Monday, July 29, 2019

Cara Beternak Kambing Yang Benar, Waspada Kekurangan Garam Dan Mineral

Seringkali kita jumpai kambing domba yang mendadak lemas tidak mampu berdiri, terlebih kambing domba betina yg gres saja melahirkan, apa penyebabnya ?

Penyebab utamanya yaitu kekurangan garam mineral, ya hal sepele yang dapat berakibat fatal kalau dibiarkan.

Ada sebagian peternak yang tidak menunjukkan garam mineral untuk ternaknya, salah satu akhir nya yaitu sangkar rusak digerogoti kambing domba.

Bagi kambing domba yang diumbar atau digembalakan mereka memenuhi kebutuhan garam mineralnya di alam jadi mereka sudah dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, berbeda dengan kambing domba yang dikandangkan.

Sebagian peternak menunjukkan garam mineral ke ternaknya bersamaan dengan menunjukkan pakan berair berupa komboran, namun ternyata kita tidak dapat memperkiraka kebutuhan kambing domba semestinya.

Salah satu trik nya yaitu dengan menciptakan alat kentongan ibarat dalam gambar.

Caranya :

Potong 1 ruas bambu, dibentuk ibarat kentongan dan di penggalan bawah digergaji namun tidak tembus hingga lubang tengah dengan alasan supaya nanti garam mineralnya tidak cepat habis.

Garam yang manis digunakan yaitu garam bernafsu ( garam grosok ) , kemudian apabila ingin dilengkapi dengan mineral ternak silahkan beli di toko ternak terdekat.

Garam dan mineral dimasukkan dalam lubang bambu, kemudian ditetesi sedikit air. Kambing domba akan mencium aroma garam dan akan menjilat-jilat kentongan bambu ini.

Mereka akan mencukupi kebutuhan garam mineralnya sesuai kebutuhan badan masing-masing kambing domba.

Silahkan mencoba..

Sukses selalu untuk semua peternak kambing domba di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin serius menekuni perjuangan peternakan kambing domba, silahkan dapat ijut training kami selama 1 hari, keterangannya bs dilihat di postingan kami sebelumnya.

Cara Beternak Kambing Yang Benar, Waspada Kekurangan Garam Dan Mineral Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29