Thursday, March 19, 2020

Berapa Ton Produksi Rumput Odot Per Hektar?

Terapkan Umur Panen Yang Tepat Agar Produksi Odot Stabil Dalam Tiap Hektar Lahan

Dewasa ini jenis rumput yg satu ini masih menjadi primadona para peternak dan petani untuk membudidayakannya. Salah satu alasan menyebarkan rumput odot sebagai hijauan pakan ternak yakni kecepatan tumbuhnya, produksi yg tinggi, gampang menanamnya dan tentunya palatabilitas yg tinggi.

Palatabilitas atau kesukaan ternak akan rumput ini sangat manis sehingga hampir semua ternak ruminansia menyukai jenis rumput odot ini.

Perkembangan rumput odot setelah panen pertama, kedua dan ketiga akan sangat cepat, mengapa? Rumput odot berkembang dengan cepat dari perkembangan rumpunnya setelah dipotong akan tumbuh banyak sekali tunas yg akan membentuk rumpun atau pols.

Berapa produksi per hektar tanaman rumput odot?
Rumput unggul ini ternyata bis,a berproduksi antara 60 - 70 ton per hektar. Produksi rumput odot sangat dipengaruhi oleh ketercukupan air dan juga pemupukan yg baik. Jarak tanam ternyata sangat besar lengan berkuasa terhadap jumlah anakan yg dihasilkan oleh rumput odot ini.

Jarak antar baris bis,a diberikan sejauh 1 meter. Sedangkan jarak tanam bis,a bervariasi mulai 50 cm, 75 cm dan 100 cm (1 meter). Hasilnya ternyata jumlah anakan pada jarak tanam 1 m x 1 m jumlah anakannya jauh lebih banyak dari pada jarak tanam yg lebih dekat.

Rumput odot ini membutuhkan air yg cukup. Penyiraman perlu dilsayakan kalau di kawasan penanamannya kekurangan air. Penyiangan terhadap gulma atau rumput – rumput liar juga perlu dilsayakan. Supaya tidak terjadi perebutan nutrisi. Data dari penelitian, berikut yakni perbedaan antara jumlah anakan terhadap jarak tanam rumput odot.

Panen ke
Jumlah anakan
50 x 100 cm
75 x 100 cm
100 x 100 cm
1
20,4
23
24,9
2
29,5
27,5
41,1
3
41,6
50,3
66,6
4
39
41,5
53,1

Kandungan Nutrisi rumput odot, Rumput odot mempunyai kandungan nutrisi yg lebih baik daripada rumput gajah. Kandungan nutrisi yg lebih tinggi menjadi kelebihan tersendiri apabila rumput ini dijadikan sebagai pakan ternak khususnya kambing atau domba.

Berikut yakni kandungan nutrisi dari rumput odot.

Kandungan Nutrisi
% (Berat Kering)
Kadar lemak daun
2,72%
Kadar lemak Batang
0,91%
Protein Kasar Daun
14,35%
Protein Kasar Batang
8,10%
Kecernaan Daun
72,68%
Kecernaan Batang
62,56%

Berapa Umur Potong Rumput Odot?
Ada dua periode untuk menyatakan berapa umur potong rumput unggul ini. Umur panen rumput odot yg pertama yakni 3 bulan setelah tanam gres boleh dipanen, hal ini bertujuan untuk mendapat hasil yg optimal dan tentunya biar rumput yg gres ditanam lebih kuat perakarannya. Untuk pemanenan berikutnya bis,a dilsayakan tiap 2 bulan sekali.

Berapa harga bibit rumput odot?
Dari banyak sekali sumber informasi, harga bibit rumput odot sangat bervariasi. Di pasaran online ada yg menjualnya sampai Rp 25.000 per kg dan berdasarkan penulis harga tersebut terlalu mahal. Harga ideal bibit rumput odot seyogyanya tidak lebih dari Rp 10.000 per kg biar tidak memberatkan para peternak yg berminat menanam rumput ini. Meskipun kalau harga bibit mahal alasannya yakni rumput odot ini bis,a dipanen terus menerus secukup usang beberapa tahun akan tetap diminati para peternak.


Berapa harga rumput odot untuk pakan ternak?
Seperti halnya harga bibitnya, harga rumput odot ini juga bervariasi. Harga kisaran antara 250 - 350 rupiah per kg. Harga akan sangat terpengaruh dengan jauh dekatnya lahan rumput odot dengan lokasi pembeli akhir perbedaan biaya transportasi. Tentunya makin jauh lokasi lahan penanaman rumput odot dengan lokasi peternakan akan menjadikan harga rumput tersebut menjadi semakin mahal.

Berapa Ton Produksi Rumput Odot Per Hektar? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29