Tuesday, July 30, 2019

Fermentasi Pakan Komplemen Untuk Kambing Dan Domba

Pakan fermentasi kambing dan domba.... wowwww... memang beberapa dikala kemudian menciptakan heboh banyak peternak kambing domba. FAKTA ... banyak peternak kambing domba yang gres memulai eksklusif gelap mata dan jadinya TERJEBAK RAYUAN para penjual obat-obatan ternak dan... alhasil yang mereka bikin yaitu pakan fermentasi rendah nutrisi, pola fermentasi gedebok pisang dan jerami padi.

Kami  dahulu mengalami SALAH TOTAL... salah kaprah...dalam beternak kambing domba, dampak dari jawaban iklan tukang obat alasannya yang terang LEBIH BESAR SERAKAHNYA daripada AKAL SEHAT nya.

Saatnya berubah... saatnya memakai nalar sehat dan hati yang jernih untuk mengelola peternakan kambing domba kita, saatnya mencari ilmu yang benar, mentor yang benar sehingga acara peternakan yang kita jalankan benar-benar menghasilkan manfaat.

Secara alamiah, pakan utama kambing yaitu jenis dedaunan, dan pakan utama domba yaitu jenis rerumputan, namun ternyata disekeliling kita banyak sekali limbah pertanian atau limbah industri rumah tangga yang tinggi nutrisi dan sanggup difungsikan sebagai pakan tambahan kambing domba kita.

Limbah pertanian dan industri rumah tangga apa saja yang sanggup dipakai dan mempunyai nutrisi tinggi sebagai suplemen pakan utama kambing domba ?
  1. Ampas tahu ( limbah industri tahu )
  2. Ampas kedelai & air kedelai ( limbah industri pembuatan tempe )
  3. Ampas singkong atau onggok ( limbah industri tapioka )
  4. Bekatul ( limbah industri penggilingan padi )
  5. Rendeng kangkung ( flora kangkung yang dikeringkan dan digiling kecil-kecil )
  6. Rendeng kedelai ( pohon kedelai berikut kulit kedelai yang digiling )
  7. Rendeng kacang hijau ( kulit kacang hijau kering )
  8. Rendeng kacang tanah ( limbah pertanian flora kacang tanah )
  9. Kulit kacang hijau segar ( limbah dari penjual kacang hijau di pasar )
  10. Polar brand
  11. Kulit ari jagung
  12. Tebon jagung ( pohon jagung )
  13. Bungkil sawit
  14. Bungkil kopra
  15. Bungkil coklat
  16. Gaplek ( singkong yang dijemur kering )
  17. Ubi jalar 
  18. Kulit kacang edamame
  19. Sumber pakan diatas mempunyai kadar protein kering diatas 12%, sedangkan gedebok pisang dan jerami padi hanya mempunyai PK 3% saja
Kemudian aneka macam sumber pakan tambahan di atas ditambah dengan beberapa item produk :
  1. Probiotik ( apa saja brand nya )
  2. Molases atau tetes tebu, jikalau tidak ada diganti dengan gula jawa
  3. Garam grosok ( garam berangasan )
  4. Mineral ternak
  5. Tong plastik atau kolam silo yang dilengkapi dengan plastik 
  6. Ember
Berikut ini cara simple pengaplikasiannya :
  1. Kumpulkan dahulu aneka macam sumber pakan tambahan di atas yang ada di sekitar anda, pada dasarnya JANGAN mengadakan materi pakan tambahan yang letaknya jauh dari sangkar anda, alasannya nanti malah boros biaya kirim, maksimalkan saja sumber pakan tambahan yang ada di sekitar anda
  2. Siapkan bantalan untuk mencampur aneka macam materi diatas
  3. Tuangkan probiotik brand apapun kedalam air dalam baskom bersamaan dengan tetes dan dan diaduk guna memperbanyak mikroorganisme yang berada dalam probiotik, cara mengetes apabila probiotik tadi sudah berkembang adalah, selupkan tangan anda kedalam air gabungan tadi dan apabila di permukaan tangan anda berasa menyerupai ada semut yang berjalan, berarti tandanya probiotik sudah sanggup berkembang
  4. Usahakan ada perimbangan antara, karbohidrat, protein dan serat dalam komposisi pakan tambahan yang akan dibuat, contohnya ada onggok ampas singkong, kemudian ampas tahu dan ada rendeng kangkung.
  5. Taburkan garam grosok dan mineral ternak ke dalam materi yang akan dicampurkan dan setiap lapisan setinggi 20 cm disiram air probiotik yang sudah disiapkan
  6. Apabila sudah semua materi diaplikasikan, pastikan semua materi terkena air probiotik
  7. Masukkan segera bahan-bahan tersebut kedalam tong penyimpanan dan pastikan isi nya padat.
  8. Tongnya wajib ada besi klem nya sehingga materi yang tadi difermentasi sanggup sangat rapat alias kedap udara.
  9. Masa waktu fermentasi yang ideal yaitu 21 hari, ini sesuai instruksi dari para akademisi
  10. Jumlah pakan tambahan tiap ekor kambing domba yaitu 0.5 kg dihitung dari berat badannya
  11. Metode proteksi pakannya diadaptasi dengan kebiasaan farm masing-masing.
  12. Pakan tambahan disarankan diberikan pada pagi hari, sehingga akan mengurangi resiko kambing domba akan keracunan atau kembing dari dampak pakan utama

Proses fermentasi ini sifatnya yaitu MENGAWETKAN aneka macam materi pakan tambahan tadi, alasannya beberapa limbah industri sifatnya yaitu lembap dan cepat busuk, menyerupai ampas tahu, ampas kedelai, onggok singkong. Apabila proses pengawetan ini tidak menemui hambatan maka pakan fermentasi tadi sanggup bertahan dalam waktu diatas 6 bulan.

Dengan dicampurnya aneka macam materi dasar pakan tambahan tadi maka, nutrisi yang ada dalam pakan tambahan tersebut akan semakin sempurna, alasannya saling melengkapi.


Untuk gosip lebih lanjut mengenai aneka macam pakan pokok maupun pakan tambahan kambing domba, sanggup ada dapatkan dalam pembinaan ternak kambing domba yang kami adakan, silahkan sanggup kunjungi blog kami di :

www.PelatihanTernakkambingDomba.com

Baca Arikel Manarik Lainnya Dibawah ini :

Pakan Kambing Domba Dari Gedebok Pisang

Fermentasi Pakan Komplemen Untuk Kambing Dan Domba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29