Sunday, June 30, 2013

Ciri-Ciri Indukan Kambing Etawa Yang Baik

Salah satu sub bisnis yang cukup menarik pada budidaya ternak kambing etawa yakni bisnis pembibitan, hal ini mengingat kambing bisa menghasilkan anak 2 kali dalam setahun. Harga bibit juga cukup mahal terutama untuk peranakan etawa, di pasar ternak di kota saya sangat biasa kita lihat seekor anak dijual seharga 400 ribu rupiah, hal ini masuk akal saja bisnis ini memang cukup menjanjikan. Jika kita cukup tertarik untuk mencoba bisnis pembibitan maka sudah selayaknya kita harus mengetahui ciri-ciri calon indukan terbaik, nah berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli bakal induk:

Secara fisik

  1. Postur badan terlihat kompak dengan dada yang dalam dan lebar, perhatikanlah garis punggung serta pinggang jikalau terlihat lurus maka kambing tersebut bisa dijadikan bakal induk.
  2. Perhatikan postur tubuh, mempunyai postur besar (tulang-tulang), postur besar bukan berarti gemuk, dan jangan sekali-kali membeli kambing etawa dara dalam keadaan gemuk alasannya yakni beberapa perkara kita temukan dilapangan kambing gemuk sulit menunjukkan gejala estrus.
  3. Memiliki Kaki lurus serta tumitnya cukup tinggi.
  4. Perhatikan kelengkapan gigi, jikalau gigi kurang maka sudah niscaya proses konsumsi pakan hijauan ternak akan tergangu, Untuk memastikannya cukup perhatikan ketika calon induk makan rumput atau hijauan jiak terlihat lahap dan mempunyai selera manis terhadap hijauan maka kambing etawa tersebut baik, salah satu cara tradisional untuk hal ini dengan melihat postur rahang kemungkinan besar rahang  lebar dan rata antara atas dan bawah yakni ciri kambing yang baik.
  5. Induk mempunyai bentuk ambing simetris antara kiri dan kanan.


Ciri-ciri sifat:
Sifat jinak dan damai merupakan salah satu ciri cikal bakal induk kambing etawa yang baik, jikalau terlihat cukup kasar sebaiknya cari lain, alasannya yakni kambing kasar umumnya kurang baik dalam menyusui anak.

Ciri-ciri genetis

  • Belilah calon indukan kambing dari keturunan kembar (betina-betina) lantaran sifat ini umunya akan menurun, sebaiknya hindari membeli kambing dari keturunan kembar jantan betina (freemartin).
  • Kambing betina yang dilahirkan tunggal juga cukup baik dijadikan calon indukan asalkan kelahiran tunggal dari induk muda.
Salah satu sub bisnis yang cukup menarik pada  Ciri-ciri Indukan Kambing Etawa Yang Baik
Fisik, sifat (tingkah laku) dan genetis harus diperhatikan ketika ingin membeli calon induk, baik pada kambing. Karena ini sangat menyangkut keberhasilan dalam budidaya etawa untuk produksi susu maupun daging. Ketiga hal tersebut rasanya sudah cukup untuk menjadi contoh dalam membeli atau menentukan calon indukan yang akan menghasilkan susu dan daging yang baik. Untuk ciri-ciri pejantan etawa mungkin belum akan kita jelaskan lantaran berdasarkan saya ketika ini pejantan kambing etawa yang baik sudah bisa digantikan dengan inseminasi buatan (artificial insemination) dimana prosesnya lebih mudah dan kualitasnya terjamin.

Ciri-Ciri Indukan Kambing Etawa Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29