Tuesday, February 19, 2019

Perkembangan Sistem Reproduksi Ternak

Perkembangan Sistem Reproduksi

Selama periode embrio materi dasar alat-alat reproduksi baik pada binatang jantan maupun betina sudah dipersiapkan. Didalam embrio muda gonad atau alat kelamin primer berada dalam keadaan indiferen dan hingga pada ketika ini belum ada bukti yang mengatakan apakah individu itu akan membentuk ovarium atau testes. Namun sifat-sifat chromatin sanggup dipakai untuk memilih jenis kelamin jauh sebelum alat-alat reproduksi berdiferensiasi. 

Pada awal periode embrio, gonad sanggup dikenali dengan 2 lipatan yang muncul pada sisi-sisi dinding perut bab dorsal (kira-kira umur 30 hari) yang disebut punggung lipatan kelamin. Dengan berkembangnya embrio terjadi invaginasi di eoitel forum yang membungkus punggung lipatan kelamin dan terbentuklah simpul alat kelamin primer. Di tempat sel forum muncul dalam epitel lembaga. Alat kelamin utama tumbuh dari punggung lipatan kelamin bab tengah, bab anterior dan posterior tumbuh sedikit sekali dan jadinya berdegenerasi. Perbedaan kecepatan perkembangan gonad bab kiri dan kanan, pada bab gonad sebelah kiri dan salurannya  lebih cepat berkembang daripada yang kanan.

Awal Perbedaan Jenis Kelamin
Sesudah alat kelamin netral pada waktu masa embrio, yang jangka waktunya bermacam-macam berdasarkan jenis hewan, mulailah terjadi perubahan yang menetukan perbedaan jenis kelamin. Perubahan ini dibuktikan oleh perbedaan bentuk epitel lembaga, perbedaan pembentukan simpul alat kelamin, perubahan pada stroma khususnya pada pembentukan albuginea, perbedaan jumlah sel kelamin dan perbedaan ketika terbentuknya sel-sel interstisial.

Simpul Kelamin Primer pada Hewan Jantan
Pada testes hanya sepasanng simpul yang berkembang menjadi simpul kelamin primer. Simpul kelamin bertahap memisahkan dari epitel forum tetapi meluas perkembangannya kea rah simpul rete yang terletak akrab dengan susukan wolf. Mula-mula simpul tersebut lurus tetapi bertahap menjadi bekelok-kelok dan jadinya bercabang-cabang dan melebur satu sama lain sehingga membentuk jala terbuka. Sel-sel forum yang akan menjadi spermatogonia, tetap relative sedikit hingga beberapa waktu sehabis waktu kelahiran dan pada beberapa insiden hingga pintar balig. Bersamaan dengan penambahan jumlah sel forum maka simpul kelamin berkembang dengan memebentuk rongga dipusatnya dan menjadi tubuli semineferi.

Simpul Kelamin Sekunder pada Hewan Betina
Pada binatang mamalia betina simpul kelamin sekunder timbul dari epitel forum dan tumbuh ke dalam. Pada umumnya, semenjak ketika munculnya simpul kelamin  sekunder, simpul kelamin primer berhenti tumbuh dan terlihat menyusut dan jadinya menghilang di dalam jaringan ikat di tempat medulla ovarium. Simpul medulla serupa dengan tubuli seminiferi pada jantan. Simpul kelamin sekunder menjadi cortex ovarium, ujung simpul bermetamorfosis sarang sel, tiap sarang terdiri dari sel telur yang besar yang diliputi oleh lapisan sel-sel epitellium.

Saluran Kelamin
Selama tahap indiferen, dua pasang susukan kelamin yang berbeda muncul dalam embrio :
  1. Saluran yang akan menjadi jantan, ialah susukan wolff, tubuli uriniferi yang setingkat dengan tubuh wolff, simpul rete, yang menghubungkan simpul kelamin primer dengan tubuli wolff.
  2. Saluran yang akan menjadi betina ialah susukan muller.
Saluran wolff tumbuh dari penyatuan ujung-ujung distal tubuli pronephros. Ini terjadi pada waktu setiap tubulus membelok ke belakang dan bergabung dengan salah satu susukan di belakangnya, membentuk pembuluh yang eksklusif bekerjasama dengan sinus urogenitalis. Sesudah masa indiferen berakhir, tiap-tiap susukan wolff pada binatang jantan menjadi epididimis dan vasa deferentia. Bagian ujung anterior bergelung dan memiliki dinding yang berurat daging dan ini membentuk epididimis. Bagian tengah dan belakang membentuk vas deferens. Pada binatang betina bab tengah berdegenerasi dan hilang. Bagian anterior yang pendek akan tetap bekerjasama dengan epoophoron dan suatu bab posterior yang pendek menetap di kedua belah sisi vagina sebagai susukan Gartner.

Download File Lengkapnya


Pass : https://wikipeternakan.blogspot.com/

Perkembangan Sistem Reproduksi Ternak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29