Saturday, May 11, 2013

Mempercepat Birahi Ternak Sapi

Birahi pada sapi normalnya antara 19 – 25 hari sekali, dan estrus pertama dara terjadi antara umur 1,5 tahun – umur 2 tahun. banyak peternak sapi ingin memperoleh anak sapi secepatnya sehingga sering menanyakan pada petugas penyuluh peternakan cara untuk mempercepat birahi. Ada satu metode untuk mempercepat estrus yakni dengan terapi hormon. Pemberian hormon mempunyai kelebihan dan banyak juga kekurangannya, adapun hormon yang dipakai untuk mempercepat birahi ialah PGF2-alpha. Hormone ini sering dipakai pada peternakan besar untuk menyerentakkna estrus pada semua sapi induk. Merek hormon pgf2-alpha ini juga cukup banyak ada yang harus dipakai secara IM (intra muscular dan ada juga yang harus dipakai secara Intra Uterine). Intra muscular berarti disuntikkan ke dalam daging dan Intra uterine berarti dimasukkan kedalam uterus sapi.

Terapi hormon mempercepat birahi sapi

Cara penggunaan hormone sebaiknya serahkan sepenuhnya kepada dokter binatang di tempat anda atau petugas kesehatan hewan. Adapun kelebihan memakai hormon antara lain:
1. bermanfaat untuk peternakan sapi yang memelihara induk sapi dalam jumlah banyak, dimana dengan memakai hormon ini birahi sanggup diatur supaya terjadi estrus secara serentak sehingga akan menghemat biaya inseminasi buatan.
2. jikalau dipakai secara sempurna sanggup mengobati keanehan estrus (konsultasikan dengan dokter hewan).

Kekurangan terapi hormon

1. Tingkat keberhasilan Inseminasi pada sapi yang dipercepat dengan memakai hormon pgf2 –alpha lebih rendah daripada tingkat keberhasilan inseminasi secara normal.
2. Pengunaan secara terus menerus sanggup mengacaukan siklus birahi
3. Penggunaan pada takaran yang tidak sempurna sanggup menyebakan kemajiran betina.
4. Harga hormon cukup mahal sehingga hanya cocok untuk peternakan skala besar.

Adakah cara alami untuk mempercepat birahi pada ternak sapi? Maka jawabannya tidak ada, lantaran estrus itu sendiri merupakan siklus alamiah. Namun jikalau anda mempunyai hambatan lantaran tidak terlihat secara terperinci (birahi semu) maka ada cara alami untuk meningkatkan tanda tanda-tanda yakni dengan cara memberi nenas atau papaya.

Birahi semu betina sapi sanggup terjadi lantaran :

1. Sapi betina terlalu gemuk, sapi gemuk umumnya mempunyai nafsu makan yang sangat tinggi sehingga dikala birahi sekalipun nafsu makan mereka terlihat tetap tinggi.
2. Kurang betakaroten, betakaroten ini sangat berkhasiat dalam memproduksi hormon FSH (folikel stimulating hormone) secara alami. Biala ternak kekurangan gizi atau standar pakan yang tidak sempurna sanggup menjadikan birahi semu pada sapi betina. Selalu perhatikan standar pakan sapi yang sempurna yakni: hijauan masakan ternak 10% dari berat bdan sapi / hari, 1 % dari berat tubuh leguminoseae (rumput kacang-kacangan), dan konsentrat 1% dari berat badan. Adapun flora sumber betakaroten diantaranya wortel, labu dan lain-lain.
 dan estrus pertama dara terjadi antara umur  Mempercepat Birahi Ternak Sapi

Demikianlah cara mempercepat birahi pada sapi ini yang sanggup kami tuliskansecara singkat saja. Selengkapnya hubungi dokter binatang atau petugas kesehatan binatang yang ada di tempat anda. Yang terpenting anda ketahui bahwa hormon untuk ternak tidak dianjurkan dalam ilmu kesehatan hewan.

Mempercepat Birahi Ternak Sapi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29