Sunday, June 2, 2019

Pemberian Pakan Ternak Domba Yang Terbaik Untu Penggemukan

Hewan ternak yang menerima cukup pakan setiap harinya akan cepat mengalami kenaikan bobot dan menjadi gemuk sehingga pada dikala panen bobot binatang ternak menjadi ibarat yang diharapkan. 

domba sedang makan

Perlu diketahui bahwa, donasi pakan merupakan faktor yang penting yang berperan  untuk meningkatkan bobot binatang ternak.  Domba yang berasal dari jenis unggul belum tentu akan memperlihatkan kenaikan bobot yang maksimal apabila jenis pakan dan cara donasi pakan salah. Hal yang pertama yang harus diperhatikan ialah jenis pakan yang dipakai terdapat tiga macam jenis pakan untuk domba yaitu,
  • Pakan Hijauan
Jumlah pakan hijauan yang diberikan sebaiknya sekitar 10% dari berat tubuh domba atau sekitar 4,5—5 kg/ekor/hari. Pakan hijauan diberikan bertahap sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Hal ini bertujuannya ialah semoga zat yang terkandung dalam hijauan sanggup terserap oleh tubuh domba sekaligus memberi kesempatan pada domba untuk beristirahat dan memamah biak.
  • Pakan Kering
Pakan Kering cenderung gampang didapat dan berasal dari materi sisa ibarat ampas tahu, ampas singkong, ampas kedelai, kulit kacang hijau, beketul, dan konsentrat. Pakan ini diberikan untuk menambah nutrisi bagi domba dan juga sebagai aksesori pakan hijauan.
  • Air dan Garam
Pemberian air sebaiknya selalu tersedia terus selama 24 jam sebab domba membutuhkan air yang banyak. Selain itu donasi garam juga dibutuhkan sebagai sumber mineral bagi domba. Garam sebaiknya diberikan sebanyak 7 g/ekor/hari kalau tidak sanggup dengan menyediakan garam bata pada setiap ruang sangkar yang ditaruh pada kotak kecil sehingga kandungan NaCl sanggup terpenuhi dengan menjilati garam bata. 

Hal yang diperhatikan selanjutnya ialah mengenai contoh donasi pakan. Pola ini dibutuhkan untuk menggabungkan antara pemberi pakan hijauan dan pakan tambahan. Pola makan 2 kali sehari yaitu dengan donasi pakan tambahan pada pagi dan siang hari kemudian sore harinya donasi pakan hijauan sebagai serat. Pola makan 3 kali sehari dilakukan pada jam 8-9 pagi untuk pakan tambahan, jam 3 sore donasi pakan hijauan, dan pada jam 8 malam kembali diberi pakan hijauan. Pola yang terakhir ialah contoh peberian pakan 4 kali sehari dengan contoh pada dikala pagi donasi pakan tambahan, siang donasi pakan hijauan, jam 4 diberi makan tambahan, dan pada malam hari diberi pakan hijauan lagi. Semakin banyak contoh donasi pakan porsi makan yang diberikan juga semakin sedikit tujuannya untuk memberi waktu bagi domba memamah biak.  Setelah itu hal terakhir yang perlu diperhatikan ialah metode donasi pakan kalau metode yang dipakai salah maka donasi pakan akan menjadi tidak maksimal.
  1. Pemberian pakan kering ibarat konsentrat dan bekatul sebaiknya diberikan secara terpisah.
  2. Pemberian pakan hijauan dalam keadaan sudah tercacah menjadi kecil-kecil sebelum diberikan kepada domba tujuannya untuk mempercepat proses pencernaan pada perut domba.
  3. Pakan komboran atau pakan lembap dicampur dengan pakan kering dan diberi air akan pakannya menjadi basah.
  4. Pakan hijauan dan pakan kering sanggup dicampur secara tolong-menolong sebelum diberikan kepada domba.
Demikian cara donasi pakan terbaik untuk penggemukan domba. Intinya ialah dengan donasi secara rutin dan dengan contoh yang teratur setiap hari maka domba akan mengalami kenaikan bobot sesuai dengan yang diharapkan. 

sumber http://angon.id/cara-pemberian-pakan-terbaik-dalam-menggemukkan-domba/

Pemberian Pakan Ternak Domba Yang Terbaik Untu Penggemukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29