Saturday, June 1, 2019

Menentukan Usia Kambing Dan Domba Dengan Mudah

kita sanggup memilih umur domba hanya dengan melihat susunan giginya. Susunan gigi domba maupun kambing biasanya tumbuh secara teratur dimulai dari gigi susu lalu gigi tetap. Nah, dengan melihat pada susunan gigi inilah biasanya peternak sanggup memilih usia kambing maupun  domba. dengan mengetahi usia ternak, maka kita sebagai  peternak sanggup membedakan kapan  ternak kambing atau  domba siap panen atau memasuki masa kawin.
 

kita sanggup memilih umur domba  hanya dengan melihat susunan giginya memilih usia kambing dan domba dengan mudah
ternak kambing dan domba

 Lalu bagaimana cara membedakan usia domba dengan melihat susunan giginya? Pola menyerupai apa yang sanggup kita amati untuk mengetahuinya?
Perlu diketahui pergantian gigi domba atau kambing  waktunya teratur artinya setiap domba mengalami waktu pergantian gigi yang tidak jauh berbeda satu sama lain. Domba atau kambing yang gres saja lahir biasanya gigi susunya sudah tumbuh  seiring dengan bertambahnya usia gigi susu akan tanggal dan diganti dengan gigi tetap. Pergantian gigi pada domba pun cukup unik gigi akan tanggal sepasang demi sepasang. Jika dilihat dari waktu pertumbuhannya gigi domba sanggup dibagi menjadi tiga fase yaitu.
  1. Fase yang pertama yaitu fase gigi susu. Jumlah gigi susu sebanyak empat pasang. Gigi ini sudah ada sejak domba lahir hingga berganti dengan gigi tetap.
  2. Fase kedua yaitu bergantinya gigi. Fase ini berlangsung dari awal pergantian hingga pada pergantian selesai.
  3. Fase ketiga merupakan fase keausan pada fase ini gigi tidak akan berganti lagi tetapi sedidkit demi sedikit akan mengalami aus atau tanggal gigi.
Fase di atas merupakan fase pertumbuhan gigi domba. Untuk mengetahui usia domba kita sanggup melihat pada contoh tanggalnya gigi susu pada domba sebagai berikut.
kita sanggup memilih umur domba  hanya dengan melihat susunan giginya memilih usia kambing dan domba dengan mudah
cara memilih umur domba atau kambing dengan mudah

keterangan
  1. Belum ada gigi susu yang tanggal. Perkiraan umur domba < 1 tahun.
  2. Dua gigi susu bab tengah berganti dengan gigi tetap. Umur domba diperkirakan 1-1,5 tahun.
  3. Dua pasang gigi susu bab tengah diganti dengan gigi tetap asumsi umur 1,5-2 tahun.
  4. Tiga pasang gigi susu berganti dengan gigi tetap. Pada tahap ini usia domba sekitar 2,3-3 tahun.
  5. Semua gigi susu berganti dengan gigi tetap. Usia domba sekitar 4 tahun.
  6. Gigi tetap semakin aus lalu tanggal. Pada tahap ini usia domba sudah mencapai usia tua.
Gigi domba yang tanggal secara berurutan dari sinilah kita sanggup memilih berapa umur domba. penentuan umur ini bermanfaat untuk memilih usia produktif domba juga membantu memastikan kapan domba perlu diberi obat dan vitamin.

Menentukan Usia Kambing Dan Domba Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29