Friday, May 10, 2013

Tingkah Laris Reproduksi Kambing


Pentingnya mengetahui sikap reproduksi kambing bagi peternak sama halnya dengan mengetahui pertolongan pakan yang tepat. Seorang peternak kambing dalam meningkatkan produksi dan populasi haruslah mengawinkan binatang ternak tersebut baik secara inseminasi buatan maupun secara alami. Saat ini ada beberapa semen beku untuk insemiasi seperti, bibit kambing etawa, peranakan etawa dan boer. Dengan mengetahui tingkah laris reproduksi maka peternak akan sanggup mengetahui secara niscaya masa birahi binatang peliharaan.

Gejala reproduksi menyangkut periode estrus dan masa kawin terbaik

Beberapa tingkah laris atau ciri betina sampaumur sedang mengalami birahi antara lain:
  • Kambing mengembek (mengembik) lebih banyak dari biasanya walaupun pakan hijauan makanan ternak tersedia di dekatnya.
  • Terlihat gelisah.
  • Menggesek-gesekkan badannya ke dinding kandang.
  • Vulva membengkak, dalam hal ini hanya si peternak yang sanggup memantau secara niscaya alasannya merekalah yang paling sering berinteraksi dengan kambing tersebut.
  • Vulva terlihat memerah atau lebih merah dari biasanya.
  • Kambing betina sedang birahi akan damai bila didekati pejantan (bandot). Terkadang ada beberapa betina akan menganjak (menaiki) kawanan didekatnya.

Tingkah laris kambing sedang birahi lainnya yang paling sering terlihat adalah; menurunnya nafsu makan. Sebenarnya bila peternak memelihara betina dan jantan sekaligus dalam satu kandang, pola tanda-tanda reproduksi ini tidak terlalu penting. Namun bila peternak ingin mengembang biakkan dengan inseminasi buatang (Artificial insemination) maka sikap birahi harus dipahami sedetail mungkin. Sebab 75 % tingkat keberhasilan dari inseminasi ternak kambing maupun inseminasi sapi bergantung pada penentuan masa kawin yang tepat.

Perhatikan sisa pakan di pagi hari, cara ini juga sanggup menjadi acuan. Bila tanda-tanda estrus muncul di malam hari maka ada kemungkinan tanda-tanda tidak tampak lagi di pagi harinya. Sisa pakan lebih banyak dari hari-hari biasa sanggup juga pertanda jikalau kambing sedang dalam masa kawin. Selain itu perhatikan juga jejak kaki dalam kandang, binatang peliharaan gelisah sanggup terlihat dari jejak kakinya. 
 Pentingnya mengetahui sikap reproduksi kambing bagi peternak sama halnya dengan menget Tingkah Laku Reproduksi Kambing

Selain dari memilih birahi pada kambing petrnak juga sebaiknya mengetahui usang masa birahi dan usang periode satu birahi ke estrus lainnya. hal ini penting semoga masa reproduksi sanggup diatur seoptimal mungkin. Semakin optimal reproduksi (perkembang biakan) maka semakin besar keuntungan yang akan diperoleh oleh peternak.

Tingkah Laris Reproduksi Kambing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29