Friday, August 21, 2015

Pemilihan Bibit - Budidaya Ayam Kampung Petelur

Kesuksesan sebuah budidaya ternak sangat bergantung dari jenis bibit yang dipilih. Khusus untuk ayam kampung peterlur penulis sangat menganjurkan untuk menentukan jenis ayam KUB. Jenis ini dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian, yang telah diuji dengan standar pemeliharaan yang tepat dan cocok untuk dibudidayakan secaraa komersil. Untuk mempelroleh ayam KUB ini anda bisa menghubungi Litbang Deptang alamat kontaknya bisa dilihat di web resminya.

Kesuksesan sebuah budidaya ternak sangat bergantung dari jenis bibit yang dipilih Pemilihan Bibit - Budidaya Ayam Kampung Petelur

Teknis pemilihan bibit untuk budidaya ayam petelur ialah sebagai berikut:
Bakal Pejantan

  • Pastikan menentukan ayam jantang yang sehat dan sama sekali tidak mempunyai cacat fisik
  • Secara kasat mata sanggup dilihat pergerakannya lincah dan gesit
  • Tampilan fisiknya; tegap, bulu halus dan mengkilap, mata bening, sisik kaki teratur, kaki dan kuku bersih,
  • Terlihat teladan pergerakan yang menawarkan mempunyai nafsu kawin yang tinggi
  • Pilihlah jantan berumur 1- 2,5 tahun, telah mengeluarkan taji
  • Bila kita akan mengawinkan secara Inseminasi Buatan maka pilih pejantang yang tidak mempunyai hubungan darah dengan calon induk betina yang akan di Inseminasi. Dan telah terlatih dalam pengambilan semen.



Bakal Induk 

  • Pilih betina yang sehat dan dari riwayat sangkar yang sehat pula
  • Fisik tepat tanpa cacat sedikitpun
  • Pastikan memuliki produksi yang tinggi, untuk lebih akuratnya beli calon induk betina yang sudah pernah bertelur minimal satu periode.
  • Kisaran umur sektar 7 sampai 8 bulan.
  • Mungkin akan lebih baik jika membeli induk yang sedang bertelur.


Memilih bakal induk ini perlu kehati-hatian yang sangat tinggi, alasannya sering kita jumpai peternak yang kurang berhasil lantaran indukan yang mereka pelihara jarang bertelur bahkan tak bertelur sama sekali. Oleh lantaran penulis lebih menganjurkan semoga kita menentukan induk yang sedang bertelur.

Dalam teladan pemeliharaan budidaya ayam kampung petelur volume perbandingan jantan dan betina yang tepat ialah 1: 6 atau bisa juga 1: 5 dalam artian sekor pejantang yang baik bisa mengawini 6 ekor betina produktif. Perbandingan lebih dari itu kurang dianjurkan lantaran kurang produktif dalam perjuangan budidaya ayam kampung petelur ini.

Kesuksesan sebuah budidaya ternak sangat bergantung dari jenis bibit yang dipilih Pemilihan Bibit - Budidaya Ayam Kampung Petelur

Bila kita memelihara indukan semenjak DOC bisa jadi ada beberapa induk yang majir baik jantan maupun betinanya. Itulah sebabnya kami lebih menganjurkan menentukan bibit yang sudah niscaya bisa berproduksi dengan baik, hal ini jauh akan lebih menghemat biaya daripada harus memelihara ayam semenjak DOC yang rentan terhadap penyakit dan ketidak pastian akan produksi telur. Semoga bermanfaat…

Pemilihan Bibit - Budidaya Ayam Kampung Petelur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29