Thursday, June 27, 2019

Trik Dan Tips Membeli Serta Merawat Domba Merino

Trik dan Tips Membeli Serta Merawat Domba Merino


Sekedar ingin menyebarkan pengalaman saja mengenai trik bagaimana membeli domba merino dan perawatan awal di tempat gres sehabis dibeli..

Domba merino di Indonesia lebih banyak didominasi berasal dari kawasan Banjar ( Batur ) sampai Wonosobo, Jawa tengah.. kawasan ini identik dengan cuaca sejuk bahkan cenderung cuek sebab wilayahnya tinggi...
Nah.. diwilayah Batur dan Wonosobo, domba ini menyebar ke penjuru Indonesia terlebih semenjak maraknya penjualan via online..

Banyak peternak gres yang sangat ingin mengambil pribadi domba merino dari sana, dengan alasan lebih murah, lebih lucu, orisinil dan sebagainya..

Posisi kandangnya di kawasan persawahan alias dataran rendah kota Jogja yang tentu saja suhu udaranya beda jauh dengan Batur dan Wonosobo, dan sebab minat untuk ternak domba merino sangat besar, maka ambillah saya dari kawasan asal.

Alhasil dengan minat dan nafsu yang sangat besar dan kenyataannya ilmu yang belum cukup.. domba merino yang saya beli bermasalah semua...

Mulai dari sakit mata, pilek, ngak mau makan, kembung, stressnya ngak sembuh-sembuh , dan cenderung liar alhasil perlahan domba merino yang saya beli tumbang satu persatu...

Ya.... Tumbang alias KO dan lebih banyak yang mati, yang bertahan hidup pun.. mirip mati segan hidup pun sulit..

****

Setelah usang menganalisa, diskusi dengan banyak pihak, alhasil ketemu akar masalahnya yaitu :

1 . Perbedaan suhu udara sangat mempengaruhi domba merino nya, dari asalnya super dingin, pindah ke sangkar saya yang cenderung gerah alias panas.

Yah mirip kata orang eskimo yang terbiasa hidup dalam keadaan super dingun kemudian disuruh pindah ke Dubai yang panas... Hehehhe

2 . Perbedaan pakan pokok yang berubah drastis, di tempat asalnya kebanyakan makan rumput segar dan limbah sayur mirip wortel sortiran, pohon wortel dll, pindah ke kawasan lain... 

Makannya berubah total, ya sangat butuh waktu untuk penyesuaian, artinya berat tubuh akan menyusuuuuttt sebab stress dengan sajian makannya yang ngak mirip biasanya

3 . Pola jam makan, nah... Seringnya pembeli merino tidak bertanya mengenai jam makan sebelumnya... Dan dikala ganti sangkar otomatis merubah jam makan... Tentu saja butuh usaha si merino nya untuk menyesuaikan jam makan..

4 . Bentuk dan contoh sangkar sebelumnya dan sangkar gres tentu saja banyak perubahan... Nah ini juga mempengaruhi kenyamanan merino.

Apalagi banyak peternak yang menciptakan lantai sangkar alakadarnya sehingga dikala dimasuki domba merino pribadi lantai sangkar pada patah

Untuk ketinggian wadah pakan juga masih banyak yang salah pengaturannya, idealnya dibentuk wadah pakan ketinggian rendah namun seringkali kita jumpai wadah pakannya ketinggian sehingga merinonya susah bila ingin makan.

Bahan material atap sangkar dan sirkulasi udara sangkar juga sangat berpengaruh.

5. Perlakuan dikala proses penjualan dan pengiriman, nah ini hal yang sangat sering diabaikan mengenai kenyamanannya oleh pihak penjual maupun pembeli.. 

Ada beberapa penjual yang memperlakukan merinonya asal-asalan contohnya menarik tali lehernya terlalu kuat, posisi tali lehernya malah mencekik leher, cara menaikkan ke kendaraan beroda empat asal jambak bulu, atau malah menaruh merino di pasar binatang di tempat yang tidak nyaman.. 

Ini merupakan momet yang menciptakan down mental domba merino, beliau akan cenderung mengembek, banyak kencing dan serpihan sebagai cirikhas bila stress

6 . Perlakuan SOP kedatangan dari pihak pembeli yang belum tepat, ini juga sangat mempengaruhi kondisi kesehatan awal merino di sangkar baru..

Idealnya begitu datang, dikasih obat mata, suntik benalu luar, kasih obat cacing dalam, kasih suntik vitamin ADE dan beberapa hari kemudian bulu di cukur..

Begitu SOP kedatangan awal ini diabaikan.. maka tanpa diminta, penirunan kondisi merinonya akan segera terjadi.. maka dari itu SOP kedatangan awal sangat penting diperhatikan.

****

Kesimpulan dari pengalaman saya selama ini adalah 

1 . Beternak domba merino itu mudah, asalkan sebelum.membeli.domba merino, kita dapat sesuaikan terlebih dahulu banyak hal sesuai uraian di atas.

2 . Membeli domba merino yang sudah dikembangkan di kawasan panas lebih gampang perawatan awalnya sebab sudah terbiasa dengan suhu udara maupun jenis pakan baru.
Dari sangkar awal yang panas akan gampang pembiasaan bila pindah ke kawasan panas, atau bila pindah ke kawasan cuek pun akan gampang menyesuaikan.

3 . Beli merino tidak terburu nafsu, harus diperhatikan mengenai stock pakan nya terlebih dahulu
Terimakasih, biar bermanfaat.


Trik Dan Tips Membeli Serta Merawat Domba Merino Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29