Tuesday, July 23, 2019

Pakan Fermentasi Gedebok Pisang Untuk Kambing Dan Domba

Fenomena pakan fermentasi masih saja menjadi HOT TOPIK di dunia peternakan kambing domba Indonesia, apalagi dengan gencarnya para marketing obat-obat probiotik yang memperlihatkan dagangannya.

Yang terjadi dikalangan masyarakat khususnya bagi para calon peternak kambing atau para peternak kambing " GALAU " yakni segera merubah haluan arah peternakannya. INTINYA pengen cari praktis, murah semurah-murahnya dan balasannya setinggi-tingginya. Apakah masuk budi ???? akan saya coba jabarkan berdasarkan fatwa saya ya...
Bumbu dan ilmu pengetahuan yang dipaksakan oleh para marketing probiotik ( terlebih yang banyak beredar di vedeo Yutube ) ternyata benar-benar menggoyahkan kepercayaan dan tatanan beternak kambing yang benar, dari yang semula sudah benar dalam pengelolaan bisnis peternakannya kini yang ada yakni " RASA dan KEINGINAN cepat SUKSES dan cepat KAYA " secara instan dari bisnis ternak kambing domba yang dikasih pakan fermentasi gedebok pisang yang minim nutrisi.

Yang tragis lagi adalah, banyak peternak pemula yang sangat tergiur oleh kehebohan obat probiotik dan menyebabkan gedebok pisang menjadi sumber pakan utama, tanpa memperhatikan komposisi keseimbangan pakan yang bahwasanya dibutuhkan oleh kambing domba.

Stttt...... ada yang lebih tragis lagi lho... disaat 6 bulan berlalu, contoh pakan utama memakai fermentasi gedebok pisang tidak memperlihatkan hasil yang sesuai IMPIAN BESAR, nah... dipastikan peternaknya akan mulai kesulitan untuk menghubungi para marketing yang mempromosikan penggunaan obat probiotik tadi... xixixi ya.. menyerupai itulah yang terjadi... lha.. si marketingnya kan cari target gres lagi... dan mulai menghindari problem dari para peternak yang komplain.

Kenapa kambing dan domba saya tidak saya kasih makan pakan fermentasi gedebok pisang ? ini jawaban versi saya, supaya masuk budi Anda sekalian.
  1. Dari zaman nenek moyang, yang namanya pakan kambing yakni pakan hijauan dan turunannya bahkan dari zaman nabi hingga sekarang, jenis binatang ini tidak punah, salah satu faktornya niscaya yakni pakan yang bernutrisi tinggi dan pengelolaan ternak yang benar. 
  2. Gedebok pisang yakni material pakan yang minim nutrisi dibandingkan pakan hijauan, untuk PK gedebok pisang hanya 3%, sedangkan daun pisang yakni 14%, lebih tinggi dan bernutri daun pisangnya kan ???. Kalau gedebok pisang tinggi nutrisi, boro-boro ada orang jualan pisang goreng, bayi kita makan pisang, alasannya apa... batang pisang gres numbuh saja sudah ludes digunakan buat pakan kambing, itu salah satu bukti peternak zaman dulu saja pinter-pinter kok dan sangat paham kebutuhan nutrisi untuk ternak kambing domba nya, lha masak kita yang sudah dekat dengan ilmu pengetahuan malah mau kalah akil dengan nenek moyang kita.
  3. Obat probiotik yang banyak ditawarkan bukanlah " OBAT AJAIB " yang sanggup merubah materi baku minim nutrisi menjadi pakan tinggi nutrisi, obatnya tidak salah, namun informasi yang diberikan yang salah kaprah. Menurut saya, di dunia manusia, yang namanya obat probiotik yakni semacam ( maaf sebut brand ) Yakult. Ya.. fungsinya membantu proses pencernaan, bukan OBAT AJAIB yang merubah makanan rendah nutrisi jadi full nutrisi.
  4. Kualitas daging kambingnya niscaya akan jelek, budi saja... kambing dikasih makan seadanya kok disuruh punya kualitas daging super... apakah masuk budi ????? apakah di Eropa, Australia, Asia selatan para peternak kambing kasih makan gedebok pisang ??? saya belum pernah lihat video peternak disana kasih makan rendah nutrisi, mau bukti ??? silahkan lihat aneka macam video peternakan kambing domba luar negri di Youtube.
  5. Kualitas daging buruk usang kelamaan akan diketahui oleh customer, ancaman sekali jikalau ketika acara santunan pakan fermentasi gedebok pisang diketahui public, maka pelan tapi niscaya customer akan pergi, mereka akan lebih menentukan daging berkualitas yang berasal dari nutrisi pakan hijauan daripada daging yang diproduksi dari gedebok pisang.Kesehatan yakni INVESTASI MAHAL.
  6. Apabila untuk breeding, maka kualitas anak kambingnya akan jelek, logikanya yakni ketika indukan makan pakan rendah nutrisi maka TIDAK MUNGKIN si induk akan memproduksi susu berkualitas tinggi untuk cempenya, efeknya... ketika nutrisi yang didapat sang induk buruk maka cempenya ya buruk kualitasnya. Kemudian alasannya contoh pikirnya sudah IRIT - NGIRIT - SUPER HEMAT - SUPER PELIT - SUPER KIKIR maka para peternak pun akan enggan mengawinkan indukan-indukannya dengan kambing pejantan yang memiliki DNA bagus, alkasil yang terjadi yakni Inbreeding, bapaknya dikawinkan sama anaknya, cucunya dikawinin ama kakeknya... keturunannya usang kelamaan cuma sebesar binatang kancil xixixi
  7. Satu hal paling sederhana.. coba anda bawa keluar kambing anda, lepas atau tambatkan di dekat pohon pisang, kemudian ambil 1 daun pisang dan anda amati, yang dimakan oleh kambing apakah daun pisang atau batang pisangnya alias gedebok pisang ? sebodoh-bodohnya seekor kambing tapi saya jamin si kambing 99% akan memakan daun pisang, dan tidak memakan gedebok pisang. Kambing saja pinter milih pakan yang berkualitas buat dia.. pemiliknya kok malah mengalami kemunduran contoh pikir...
  8. Satu lagi... dalam dunia pertanian ada yang namanya kultur jaringan, pengembang biakan aneka macam tanaman dengan sistem jaringan, nahhh... jikalau gedebok pisang memang bernutrisi tinggi niscaya sudah banyak pelaku perjuangan kultur jaringan yang membuat pohon pisang sebesar dan setinggi pohon kelapa, tujuannya untuk diambil batangnya, namun apa yang terjadi ? TERNYATA para pelaku kultur jaringan membuatkan beraneka ragam pohon pisang yang sanggup menghasilkan buah pisang dengan nilai hemat tinggi.Ingat yang dikejar yakni buah pisangnya bukan batang pisangnya.
  9. Pernah melihat kontes kambing ??? kontes kambing peranakan etawa Kaligesing, kontes kambing etawa Senduro, atau kontes domba Garut .... nah jikalau ada event lomba silahkan hadir dan aktiv bertanya kepada para penerima lomba, APAKAH ADA YANG DIKASIH PAKAN UTAMA GEDEBOK PISANG ??? saya yakin.... hampir dipastikan TIDAK ADA. Para peternak kawakan sudah paham sepaham-pahamnya, untuk menunjuang NILAI EKONOMIS kambing dombanya maka mereka niscaya akan mengatakan aneka macam jenis varian pakan yang tinggi nutrisi.
  10. " Bukankah metode pakan fermentasi gedebok pisang sangat membantu para peternak pemula ? " , Terlihat memang metode pakan fermentasi gedebok pisang memang menjadi SOLUSI JITU peternak pemula, namun bahwasanya ini yakni PERMAINAN IKLAN segelintir orang. Menjadi peternak yang benar itu memang tidak sanggup instan, serius... tidak sanggup instan. Ada persiapan panjang yang dibutuhkan sebagai syarat utama. Ilmu BENAR, varian pakan yang BENAR, bentuk sangkar yang BENAR dan berestetika, kambing domba yang BENAR. Apabila contoh dan urutannya diubah maka contoh bisnis ternaknya niscaya berantakan.
  11. " Bagaimana kandungan nutrisi fermentasi gedebok pisang jikalau dibandingkan dengan sayuran dan buah reject dari limbah tukang sayur dan buah di pasar ? " Nah ini menarik, di setiap pasar niscaya ada tukang sayur dan buah yang menjual beraneka ragam jenis sayuran, niscaya ada yang reject, mulai dari sayur kol, buncis, worter, buncis, timun, kulit jagung, pepaya, jambu biji, dll. Berbagai sayur dan buah reject ini sanggup dikumpulkan secara gratis, dan hanya diharapkan pengolahan sederhana saja mulai dari pemilihan bab yang masih bs digunakan sebagai pakan, pengolahan dng cara dicuci higienis di air mengalir, kemudian gres diberikan kepada kambing domba. Berbagai limbah sayur buah yang sudah diolah ini INI SANGAT bergizi tinggi dibandingkan dengan pakan fermentasi gedebok pisang.
  12. Sesekali silahkan main ke Fakultas Peternakan di kota Anda, nah silahkan ditanyakan apakah ada kajian atau penelitian khusus yang balasannya secara akademis memperlihatkan bahwa nutrisi pakan fermentasi gedebok pisang lebih tinggi dari pakan hijauan ? hehehe... simple kan ?? . 
    Beberapa analisa di atas, hanya analisa sederhana saja, yang pada intinya, supaya ada citra terperinci dan ilmu pengetahuan yang benar yang disebarkan di kalangan peternak kambing domba di Indonesia.

    Sebagai informasi tambahan, nah dibawah ini yakni beberapa jenis pakan hijauan berkualitas, tinggi nutrisi, gampang ditanam, gampang dibudidayakan dan kambing domba sangat suka :

    Daun Kleresede atau gamal

    Rumput odot
    Rumput gajah
    Tebon jagung

    Kaliandra

    Masih banyak pakan ramban hijauan lainnya menyerupai daun singkong,  mahoni, turi, kelor, sengon, lamtoro, manding, nangka, chery atau talok, mangga, rambutan, indigofera, dll

    Pakan komplemen
    Selain itu ada baiknya peternak kambing domba memanfaatkan potensi tempat masing-masing dalam memenuhi kebutuhan pakan komplemen kambing dombanya, beberapa jenis pakan komplemen yang sanggup melengkapi nutrisi pakan hijauan antara lain :
    1. Rendeng kedelai ( batang dan kulit kacang kedelai yang merupakan materi baku tempe tahu )
    2. Rendeng kacang tanah ( batang dan daunnya )
    3. Kulit ari kedelai, atau tumpi kedelai
    4. Kulit kacang tanah ( digiling )
    5. Ampas tahu
    6. Ampas kecap
    7. Kulit coklat
    8. Klenteng
    9. Onggok ( ampas singkong )
    10. Kulit pisang dari limbah industri selai pisang
    11. Bungkil sawit
    12. Kulit kopi
    13. Bekatul
    14. Dedak kasar
    15. DLL
    Pemanfaatan potensi tempat masing-masing akan sangat membantu dalam melengkapi nutrisi kebutuhan kambing domba. Mari tetap menjadi peternak yang akil dan beternak dengan HATI NURANI buka berdasarkan sifat SERAKAH.

    Sukses selalu




    ( NO MLM )

    Pakan Fermentasi Gedebok Pisang Untuk Kambing Dan Domba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29