Wednesday, June 5, 2013

Cara Beternak Burung Puyuh Dari Hari Kehari

Untuk memudahkan kita semua dalam membudidayakan ternak burung puyuh berikut akan kami buatkan time schedule untuk cara beternak burung puyuh dari hari kehari. Mari mencar ilmu bersama, bila ada kekeliruan dalam goresan pena kami kali ini mohon dikoreksi, kami segera akan memperbaikinya sehingga goresan pena ini nantinya bisa memberi manfaat bagi pembaca, terutama bagi peternak puyuh pemula.

Cara beternak puyuh dari hari ke hari.
Sebelumnya goresan pena ini mengasumsikan bahwa kita semua telah mempunyai kandang puyuh baik yang sederhana sekalipun, dan juga telah mempunyai pakan burung puyuh baik untuk starter, grower, dan layer (puyuh berproduksi).

Hari pertama ternak puyuh; DOQ (day old quail/ anak burung puyu) datang, kita asumsikan akan memelihara 1000 ekor puyuh. Anak puyuh ini harus kita pisah dengan grower ataupun layer, lantaran puyuh mempunyai sifat kanibalistik yang cukup tinggi. Dipelihara di sangkar anakan selama 3 minggu. Pada hari pertama tiba segera beri air gula, cara dukungan cukup mencelupkan paruhya kedalam air gula aren, sehabis itu letakkan dalam sangkar anakan yang berpenghangat. Penghangat cukup dengan lampu pijar 25 watt. Untuk hari pertama ini pakan belum begitu penting untuk DOQ, jadi pakan cukup ditebar sedikit dalam sangkar anakan. Setelah semua anak puyuh masuk sangkar segera turunkan terpal epilog sangkar (usahakan suhu stabil di kisaran 33 – 35 derajat celcius.

Hari kedua – 1 Minggu; Hari kedua di pagi hari periksa suhu kandang, puyuh pada umur ini sudah sanggup beraktivitas dengan baik pada kisaran suhu 31 derajat. Cara mengetahui apakah puyuh kepanasan atau kedinginan cukup sederhana yaitu dengan memperhatikan contoh sikap anak puyuh tersebut, bila banyak mengerumuni lampu pijar dalam sangkar berarti suhu sangkar terlalu dingin, dan sebaliknya bila semuanya menjauh dari bola lampu berarti DOQ kepanasan. Jika menyebar secara merata dalam sangkar berarti suhu sangkar sudah stabil dan cocok. Pada hari ini tingkatkan sedikit dukungan pakan, pakan pelet anak ayam juga bisa dipakai untuk anak puyuh dengan cara menggiling (menghaluskan) terlebih dahulu. Pada hari ke dua ini air minum anak ditambahi dengan vitamin dan antibiotik yang khusus untuk puyuh (tanyakan ke poultry shop).

Jika anak puyuh kepanasan naikkan terpal sedikit, dan bila kedinginan ganti bola lampu dengan wat yang lebih besar atau bisa juga dengan menurunkan bola lampu atau menyempitkan sangkar puyuh anakan dengan sekat. Setiap hari pantau suhu sangkar berdasarkan sikap puyuh sampai umur satu minggu. Pakan tetap diberikan secra menaburkan di lantai sangkar sampai anak puyuh berumur 4 atau 5 hari, air minum bervitamin tetap diberikan. Pada ketika umur puyuh sudah mencapai 5 hari lakukan vaksinasi tetes.

Pada umur delapan hari terpal epilog sangkar sudah bisa dibuka sepenuhnya, dan menutup separo di malam hari, bola lampu tetap dihidupkan sebagai pemanas. Saat ini puyuh sudah bisa memakan pelet seukuran pelet anak ayam. Air minum tetap diberi antibiotik atau vitamin. Pada umur 9 hari perlakuan sama dilakukan dengan puyuh umur 8 hari.

Hari ke sepuluh puyuh sudah bisa dipindahkan ke sangkar grower, ketika ini air minum tidak lagi ditambahi dengan vitamin atau antibiotik. Pakan yang dipakai seukuran pelet untuk anak ayam tanpa harus dihaluskan. Hal ini dilakukan sampai umur puyuh mencapi 14 hari. Adapun kadar dukungan pakan sanggup anda lihat di sini.

Hari ke 15 ternak puyuh pindahkan puyuh ke sangkar layer (puyuh dewasa/ berproduksi), hanya saja di malam hari tetap memakai penerangan sebagai pemanas tambahan. Kontrol sudah bisa dikurangi ketika puyuh berumur 15 hari dan seterusnya, dukungan pakan sanggup anda atur sendiri, namun berdasarkan pendapat saya semakin sering memberi pakan dalam jumlah bertahap lebih baik bila dibandingkan memberi pakan yang banyak sekaligus di daerah pakan, hal ini lantaran dengan memberi pakan yang bertahap pakan akan selalu segar sehingga pakan yang terbuang bisa dikurangi.

Untuk memudahkan kita semua dalam membudidayakan ternak burung puyuh berikut akan kami bua Cara Beternak Burung Puyuh Dari Hari Kehari

Kegiatan tternak puyuh di Hari ke 16 dan seterusnya perawatan sama saja dengan perawatan pada hari ke 15, lakukan dukungan pakan sesuai dengan kebutuhan harian puyuh. Sesekali tambahkan vitamin kedalam air minum puyu, ketika ekspresi dominan penghujan tambahkan sedikit antibiotik. Pada masa umur puyuh sudah mulai bertelur sangat disarankan mengurangi kebisingan, lantaran puyuh praktis stress, dan ketika stress tinggi puyuh bisa berhenti bertelur. Demikian goresan pena garis besar pemeliharaan puyuh dari hari ke hari ini kami buat, bila ada isu perhiasan silahkan tambahkan melalui form komentar untuk kita diskusikan.

Cara Beternak Burung Puyuh Dari Hari Kehari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29