Sunday, April 28, 2019

Pakan Comboran Untuk Ternak Dan Cara Membuatnya

pakan comboran

pengertian pakan comboran

Pakan comboran yaitu  pakan adonan beberapa materi pakan yang diberikan kepada ternak, yang kandungan utamanya yaitu protein. Pemberian pakan comboran biasanya diberikan oleh peternak terutama untuk proses penggemukan ternak. metode ini banyak diaplikasikan oleh peternak terutama didaerah pedesaan.
pemberin comboran sangat penting terutama untuk peternak peternak di pedesaan yang sehari hari mengandalkan hijauan pakan  hasil “ngarit”. menunjukkan pakan comboran untuk ternak  sapi sangat perlu dilakukan semoga perkembangan sapinya lebih cepat dan lebih cantik dan maksimal.
 pakan adonan beberapa materi pakan yang diberikan kepada ternak Pakan Comboran untuk ternak dan Cara Membuatnya
pakan sapi comboran
 
Pakan untuk ternak yang baik yaitu yang sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya menyerupai protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Protein berfungsi untuk mengganti sel-sel yang telah rusak, membentuk sel-sel badan gres dan sumber energi. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi dan pembentukan lemak tubuh. Lemak berfungsi untuk pembawa vitamin A,D,E,K dan juga sebagai sumber energi.
 
 pakan adonan beberapa materi pakan yang diberikan kepada ternak Pakan Comboran untuk ternak dan Cara Membuatnya
Pakan Comboran untuk ternak

bahan pakan comboran

Jenis-jenis materi pakan yang sanggup digunakan sebagai comboran terutama ternak ruminansia menyerupai sapi bekerjsama beraneka ragam. materi yang digunakan untuk comboran ternak yang biasa digunakan menyerupai sisa industri pertanian, ampas tahu, ampas bir, onggok atau ampas gamblong dll sanggup dimanfaatkan untuk materi adonan pakan comboran ruminansia atau ternak sapi.

Dan dibawah ini hanyalah sebagian kecil rujukan cara menciptakan pakan comboran sapi dengan pemberian materi aksesori starbio untuk meningkatkan kualitas dan kandungan gizi pakan comboran yang akan diberikan pada ternak sapi.

Membuat Pakan Sapi Comboran

  1. Siapkan baskom besar,air ,dedak halus ¨katul¨,garam dan star bio atau sanggup diganti dengan Bossdext, bioplus, veterna dll yang berfungsi untuk mempercepat proses fermentasi.. 
  2. bahan dedak atau katul sanggup diganti dengan  sisa industri pertanian,seperti ampas tahu, ampas bir, onggok atau ampas gamblong dll yang terpenting yaitu kandungan proteinnya tinggi.
  3.  langkah berikutnya yaitu siapkan baskom besar kemudian dedak halus ¨katul¨ di masukan,ukuran 25 liter ari,membutuhkan dedak halus ¨katul¨ 1 kg. Setelah dedak di masukan kemudian garam,kurang lebih 2 sendok makan.
  4. Sesudah itu kemudian star bio di masukan,ukurannya 2 sendok makan.
  5.  Setelah dedak,garam,dan starbio di masukan kedalam baskom besar gres di larutkan dengan air sumur yang sudah di sediakan.
  6.  Aduk hingga rata dan siap di berikan pada sapi.
  7.  Pemberian komboran pada sapi sebaiknya 1 hari 2kali,yaitu pagi dan sore sesudah sapi final makan
Jika ada salah satu materi comboran tidak ada sanggup diganti dengan materi lain yang agak menyerupai atau serupa kandungan nutrisinya, yang penting yaitu kandungan proteinnya tinggi.  Jangan terpaku pada satu dua jenis pakan tertentu sebab banyak bahan-bahan pakan ternak sapi yang mempunyai manfaat hampir sama baik sebagai sumber karbohidrat dan juga sumber protein.

Contoh materi pakan untuk Comboran ternak sapi lainnya

  • Dedak
  • Ampas bir
  • Brand polar (dedak gandum)
  • Ampas tahu berair
  • Ampas tempe
  • Parutan telo afkir
  • Air tempe
  • bekatul kasar 
  •  Kulit kacang halus
  •  Tumpi kedelai 
  • dll
semoga bermanfaat :)
diolah dari banyak sekali sumber

Pakan Comboran Untuk Ternak Dan Cara Membuatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29