Tuesday, August 20, 2013

Peluang Wirausaha / Bisnis Ternak Ayam

Peluang Wirausaha / Bisnis Ternak Ayam

Secara umum peluang perjuangan di bidang peternakan sangat banyak, selama masih ada orang yang membutuhkan asupan protein hewani maka selama itu juga perjuangan peternakan akan terus berkembang. Ayam merupakan penghasil daging dan telur, keduanya merupakan sumber protein hewani yang baik. Adapun peluang bisnis ternak ayam diantaranya;

  1. Budidaya ayam kampung (pedaging dan petelur)
  2. Ternak broiler
  3. Ras petelur.
1. Peluang perjuangan ternak ayam kampung.
Bisa dikategorikan binatang yang gampang dipelihara, mengingat budidayanya sudah ada semenjak zaman dahulu kala sehingga ilmunya telah umum diketahui masyarakat secara turun temurun. Ada budaya setempat yang selalu menghadiahi pasanagn pengantin gres dengan sepasang ayam kampung dengan pesan semoga binatang ternak tersebut dipelihara (dibudidayakan) sampai sanggup berkembang. Dulu untuk mendapat ukuran 1 Kg kita membutuhkan waktu budidaya sekitar 9 – 12 bulan, tapi berkat kemajuan teknologi pakan dan genetika sanggup dipanen dengan bobot 1 KG pada umur 3 –6 bulan. Varian yang cepat pertumbuhannya sering disebut ayam kampung super. mengingat harganya dikala ini 1/2 dari harga darging per kilo maka sungguh perjuangan ini sanggup dikategorikan sebagai salah satu peluang  bisnis paling menjanjikan.

sama halnya dengan peluang perjuangan beternak sapi, kambing dan itik, perjuangan mengolah hasil sampingan ternak ayam kampung juga ada, salah satunya ialah jual kotoran ayam sebagai pupuk pertanian. Kotoran ayam ini sering disebut pupuk sangkar ayam, dimana harganya lebih tinggi dari pupuk dari kotoran sapi. Kotoran ayam sangat cocok sebagai pupuk dasar sebelum memulai melaksanakan penanaman tumbuhan holtikultura.

Peluang perjuangan pendukung untuk budidaya diantaranya:
  • Jual bibit anak ayam kampung (DOC), untuk menjalankan perjuangan pembibitan ini secara intensif anda akan membutuhkan mesin penetas telur. semoga hasil dari perjuangan pembibitan sanggup diperoleh masimal. Jika anda melaksanakan pembibitan secara konvensional maka alhasil tentu akan sedikit dan hanya sanggup dilakukan secara musiman (pada dikala demam isu bertelur saja).
  • Jual pakan ayam, pakan ayam banyak diproduksi oleh produsen pakan besar menyerupai charoen pokphand, Gold coin, Japfa dan lain sebagainya. untuk menjadi suplayer atau sekedar pedagang pakan ternak anda sanggup menghubungi team marketing dari perusahaan-perusahaan tersebut.
  • Jual peralatan kandang, sama halnya dengan pakan ayam peralatan sangkar ayam juga diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar. adapun jenis peralatan yang diperlukan dalam perjuangan budidaya: daerah pakan, daerah air minum, paralon air minum dan lain sebagainya.
  • Agen atau pengumpul telur. telur ayam kampung merupakan telur mahal dan sangat dicari banyak orang, jadi bial anda menjadi biro pengumpul telur ayam sanggup dipastikan produk yang anda jual akan laku.

2. Peluang Usaha budidaya Broiler.
Dapat dilakukan secara berdikari maupun secara kemitraan. Kelebihan perjuangan budidaya mandiri  anda sanggup secara bebas menjual hasil produksi budidaya ayam tersebut dan harga juga sesuai dengan pasar, kekurangannya pemasaran tidak begitu terjamin. Kelebihan perjuangan ternak ayam broiler secara kemitraan hasil budidaya anda sudah mendapat jaminan harga dan jaminan pemasaran dari pihak inti. Peluang dibidang kemitraan ini terbuka di keduda sisinya, baik peluang menjadi perusahaan inti maupun menjadi plasma pada kemitraan ayam broiler. Untuk menjadi inti anda akan membutuhkan modal yang besar.

3 Peluang perjuangan budidaya ras petelur.
Sebaiknya dilakukan secara mandiri, mengingat undangan akan telur selalu meningkat dari hari ke hari, selain itu bila telur tidak laris maka telur tersebut masih sanggup disimpan selama  3 minggu, jadi resiko kerugian lantaran tidak terjual untuk ternak  petelur sangat kecil. Mungkin dalam benak kita selama ini untuk mendirikan sebuah perjuangan petelur diperlukan modal yang sangat besar, padahal tidak begitu juga kali alasannya besarnya modal yang diperlukan bergantung pada skala perjuangan ternak ayam petelur yang akan anda dirikan. Jika hanya mempunyai modal kecil maka silahkan buka perjuangan skala kecil, dan setiap hasil penjualan telur investasikan untuk meningkatkan skala perjuangan ternak anda.

Secara umum peluang perjuangan di bidang peternakan sangat banyak Peluang Usaha Ternak Ayam
Itulah beberapa peluang-peluang perjuangan yang ada pada ternak ayam yang terlintas di pikiran saya, bila anda mempunyai isu komplemen wacana jenis peluang perjuangan silahkan hubungi author blog ini. Selain itu anda sanggup juga menambahkan jenis agribisnis lainnya di komentar blog ini.

Peluang Wirausaha / Bisnis Ternak Ayam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29