Sunday, February 1, 2015

Pakan Fermentasi Untuk Ternak Ruminansia

Pada kesempatan ini kita membahas perihal pakan fermentasi khususnya untuk ternak ruminansia. Fermentasi merupakan sebuah proses merubah molekul kompleks menjadi lebih sederhana sehingga lebih gampang dicerna. Ternak ruminansia yakni ternaka yang memamah biak (memiliki rumen ganda) cotohnya menyerupai sapi, kambing, kuda, domba, kerbau dan lain-lain. Pakan utama ternak ini yakni hijauan masakan ternak (HMT), baik itu berupa rumput, limbah pertanian maupun daun pepohonan.

Pada kesempatan ini kita membahas perihal pakan fermentasi khususnya untuk ternak ruminans Pakan fermentasi untuk ternak ruminansia
Struktur hijauan masakan ternak secara umum tersusuk oleh karbon dan kandungan zat masakan utama didalamnya yakni karbohidrat. Serat pada hijauan masakan ternak sangat tinggi sehingga dibutuhkan banyak energy untuk mngubahnya menjadi zat yang dibutuhkan badan ternak. Dalam hal inilah proses fermentasi pakan ternak sangat membantu khususnya bagi ternak potong (pedaging) menyerupai sapi potong, kambing dan kerbau. Proses fermentasi sangat membantu dalam efisiensi perembesan zat masakan pada pakan ternak.

Fermentasi juga mempunyai kegunaan sebagai difesifikasi pakan ternak. Dalam optimalisasi penggemukan sangat diharapkan difersifikasi pakan, hal ini akan membantu pelengkapan zat masakan yang dibutuhkan oleh ternak untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu fermentasi juga sanggup mempunyai kegunaan sebagai stocking pakan, dimana pada ketika pakan melimpah kita sanggup melaksanakan fermentasi dan menyimpannya untuk dipakai pada isu terkini sulit pakan.

Fermentasi pakan ternak tidaklah sulit, alasannya yakni materi yang dibutuhkan juga gampang didapat di pasaran; menyerupai urea, starbio atau sejenisnya, air, dan hijauan. Adapun dosis yang dipakai sanggup dilihat di sini. Proses atau tata cara fermentasi hijauan masakan ternak secara sederhana juga pernah di bahas di sini. Kedua halaman tersebut hanyalah citra secara umum saja, sehingga dalam applikasinya alangkah baiknya anda berkonsultasi kepada penyuluh peternakan yang ada di kawasan anda. Agar mereka ada kerjaan dan tidak hanya makan honor buta.

Beberapa hujauan makan ternak dari limbah pertanian yang cocok difermentasi diantaranya; Jerami, ini sangat melimpah ketika isu terkini panen tiba, batang dan bongkol jagung, sama halnya dengan jerami limbah pertanian yang satu ini juga sangat banyak sepanjang isu terkini khusunya di kawasan pusat pertanian jagung. Kulit kopi dan kakao juga sanggup difermentasi dan dijadikan sebagai pakan ternak sapi, khusus untuk kulit kopi sanggup diberikan secara pribadi pada sapi, kambing dan domba. Demikianlah bahasan singkat perihal fermentasi masakan ternak ruminansia yang sanggup aku gambarkan, biar bermanfaat. Jika ada pertanyaan, saran ataupun kritikan silahkan sampaikan melalui for komentar pada goresan pena ini.

Pakan Fermentasi Untuk Ternak Ruminansia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29