Tuesday, March 3, 2020

Macam Dan Jenis Burung Perkutut, Harga Terbaru, Bunyi Sampai Mitosnya


Nama-nama Burung Perkutut Berdasar Mitos, Jenis Burung Perkutut di Indonesia dan di Dunia, Harga Terbaru 2018 dan Tips Memelihara Burung Perkutut Untuk Lomba 
Perkutut jawa yaitu spesies burung dalam suku Columbidae, dari genus Geopelia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan biji-bijian saja, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan bila burung ini juga memakan serangga di habitat aslinya.(sunber: Wikipedia).
Mitos-mitos wacana burung perkutut yaitu kepercayaan masyarakat jawa jaman old dan kini sudah banyak ditinggalkan. Informasi wacana mitos burung perkutut ini hanya sekedar embel-embel pengetahuan bahwa ada kepercayaan jaman dulu terkait dengan burung perkutut dan hanya sekedar mitos yg berkembang di masyarakat Jawa dan hingga ketika ini tidak bis,a dibuktikan baik setips kebijaksanaan maupun ilmiah. Dan memang hanya sebatas Mitos atau "Katanya".

Nama Jenis Perkutut dan Mitosnya
  • Perkutut Kusuma Wicitra: Ciri burung ini mempunyai warna paruh dan sisik kaki keputih-putihan. Mitosnya siapa saja yg memelihara burung Perkutut Kusuma Wicitra, maka cita-citanya gampang tercapai dan rezekinya melimpah.
  • Perkutut Wisnu Wicitra: Ciri burung ini bulunya berwarna kehitam-hitaman. Mitosnya Perkutut Wisnu Wicitra untuk kesecukup lamatan dan mendatangkan banyak rezeki.
  • Perkutut Wisnu Murti: Ciri burung ini mempunyai kaki, mata, dan paruh berwarna hitam. Mitos yg menyebar di masyarakat, Perkutut Wisnu Murti mempunyai dampak kewibawaan dan biasanya dipelihara oleh raja atau pemimpin.
  • Perkutut Gendawa Sabda: Ciri burung ini bunyi manggungnya keras dan merdu. Perkutut Gendawa Sabda sanggup dipakai untuk memikat Perkutut yg lain. Selain itu, burung ini bis,a membantu pemiliknya mendapat banyak rezeki, keluarganya tenang dan tentram.
  • Perkutut Brahma Labuh Geni: Ciri burung ini bulunya berwarna kemerah-merahan tidak merata. Mitosnya Perkutut Brahma Labuh Geni akan mendatangkan halangan dan jauh dari rezeki.
  • Perkutut Buntel Mayit: Ciri burung ini masing-masing sayapnya ada bulunya putih. Mitosnya burung Perkutut Buntel Mayit sanggup mendatangkan malapetaka.
  • Perkutut Wisnu Tinundang: Ciri burung ini bulunya kehitam-hitaman tidak merata. Mitosnya bagi yg mempunyai burung Perkutut Wisnu Tinundang, maka beliau akan sulit menggapai cita-citanya.
  • Perkutut Brahma Suku: Ciri burung ini bulunya berwarna kemerah-merahan. Mitosnya burung Perkutut Brahma Suku sering mengundang penyakit.
  • Perkutut Brahma Kukup: Ciri burung ini bulunya berwarna keputih-putihan dari kepala hingga ekornya. Mitosnya Perkutut Brahma Kukup bis,a mendatangkan sial bagi pemiliknya.
  • Perkutut Lembu Rawan: Ciri burung ini bulunya ‘brumbung’ tidak tumbuh dengan sempurna. Mitosnya Perkutut Lembu Rawan bis,a mendatangkan penyakit atau pemiliknya selalu dalam kesulitan dan jauh dari rezeki.
  • Perkutut Kelabang Kapipit: Ciri burung ini pada sayap belahan dalam bila direntangkan terdapat bulu berwarna putih. Mitosnya Perkutut Kelabang Kapipit bis,a mendatangkan sengketa rumah tangga.
  • Perkutut Durga Nguwuh: Ciri burung ini manggung pada tengah malam. Mitosnya bila burung Perkutut Durga Nguwuh dipelihara maka akan banyak mendatangkan halangan menyerupai sering sakit, rumah tangganya kacau atau sering kekurangan.
  • Perkutut Durga Ngerik: Ciri burung ini manggungnya terus saluran (siang malam). Mitosnya siapa saja yg memelihara burung Perkutut Durga Ngerik, maka akan dijauhkan dari rezeki dan keluarganya tak sayar.
  • Perkutut Gedong Mengo: Ciri burung ini manggungnya menyongsong terbitnya matahari. Mitos yg beredar di kalangan pecinta burung, siapapun yg mempunyai burung Perkutut Gedong Mengo, pemiliknya banyak rezeki dan secukup lamat.
  • Perkutut Mineb Gedong atau Gedong Mineb: Ciri burung ini manggungnya menyertai terbenamnya matahari. Mitosnya si pemilik akan berkecukupan dan menguntungkan dalam berdagang.
  • Perkutut Mercuci: Ciri burung ini matanya berwarna kuning dan sipit atau wayg bambangan. Mitosnya pemilik burung Perkutut Mercuci bakal diakrabi orang dan banyak rezeki.
  • Perkutut Mercu Jiwa: Ciri burung ini matanya berwarna kuning dan bulu sekitar pantat juga kuning. Mitosnya burung Perkutut Mercu Jiwa mempunyai dampak sangat besar, baik dipelihara raja atau pemimpin.
  • Perkutut Muncis: Ciri burung ini bentuk badannya kecil memanjang. Burung Perkutut Munci mitosnya baik untuk dipelihara oleh raja atau pemimpin.
  • Perkutut Udan Mas: Ciri burung ini bulunya berwarna coklat muda atau krem, dan bulu yg melingkar berwarna kekuning-kuningan. Mitosnya burung Perkutut Udan Mas bisa mendatangkan kesecukup lamatan dan kegembiraan, dan rezeki.
  • Perkutut Satria Kinayungan: Ciri burung ini di tengah kepalanya terdapat bulu berwarna putih. Mitosnya Perkutut Satria Kinayungan sanggup menaikkan derajat atau pangkat dan kewibawaan.
  • Perkutut Sangga Bhuana: Ciri burung ini di punggungnya ada sehelai bulu berwarna putih. Mitosnya siapa saja yg mempunyai Perkutut Sangga Bhuana akan mendapat rezeki (Asal jangan ada bulu ekor yg tidak sejajar dengan yg lain, contohnya tidak lurus atau abnormal).
  • Perkutut Misti Kanya: Ciri burung ini di belahan tubuh atau seluruh tubuh berwarna putih. Mitosnya Perkutut Misti Mayang baik untuk para raja atau pemimpin lantaran membawa kesecukup lamatan.
  • Perkutut Candra Sabda: Ciri burung ini warna bulu di belahan bahu berwarna putih. Mitosnya kalau Anda mempunyai Perkutut Candra Sabda, maka Anda bis,a memikat seseorang dan membawa suasana gembira.
  • Perkutut Rupo Cahyo: Ciri burung ini warna bulunya mengkilat bercahaya. Mitosnya burung Perkutut Rupo Cahyo membawa kedamaian dan kegembiraan.
  • Perkutut Purnomo Sidhi: Ciri burung ini warna bulunya kemerah-merahan menyerupai permata. Mitosnya burung Perkutut Purnomo Sidhi untuk menjunjung tinggi kewibawaan dan mendapat kehormatan.
  • Perkutut Sri Mangumpel: Ciri burung ini ibu jari kakinya berwarna putih atau ada dua kuku jari yg putih. Mitosnya siapa saja yg mempunyai Perkutut Sri Mangumpel maka keluarganya selalu sehat dan cita-citanya banyak terkabulkan.
  • Perkutut Widaksana Gasti: Ciri burung ini waktu manggungnya cukup lama, dan halus dan merdu. Mitosnya pemilik burung Perkutut Widaksana Gasti gampang mencapai impian dan banyak rezeki.
  • Perkutut Pendawa Mijil: Ciri burung ini bulu ekornya berjumlah 15 lembar. Mitosnya Perkutut Pendawa Mijil bisa mendatangkan kewibawaan bagi pemiliknya.
  • Perkutut Songgo Ratu: Ciri burung ini mempunyai jambul dan belahan kakinya berwarna agak sedikit gelap. Mitosnya, berdasarkan kisah zaman dulu, Perkutut Songgo Ratu merupakan Perkutut milik Putra Raja dari Bali. Bagi siapa saja yg memilikinya, derajat dan pangkatnya akan naik dan memperlihatkan kesan berwibawa.
  • Perkutut Lurah: Ciri burung ini mempunyai garis hitam pekat di belahan belakang leher dan bulu-bulu sayapnya berwarna agak merah kecoklatan. Mitosnya burung Perkutut Lurah sanggup membawa banyak rezeki.
  • Perkutut Daringan: Ciri burung ini mempunyai garis-garis hitam di belahan leher yg menyambung tanpa putus. Mitosnya, burung Perkutut Daringan merupakan burung bertuah (mempunyai kesaktian untuk mendapat untung dan kesecukup lamatan) bagi sekeluarga suami dan istri.
Dari Semua Jenis diatas, Ada 4 Jenis Burung Perkutut Favorit yaitu:

1. Perkutut Songgo Ratu
Perkutut jenis ini mempunyai jambul di kepala warna putih menyerupai mahkota. Kaki, paruh, dan bulu berwarna hitam. Kicauan Songgo Ratu juga tak begitu besar, tapi model lekukan suaranya menyerupai perkutut pada umumnya. Perkutut Songgo Ratu diyakini bisa menolak santet dan bis,a mendongkrak kewibawaan pemiliknya. Burung ini merupakan kelompok kasta tertinggi dalam jenis perkutut.

2. Perkutut Lurah
Sesuai namanya, perkutut jenis ini sering dipelihara orang-orang yg mempunyai kedudukan. Perkutut lurah ini dipercaya bis,a memancarkan aura kewibawaan bagi sang pemilik. Perkutut Lurah mempunyai corak warna lurik. Bulu pada belahan dada yg warnanya lebih terang.

3. Perkutut Hitam
Sesuai namanya, seluruh bulu perkutut ini berwarna hitam. Masyarakat Jawa sering menyebut jenis burung jenis ini sebagai Kol Buntet. Perkutut Hitam disebut-sebut rajanya perkutut dan sering dikaitkan dengan suatu yg berkaitan dengan hal gaib. Kol Buntet dipercaya memancarkan aura keberuntungan bagi pemiliknya.

4. Perkutut Putih
Sebenarnya perkutut ini merupakan jenis albino (tak mempunyai pigmen warna kulit), sehingga kesudahannya seluruh bulu dan kulitnya berwana putih. Seperti binatang albino lainnya, Perkutut Putih mempunyai paruh dan bola mata warna merah terang. Jenis ini cukup langka lantaran fenomena albino merupakan bentuk mutasi yg jarang terjadi. Kendati demikian, masyarakat mempercayai Perkutut Putih bisa memancarkan proteksi bagi pemiliknya.

Jenis Burung Perkutut tersebar di seluruh dunia. Burung yg mempunyai nama latin Geopelia Striata ini juga bis,a ditemukan di negara Australia, Malaysia, Singapore, dan Thailand. Di sana, penyebutan burung Perkutut berbeda-beda. Dalam Bahasa Inggris, Perkutut disebut dengan Zebra Dove atau Barred Ground Dove. Sementara di Malaysia dan Singapore, burung Perkutut dikenal dengan nama burung Ketitir atau burung Merbok. Sedangkan, di Thailand menyebut burung Perkutut dengan nama burung Nokkhao Chewa.

Burung Perkutut atau Geopelia Striata mempunyai beberapa sub jenis lagi yg lebih bervariasi. Adapun, sub jenis burung Perkutut Geopelia Striata yaitu sebagai berikut:
Sub jenis burung Perkutut atau Geopelia Striata
  • Geopelia Striata Striata: Jenis burung Perkutut ini paling banyak dipelihara di Indonesia. Perkutut ini sering disebut Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok yg berasal dari Jawa, Bali, dan Sumatera. Ada juga sebagian yg kalangan yg menyebutnya Perkutut Hawaii.
  • Geopelia Striata Maungeus: Jenis burung Perkutut ini disebut burung Perkutut Sumba lantaran berasal dari Sumba, Sumbawa, dan Pulau Timor. Burung ini dikatakan sangat menyerupai dengan Perkutut Jawa.
  • Geopelia Striata Audacis: Jenis burung Perkutut ini berasal dari kepulauan Kei dan Tanimbar.
  • Geopelia Striata Placida: Jenis burung Perkutut ini berasal dari Papua dan Australia Utara.
  • Geopelia Striata Tranquila: Jenis burung Perkutut ini banyak dijumpai di Australia Tengah.
  • Geopelia Striata Papua: Jenis burung Perkutut ini berasal dari Papua (Irian Jaya dan Papua Nugini).
  • Geopelia Striata Clelaudi: Jenis burung Perkutut ini terdapat di Australia Barat.
Informasi Harga Burung Perkutut Terbaru 2018
  • Burung Perkutut Putih Rp 600.000
  • Burung Perkutut Bangkok Rp 350.000
  • Burung Perkutut Putih Rp 550.000
  • Burung Perkutut Jawa Rp 300.000
  • Burung Perkutut Hitam Rp 250.000
  • Burung Perkutut lokal Rp 100.000
Harga diatas bis,a saja berubah sewaktu-waktu dan bis,a berbeda-beda di beberapa daerah. Burung Perkutut intinya tidak mempunyai bunyi kicau yg terlalu bervariasi. Ada yg menganggap bunyi yg dihasilkan monoton sehingga tidak terlalu menghibur. Namun, hal tersebut bukan alasan untuk tidak memeliharanya. Tetap saja bila Anda rajin melatihnya, burung Perkutut sanggup tumbuh menjadi burung kicau yg baik. Bila ingin mendapat burung dengan bunyi yg lebih merdu disarankan untuk menentukan jenis pejantan yg dianggap mempunyai gacor yg lebih baik. Kicauan yg dihasilkan juga lebih keras dibandingkan jenis yg betina. Hal tersebut besar lengan berkuasa pada harga pasaran burung Perkutut jantan jadi sedikit lebih mahal dari yg betina.

Jenis Burung Perkutut

Burung perkutut yg mempunyai nama latin Geopelia striata pada umumnya banyak ditemukan pada area hutan-hutan dataran rendah. Kemudian persebarannya di Indonesia mencakup wilayah pulau Jawa, Sumatra, Bali dan Nusa Tenggara dengan type yg berbeda-beda pada masing masing daerah.

Untuk penggemar burung perkutut membedakannya lantaran berdasarkan kawasan aslinya. Misalnya saja perkutut Sumatera, perkutut Jawa, perkutut Bali, dan juga burung perkutut Nusa Tenggara. Berikut beberapa jenis burung perkutut yg ada di Indonesia.

1. Burung Perkutut Jawa Jenis Burung Perkutut

Burung Perkutut Jawa merupakan salah satu burung kicauan dari Suku Columbidae dari Genus Geopelia yg mempunyai nama latin Geopelia Striata.

Serta termasuk jenis burung pemakan serangga ataupun pemakan biji bijian. Lalu untuk kelebihan dari burung perkutut Jawa ini teramat penting sekali untuk masyarakat dari para pecinta burung kicauan yg khususnya ada pada kawasan kepulauan Jawa.

Sebab selain mempunyai khualitas bunyi yg terdengar merdu dan juga unik. Jenis burung kicau Jawa sendiri dipercaya bis,a mendatangkan keberuntungan ataupun rezeki untuk mereka yg memelihara burung ini.

Makara tidak heran bila masih banyak Orang Tua ataupun banyak masyarakat penggemar Burung di Jawa yg memelihara burung perlutut Jawa ini.

Karakteristik Perkutut Jawa

Karakteristik burung Perkutut Jawa sendiri punya ukuran panjang tubuh yg tergolong kecil. Sebab mempunyai panjang tubuh hanya sekitar 21 Centimeter saja dan mempunyai bentuk tubuh yg ramping.

Dan juga punya ekor yg panjang dengan warna pada belahan kepala burung Perkutut Jawa bubuk abu, kemudian untuk belahan Leher dan pada belahan sisinya mempunya garis yg halus.

Dan pada belahan punggungnya berwarna coklat dan tepian yg berwarna hitam.

Kemudian untuk tanda Burung Perkutut Jawa jantan punya warna Kehitaman dengan ujung putih di belahan bulu sisi paling luar dari Ekornya.

Dan pada belahan iris dan paruh berwarna bubuk abu biru dan pada belahan Kaki punya warna merah jambu tua. Oleh lantaran itu apabila diamati setips keseluruhan burung Perkutut Jawa ini mempunyai bentuk dan warna tubuh yg unik.

Makara pantas sekali untuk dipelihara ataupun dirawat oleh anda semua para pecinta burung kicauan terutama di Pulau Jawa. Sebab selain mempunyai bentuk tubuh yg unik, bunyi kicauan burung perkutut jawa yg juga terdengar merdu.

2. Perkutut Bangkok Burung Perkutut Bangkok

Sudah banyak dikenal di masyarakat kita bila jenis burung perkutut Bangkok mempunyai bunyi besar dan juga ngebass.

Sedangkan untuk burung perkutut yg biasa ditangkap dari hutan dinamakan burung perkutut lokal mempunyai bunyi yg kecil.

Akan tetapi ini tidak sepenuhnya benar, lantaran burung perkutut Bangkok pun asal mulanya juga dari tanah Jawa. Kemudian sudah dikembangbiakkan.

Serta diambil keturunannya yg mempunyai bunyi yg besar dan banyak yg sudah di ekspor ke Indonesia kembali.

Dan kini ini hampir semua penghuni sangkar ternak yg di Indonesia yaitu keturunan dari perkutut yg sudah didatangkan dari wilayah Bangkok.

Trend terakhir pada tahun 2008 hingga 2009 kembali perkutut dari Bangkok dan dari Thailand Selatan yg mempunyai bunyi besar dan berujung panjang banyak didatangkan ke Indonesia untuk dijadikan indukan.

Keluarga dekat dari perkutut terdapat dua jenis yakni bangsa Geopelia Humeralis atau disebut perkutut raksasa.

Sebab memang ukuran badannya begitu besar hampir dua kali lipat bila dibandingkan dengan ukuran tubuh perkutut biasa.

Burung ini asalnya dari Australia belahan Utara. Populer juga sebagai Barred Ground Dove pada kalangan internasional.

Kerabat yg kemudian banyak dipelihara di Indonesia antara lain yaitu Geopelia Cuneata atau lebih terkenal dengan nama Diamond Dove.

Ukuran tubuhnya hanya sebagian dari ukuran tubuh perkutut yg biasa. Serta di negara Indonesia banyak dipakai sebagai induk asuh untuk meloloh piyik perkutut guna mempercepat proses produksi piyik dari burung perkutut.

3. Burung Perkutut Maungeus Burung Perkutut Maungeus

Jenis burung perkutut ini termasuk jenis burung perkutut belang yg asalnya dari Sumba, Sumbawa dan berasal dari Pulau Timor.

Burung perkutut yg juga kerap disebut perkutut Sumba ini bila dilihat sekilas menyerupai dengan burung Perkutut Jawa.

Akan tetapi tubuh belahan bawahnya punya garis melintang dan kulit pada sekitar mata yg mempunyai warna kuning.

Burung perkutut yg rajin berkicau yaitu burung perkutut jantan. Bagaimanakah tips membedakan burung perkutut jantan dan betina? Berikut tips gampang membedakannya:

1. Meraba Tulang Sumpit Perkutut -id.wikipedia.org

Tulang sumpit merupakan tulang yg berada di area dubur. Burung perkutut jantan mempunyai tulang sumpit yg keras dan sempit, sedangkan burung perkutut betina mempunyai tulang sumpit yg lembek dan lebih renggang.

2. Memperhatikan Ukuran Kepala

Burung perkutut jantan mempunyai ukuran kepala yg lebih besar, sedangkan burung perkutut betina mempunyai ukuran burung yg lebih kecil

3. Memperhatikan Bola Mata

Ternyata antara burung perkutut jantan dan betina juga terdapat perbedaan di belahan bola mata. Bola mata burung perkutut jantung terlihat lebih menonjol dan mempunyai pandangan yg tajam. Sebaliknya burung perkutut betina mempunyai bola mata yg tidak menonjol bahkan cenderung masuk ke dalam dan mempunyai tatapan mata yg sayu.

4. Melihat Ukuran Tubuh Perkutut

Dari segi ukuran, burung perkutut jantan dan burung perkutut betina juga mempunyai perbedaan yg jelas. Burung perkutut jantan mempunyai ukuran tubuh yg lebih besar, sedangkan burung perkutut betina berukuran lebih mungil.

5. Mendengarkan Suara

Burung perkutut jantan mempunyai bunyi yg lebih besar daripada burung perkutut betina.

Jadi, bila Anda ingin memelihara burung perkutut lantaran kicauannya, sebaiknya Anda mempunyai burung perkutut berjenis kelamin jantan. Sesudah Anda mempunyai burung perkutut, Anda harus merawatnya dengan baik semoga kicauannya tetap merdu dan bulunya tetap bagus.

Tips Perawatan Burung Perkutut Yang Baik

1. Dimandikan setips Rutin
Burung perkutut harus dimandikan setips rutin semoga bulunya mengilat dan tidak berkutu. Cara memandikannya yaitu memakai semprotan atau spray dengan lubang yg paling halus. Burung perkutut mempunyai cukup usang latin Geopelia sriata. Meskipun sesungguhnya burung perkutut terdiri dari bermacam-macam jenis spesies, tetapi di kalangan para pencinta burung terdapat dua kelas besar yaitu burung perkutut lokal dan burung perkutut bangkok. Burung perkutut lokal banyak diminati lantaran dipercaya mempunyai “kekuatan lebih” untuk pemiliknya menyerupai dijelaskan di atas, sedangkan burung perkutut bangkok lebih disukai lantaran kicauannya.

2. Dijemur di Pagi Hari Burung Perkutut
Burung perkutut juga perlu dijemur setips teratur pada jam 7 hingga 10 pagi semoga sehat dan tidak gampang sakit.

3. Berikan Makanan yg Bergizi
Burung perkutut bis,a diberikan kuliner burung berprotein tinggi dari pabrik maupun kuliner yg diracik sendiri. Makanan racikan biasanya terdiri dari adonan jewawut, milet, dan biji godem. Selain itu, adonan lain yg sering dipakai yaitu tumbukan beras merah, ketan hitam, dan jagung.

4. Berikan Vitamin
Berikan multivitamin kepada burung perkutut semoga hormon testosteronnya meningkat. Jika hormon testosteronnya meningkat, burung akan semakin gacor, mempunyai daya tahan tubuh yg kuat, dan tahan mental ketika dipertandingkan.

5. Berikan Jamu Khusus atau Makanan Tambahan
Agar kualitas burung perkutut semakin prima, burung perkutut perlu diberikan jamu khusus atau kuliner tambahan. Jamu khusus ada yg dibentuk oleh pabrik, sedangkan kuliner embel-embel sanggup berupa kroto atau ulat hongkong.

6. Buat Suasana Ramah dan Nyaman di Sekitar Sangkar
Suasana sekitar sangkar yg ramah dan nyaman sanggup memengaruhi kualitas fisik dan bunyi burung perkutut.

Ciri-tanda dan Karakter Burung Perkutut Lomba Yang Bagus

Bentuk Kepala
Yang pertama burung perkutut lomba mempunyai tanda khas pada bentuk pada belahan kepala burung perkutut. Pada bentuk kepala perkutut yg bakalan ataupun piyikan yg paling cantik kemudian untuk maju dalam lomba yaitu perkutut yg mempunyai bentuk kepala yg lonjong. Dan bentuknya hampir menyerupai sama menyerupai bentuk buah pinang yg masih keadaan muda.

Untuk belahan matanya terlihat indah, jernih dan juga mempunyai aura yg sangat cerah yg mengkilau. Untuk belahan mata dalam, terutama belahan titik mata berwarna hitam, tampak menonjol besar. Tak hanya itu saja, pada belahan paruh burung itu tampak sangat tebal akan tetapi tidak terlalu panjang.

Terutama untuk belahan hidung, tampak menonjol ke depan dan lubang pada belahan hidung yg sudah di tutupi oleh bulu.

Bagian Leher Perkutut
Pada belahan leher untuk burung perkutut yg cantik untuk maju dalam kontes punya tanda yg panjang dan juga tegak lurus ke depan. Kemudian sanggup mengangkat belahan kepalnya.

Dan untuk belahan bawah leher, terutama di kantong bunyi yg tampak mengembung dengan sedikit menonjol.
 
Bagian Badan Perkutut
Perkutut lomba yg cantik punya belahan dada yg relatif bidang dan juga bentuk tubuh kurus akan tetapi atletis. Pada belahan belakang punggung terlihat sedikit membungkuk.

Khusus untuk belahan sayap burung perkutut, mempunyai bulu yg relatif panjang indah dan juga sedikit mengkilau.

Jika burung perkutut anda mempunyai tanda menyerupai ini, maka burung perkutut anda layak dijadikan burung lomba.

Bagian Kaki Perkutut
Pada belahan kakinya tampak kuat dan juga kokoh, pada waktu bangun atau pada ketika melsayakan kuda-kuda, kakinya akan tampak tegap.

Dan juga terlihat mantap dan pada belahan tulang paha yg relatif lebih rapat. Untuk belahan jarinya panjang, bentuk sisiknya kasar.

Akan tetapi semua sisik tersebut bila kita lihat akan tampak rapi dan juga belahan terahir sisik kaki akan tampak sedikit besar dari pada sisik yg lainya.

Tak hanya itu saja, burung perkutut lomba yg cantik punya warna sisik kaki yg lebih banyak didominasi hitam sedikit kemerahan sedikit. Dan untuk belahan telapak kaki, ada sedikit warna putih.

Bagian Supit Dan Ekor Perkutut

Selain tanda di atas, pada belahan supit dan ekor perkutut tandanya juga menentukan dari kualitas burung itu. Burung perkutut lomba yg bagus, pada umumnya mempunyai bentuk supit yg tidak begitu rapat.

Bagian supit sedikit renggang dan juga punya kelenturan tidak keras. Kemudian untuk belahan Ekor perkutut yg cantik sanggup kita amati dengan tanda bulu ekor yg panjang dan menumpuk.

Dan belahan ujung perkutut tampak lebih kecil. Dan pada belahan brutu ataupun belahan pantat burung perkutut yg besar, dan sedikit runcing yg menonjol ke depan..

Mengenal Suara Khas Perkutut

Suara Depan

Suara belahan depan dari burung perkutut banyak macamnya. Tapi yg penting yaitu harus narik, panjang dan bersih. Kalau bis,a hindarilah bunyi depan yg pendek. Misalnya menyerupai klau, kleoo, wauu. Dan anda harus menghindari bunyi depan yg kotor dan juga gembos. Kemudian untuk burung perkutut yg usianya masih muda atau piyik, bunyi belahan depan memang pada umumnya belum bis,a narik.
Jika berminat untuk Download MP3 Suara Burung Perkutut Berbagai Jenis, SILAKAN KLIK DISINI 
Kemudian bila narik pun hanya bis,a sesekali saja. Sehingga untuk burung perkutut yg masih muda, sanggup anda abaikan saja. Yang terpenting yaitu dengan dengarkan suaranya. Apabila terdengar cukup kering dan juga tebal biasanya nanti akan sanggup narik depannya. Hindarilah membeli perkutut anakan yg suaranya terlalu berair dan tipis.

Suara Tengah

Untuk bunyi tengahnya yg baik yaitu yg lengkap, terang kemudian juga bertekanan. Setiap ketukannya akan terdengar senggang dan juga berirama. Hindarilah bunyi tengah yg terdengar menyerupai mengambang dan juga terdegar rapat.

Suara Ujung

Untuk bunyi kicauan ujung burung perkutut lomba yg tepat yaitu yg bulat, panjang dan juga mengalun dan terdengar menyerupai ada unsur "ng". Hindarilah bunyi kicauan ujung perkutut yg menyerupai ngerem mendadak kemudian juga pendek (kuk) dan hindarilah kicauan yg noklak (klaak). Suara atau kicauan ujung yg baik akan didengar menyerupai kuuung.

Tips Merawat Perkutut Untuk Lomba

Mandikan Setips Teratur

Tips untuk merawat burung perkutut lomba semoga semakin berkualitas yaitu dengan memandikan burung Perkutut dengan tips teratur dan juga rutin.

Pakailah semprotan dengan memakai spray yg lembut ataupun yg halus. Agar hasil yg diperoleh memuaskan, Anda bis,a memanfaatkan air beras dan memakai daun sirih.

Langkahnya antara lain yaitu campur air beras dan juga campur dengan daun sirih. Pakailah untuk memandikan burung Perkutut dengan tips rutin.

Jemur Setiap Hari Penjemuran Burung Perkutut Lomba

Tips supaya bunyi burung perkutut perkutut lomba bis,a juara kemudian yaitu dengan tips menjemur burung Perkutut di tiap hari.

Jangan menjemur burung perkututnya dengan terlalu cukup lama, cukup jemur dari pukul 7 hingga dengan pukul 9 pagi. Hal ini bis,a menyebabkan burung Perkutut tahan dengan panas.

Berikan Makan Yang Cukup

Dalam perawatan burung Perkutut lomba, hal yg begitu penting untuk Anda lsayakan yaitu memberi makanan.

Makanan untuk burung Perkutut antara lain yaitu rumput, biji-bijian dan juga padi-padian. Anda bis,a memperlihatkan kuliner dengan kandungan protein yg cukup tinggi.

Beberapa kuliner yg bis,a Anda berikan untuk burung Perkutut peliharaan atau lomba ini yaitu jagung, beras merah dan juga produk kuliner burung Perkutut buatan dari pabrik.

Sehari sebelum dilombakan burung bis,a diberikan jamu, Katuk, Saga, Vit E, Vit C, Minyak Ikan, Kacang Hijau supaya burung Vit keadaannya.

Berikanlah kuliner extra fooding, contohnya menyerupai Godem, Ketan Hitam, Ketan Hitam, dan juga Jewawut Bali supaya burung keesokan hari akan merasa hangat dan juga mau kerja.
Sesudah pertolongan jamu burung sebaiknya dijemur secukup usang tiga Jam kemudian air minum dikosongkan.
Sesudah penjemuaran burung di istirahatkan dan sehabis 1 jam kemudian gres burung diberi minum.

Tambahan Info, Manfaat Daging Perkutut
Perkutut yg tidak produktif lagi dalam arti sudah tua, bunyi kirang cantik dan lain-lain bis,a menjadi sumber protein hewani dan ternyata ada beberapa manfaat kesehatan yg bis,a didapatkan dengan mengonsumsi daging perkutut, antara lain:
  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh
  • Menjaga Kesehatan Organ
  • Melancarkan Buang Air Besar
  • Sumber Nutrisi Bagi Tubuh
  • Melancarkan Peredaran Darah
  • Mencegah Serangan Jantung
  • Mengatasi Alergi
  • Obat Gatal
  • Mencegah Lemah Syahwat
  • Makanan Diet
  • Menghaluskan Kulit
  • Meningkatkan Nafsu Makan
  • DLL
Diolah dari banyak sekali sumber: jalaksuren.net, hargaburung.id, wikipedia.org, liputan6.com, dan sumber lainnya.

Macam Dan Jenis Burung Perkutut, Harga Terbaru, Bunyi Sampai Mitosnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29