Tuesday, May 28, 2019

Teknologi Short Gestation Length Semen Untuk Efisiensi Bisnis Sapi Perah

Teknologi Short Gestation Length Semen Untuk Efisiensi Bisnis Sapi Perah


Teknologi Short Gestation Length Semen Upaya untuk meningkatkan Efisiensi Usaha Peternakan Teknologi Short Gestation Length Semen Upaya untuk meningkatkan Efisiensi Usaha Peternakan Sapi Perah
contoh sapi new Zealand



Usaha peternakan sapi perah supaya menunjukkan hasil produksi maksimal sangat tergantung dari efisiensi reproduksi ternak.
salah satunya tujuan utamanya yaitu supaya sapi perah sanggup mencapai 282 hari periode pemerahan.

Salah satu studi kasus yang aku pernah temui yaitu pada management perkawinan di peternakan sapi perah New Zealand dimana periode perkawinan yang diberikan hanya 12 ahad dalam satu animo bila dalam 12 ahad tersebut terjadi kesalah pendeteksian birahi atau In calf ratenya rendah maka peternakan akan mengalami kerugian yang besar.


Sebagai misalnya :
Jika Satu ternak lepas tidak terdeteksi Birahi dan tidak dikawinkan pada hari tersebut sesudah dihitung maka peternak sama saja akan kehilangan 25 Kg Milk solids dimana pada umumnya satu ternak dalam sehari menghasilkan kurang lebih 1.2 Kg Milk Solids x 21 hari/1 siklus birahi.
 Kerugian yang di sanggup pada harga susu $6/Kg Milk solids sama dengan $150. cukup banyak juga bukan.

In calf Rate

Menghitung performa reproduksi herd peternak memakai 6-week in calf rate. Sebuah metode dengan menghitung keberhasilan IB pada 6 ahad pertama periode perkawinan  prosentase tersebut sebagai indikator bagaimana suatu farm bekerja dengan baik. Jika pada 6 week in calf ratenya anggun diatas 60% manfaatnya adalah

    banyaknya Periode laktasi yang didapat
    banyaknya Keturunan dari hasil IB untuk dikembangbiakan atau di jual
    lebih sedikit kegagalan kebuntingan
    banyak kesempatan untuk meningkatkan qualitas herd yang baik

Dalam Meningkatkan laba yaitu mendapat periode calving yang lebih pendek sehingga akan memperbanyak periode pemerahan. Short Gestation Length Semen sebuah teknologi yang secara selektif akan mengurangi periode kebuntingan sampai 10 hari dan Semen SGL yaitu alternative paling baik untuk menggantikan kawin alami dengan memakai BULLS pada ahad ke 7 sampai 10 sehingga akan mengurangi biaya produksi (Biaya pemeliharan bulls selama 10 hari). Manfaat penggunaan semen SGL Anda:

    Periode calving yang Mampat
    Lebih banyak Milk Days in Milk atau periode Pemerahan – dan lebih banyak keuntungan
    Memberikan waktu cukup banyak untuk ternak di masa pemulihan sesudah masa calving.

    Waktu pemulihan yang lebih usang berarti lebih banyak anak sapi/ Pedet.
    Sapi pasca partus mempunyai lebih banyak waktu untuk pulih, yang meningkatkan peluang keberhasilan pada periode perkawinan selanjutnya. Waktu pemulihan yang lebih usang juga bisa:
    Mengurangi intervensi melahirkan
    Meningkatkan tingkat konsepsi IB
    Lebih menekan biaya produksi
    Memperbaiki kondisi tubuh ternak.

Teknologi Short Gestation Length Semen Untuk Efisiensi Bisnis Sapi Perah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29