia.

Perbandingan Sapi Friesian Holstein Fh Dan Sapi Jersey Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29