Friday, March 13, 2020

Burung Perkutut, Bunyi Gung Nya Khas Dan Magis

Suara Burung Perkutut Tetap Menjadi Kelangenan Para Kung Mania, Download Suara Gung Perkutut MP3 Disini!

Burung Perkutut Jantan dan Betina Sepasang
Burung perkutut pernah mengalami masa kejayaan dan masa keemasan pada jaman Old. Burung ini menjadi simbol status dan kedudukan di masyarakat tanah Jawa. Bahkan burung perkutut ini pada jaman baheula sering dihubung-hubungkan dengan kekuatan magis oleh mereka yg menganut kejawen.
Membahas burung perkutut memang tiada matinya, meskipun bermunculan musim burung kicau yg silih berganti dari jenis kenari, pindah ke lovebird, balik ke lovebird lagi, musim burung pleci, prenjak, manyar, kolibri, cendet sampai burung cucak rowo, jalak dan macam-macam burung lainnya, lomba burung perkutut tetap selalu diramaikan para penggemarnya (kung mania)
Hanya saja ketika ini kamagisan burung perkutut sudah mulai ditinggalkan seiring dengan kemajuan dan juga terbukanya wawasan masyarakat. Saat ini, apalagi dikalangan kicaumania yg masih muda, burung ini tidak lebih daripada jenis burung kicauan ibarat jalak, cucak rowo, cendet, pleci, prenjak, kenari, lovebird dan jenis burung kicau lainnya.
Mitos Yang Menyelubungi Perkutut. Dalam dunia burung Perkutut, terdapat istilah katuranggan yg sering diartikan sebagai tanda mathi atau tanda bentuk tubuh tertentu yg bis,a besar lengan berkuasa (baik dan buruk) pada sang pemilik. Intinya, yg memelihara jenis burung Perkutut Bertuah dengan tanda tubuh tertentu, maka kehidupannya tidak akan jauh-jauh dari katuranggan yg dimiliki burung Perkutut tersebut. Dan iman ini sudah semakin pudar ketika ini sehingga perkutut hanya sebatas burung peliharaan biasa dan sebagai hewan kesaygan.
Memang harus disayai bunyi burung perkutut memang khas alasannya yakni ada nada gung nya. Boleh dibilang jenis burung perkutut yakni termasuk "burung klasik" dengan penggemar fanatik yg tetap bertahan sampai ketika ini. Penggemar kicau burung perkutut ini dikenal dengan istilah Kung Mania. Harga burung perkutut juga bertahan, apalagi yg sudah langganan juara harganya bis,a sangat mahal mencapai jutaan rupiah (ratusan juta?).

Ingin Menggunakan Suara Perkutut Untuk Masteran? Download MP3 nya dibawah ini:
Perkutut jawa yakni spesies burung dalam suku Columbidae, dari genus Geopelia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan biji-bijian saja, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan kalau burung ini juga memakan serangga di habitat aslinya. (Wikipedia)
Nama ilmiah: Geopelia striata, Massa: 57 g (Dewasa) Encyclopedia of Life
Tingkatan takson: Spesies,Klasifikasi lebih tinggi: Geopelia Status konservasi: Risiko Rendah (Stabil) Encyclopedia of Life.
Beberapa Istilah Kejawen Dalam Dunia Burung Perkutut
  • Perkutut Kusuma Wicitra: Ciri burung ini mempunyai warna paruh dan sisik kaki keputih-putihan.
  • Perkutut Wisnu Wicitra: Ciri burung ini bulunya berwarna kehitam-hitaman.
  • Perkutut Wisnu Murti: Ciri burung ini mempunyai kaki, mata, dan paruh berwarna hitam.
  • Perkutut Gendawa Sabda: Ciri burung ini bunyi manggungnya keras dan merdu. Perkutut Gendawa Sabda sanggup dipakai untuk memikat Perkutut yg lain.
  • Perkutut Gedong Mengo: Ciri burung ini manggungnya menyongsong terbitnya matahari.
  • Perkutut Mineb Gedong atau Gedong Mineb: Ciri burung ini manggungnya menyertai terbenamnya matahari.
  • Perkutut Mercuci: Ciri burung ini matanya berwarna kuning dan sipit atau wayg bambangan.
  • Perkutut Mercu Jiwa: Ciri burung ini matanya berwarna kuning dan bulu sekitar pantat juga kuning.
  • Perkutut Muncis: Ciri burung ini bentuk badannya kecil memanjang.
  • Perkutut Udan Mas: Ciri burung ini bulunya berwarna coklat muda atau krem, dan bulu yg melingkar berwarna kekuning-kuningan.

Burung Perkutut, Bunyi Gung Nya Khas Dan Magis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29