Friday, March 20, 2020

Masalah Umum Yang Dihadapi Peternak Sapi Potong

Tips Beternak Sapi Potong, Cara Mengatasi Berbagai Masalah Penggemukan Sapi Potong dari Mulai Polusi Bau, Perijinan Hingga Pencurian Ternak

Penggemukan Sapi Potong Skala Besar / Komersial

Dalam perjuangan apapun termasuk perjuangan penggemukan sapi potong niscaya ada saja duduk masalah yg bis,a timbul dengan lingkungan sekitarnya. Ada beberapa duduk masalah akhir perjuangan peternakan sapi potong yg kalau tidak bis,a diatasi bis,a menimbulkan tutupnya perjuangan tersebut. Apa saja duduk masalah yg mungkin timbul dari perjuangan pemeliharaan sapi ini?

Polusi Bau Kotoran
Masalah pertama ini sebetulnya yakni duduk masalah yg bis,a dianggap paling ringan alasannya setips umum kalau dalam satu komplek memang isinya peternak sapi semua maka duduk masalah bacin sangkar yakni semacam parfum wajib yg tidak akan dipermasalahkan. Tetapi kalau dalam satu kampung yg rapat penduduknya, hanya ada 1 atau 2 orang peternak yg kandangnya bacin dan mengganggu masyarakat sekitarnya maka hal ini wajib diantisipasi.

Salah satu tips untuk menghindari komplain warga akhir bacin sangkar yakni dengan membangun sangkar yg jauh dari pemukiman (dengan kepastian keamanan ternak tentunya). Dan kalau terpaksa agak berdekatan maka pemilik sapi wajib menjaga kebersihan sangkar dan membuang kotoran sapinya jauh dari pemukiman atau bis,a eksklusif diolah menjadi kompos.

Polusi Kotoran Sapi
Hal ini masih sangat berkaitan dengan polusi bacin sangkar tetapi secukup usang duduk masalah kebersihan sangkar terjamin dan ada tempat khusus membuang atau mengolah kotoran sapi tersebut yg jauh dari pemukiman maka duduk masalah ini akan gampang teratasi.

Perlu diperhatikan jangan hingga air dari sangkar meluber ke jalanan atau akomodasi warga. Jaga juga jangan saampai sangkar penuh dengan lalat yg kalau menyebar ke perumahan bis,a menimbulkan duduk masalah tambahan. Untuk duduk masalah lalat bis,a dipakai obat lalat yg banyak dijual di  toko pertanian dan peternakan.

Masalah Penyakit Ternak Sapi Yang Bisa Menular Ke Manusia
Penyakit sapi ada beberapa macam, ada yg hanya menyerang sapi tetapi juga ada yg bis,a menular pada manusia. Penyakit sapi yg menular pada insan menyerupai antraks contohnya wajib diwaspadai biar tidak hingga menjangkiti ternak sapi. Jaga kebersihan sangkar dan konsultasikan pada tenaga kesehatan binatang terdekat kalau ada gejala penyakit antraks ini.

Masalah Keamanan Sapi dari Pencurian
Didaerah tertentu, memelihara sapi lokal harus ekstra ketat dalam menjaganya alasannya hampir tiap waktu ada saja maling yg mengintai untuk mencurinya. Alternatif yg bis,a dilsayakan warga untuk mencegah pencurian sapi bis,a dengan ronda setips bergiliran atau dengan mengumpulkan sapi-sapi lokal yg dipelihara pada sangkar kelompok sehingga gampang dikala melsayakan penjagaan setips bergiliran.

Masalah Transportasi Akibat Jauhnya Lokasi Kandang Dengan Pasar Hewan
Untuk duduk masalah yg satu ini dikala ini mungkin sudah bukan duduk masalah besar lagi alasannya banyaknya pengusaha truk angkutan yg bersedia mengangkut ternak antar kota antar propinsi bahkan hingga menyeberang pulau.

Masalah Perijinan Untuk Peternakan Sapi Potong Skala Besar
Untuk peternak kecil, duduk masalah ini bis,a diabaikan sedangkan untuk peternak besar yg mempunyai sapi hingga puluhan atau ratusan ekor duduk masalah perijinan wajib dipenuhi alasannya disamping berafiliasi dengan duduk masalah gangguan (HO) juga berafiliasi dengan duduk masalah perpajakan, Jamsostek, BPJS dll.

Masalah Umum Yang Dihadapi Peternak Sapi Potong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29