Monday, April 29, 2019

Kebutuhan Air Minum Sapi Per Hari

Kebutuhan Air Minum ternak sapi Setiap Hari

Tubuh ternak penyusun terbesarnya ialah air, sekitar 70-75% penyusunnya ialah air. jikalau badan kekurangan air maka akan berdampak negatif pada ternak dan yang lebih parah ialah simpulan hayat ternak.. Air mempunyai peranan yang sangat penting bagi ternak, terutama untuk proses metabolisme tubuh, seperti,  untuk mengatur suhu tubuh, membantu proses pencernaan, mengangkat zat-zat pakan, dan yang paling penting ialah mengeluarkan bahan-bahan yang sudah tidak berkhasiat dari dalam badan sapi.
Kebutuhan Air Minum ternak sapi Setiap Hari Kebutuhan Air Minum Sapi Per Hari
ternak sapi

Hewan ternak harus diberikan minum setiap saat, baik secara diangkut ke kandang, pada daerah binatang diikat ataupun di padang rumput. Kekurangan air minum menjadikan binatang tidak makan sehingga produksi maksimum tidak tercapai.

Seekor sapi setiap hari rata-rata membutuhkan air antara 3-6 liter/1Kg pakan kering. Oleh alasannya ialah itu, air harus cukup tersedia di sangkar apabila menginginkan pertumbuhan sapi yang baik. jikalau dihitung ternak Sapi dan kerbau memerlukan 25 hingga 40 liter air per ekor per hari. tetapi patokan ini tidak mutlak, ada baiknya kita menyediakan air yang selalu tersedia atau adlibitum.

 Kebutuhan air ternak sapi umumnya  tergantung kepada beberapa faktor menyerupai dari jenis apa sapi tersebut, kondisi iklim, daerah bermukim sapi tersebut, umur sapi dan jenis pakan yang di berikan. Sapi yang berumur lebih muda cenderung lebih banyak membutuhkan air dibandingkan dengan yang lebih tua.

Kebutuhan sapi akan air sanggup diberikan dari banyak sekali cara. Pemenuhan kebutuhan air sanggup dilakukan melalui air minum. air yang terkandung didalam pakan atau melalui air yang berasal dari metabolisme zat yang terkandung didalam pakan.

Pada dasarnya semua materi pakan mengandung unsur air. Untuk materi pakan berangasan menyerupai hijauan segar atau rerumputan tropis kandungan airnya cukup tinggi, hingga 85 %.  Oleh alasannya ialah itu, binatang ternak tropis, menyerupai sapi sanggup bertahan hidup tanpa air minum dengan mengandalkan air dari pakan hijauan yang dikonsumsinya. Namun, untuk materi pakan berupa biji-bijian, kandungan airnya lebih sedikit sekitar 10-25 % saja.

Kebutuhan Air Minum Sapi Per Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29