Wednesday, April 10, 2013

Budidaya Angsa Petelur

Sebelumnya budidaya ternak angsa pedaging telah dituliskan di sini, kali ini akan kita bahas garis besar cara budidaya angsa petelur. perlu diketahui bahwa usul telur angsa di kota-kota besar di Indonesia menyerupai Medan, Jakarta, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Malang, Samarinda dan Balikpapan dari tahun ketahun semakin meningkat. Telur angsa ini sanggup diolah untuk banyak sekali makanan dan minuman menyerupai camilan elok dan the telur. Adanya opini yang berkembang di masyarakat yang menyatakan khasiat telur angsa lebih baik dari telur ayam kampung juga telah mendongkrak penjualan. peluang-peluang bisnis tersebut seharusnya sanggup dijadikan sebagai alasan utama menekuni perjuangan ternak.

Seperti cara budidaya angsa pedaging yang dibahas dahulu, angsa petelur juga membutuhkan bak untuk tempat bermain. Berenang merupakan salah satu sifat sikap ternak angsa secara alami dan ini akan membantu perkembangan dan pertumbuhan sekor bebek. Sebaiknya dibudidayakan dengan system kandang, boleh saja digembalakan tapi durasi pengembalaan dihentikan lebih dari 3 jam / hari. Hal ini alasannya ialah kebiasaan angsa yang bertelur di sembarang tempat. Itulah keunikan yang harus diperhatikan dalam cara ternak itik petelur ini.

Garis besar budidaya angsa petelur

Perencanaan

Semua perjuangan baik peternakan, pertanian, perkebunan dan perdagangan haruslah dimulai dengan perencanaan yang matang. Untuk mendukung perencanaan budidaya maka seorang peternak harus memahami karakteristik unggas petelur. beberapa karakteristik harus dipahami ialah sebagai berikut

  • Bebek termasuk dalam unggas, mendirikan perjuangan unggas harus mematuhi peraturan yang diterbitkan oleh pemerintah wacana pendirian perjuangan peternakan. Terutama mengenai skala perjuangan ternak angsa yang wajib pajak dan juga wacana tata letak perjuangan budidaya yang kita buat, sesuai hukum maka sangkar ternak harus jauh dari pemukiman.
  • Bebek ialah unggas yang suka berenang, jadi sangkar budidaya yang disiapkan juga sebaiknya dilengkapi dengan bak bermain bebek.
  • Penyakit pada angsa sanggup menular ke unggas lain menyerupai ayam dan sebaliknya. Kaprikornus sangkar angsa harus berjauhan dengan sangkar ayam.


Memahami karakteristik ternak angsa secara keseluruhan akan membantu kita dalam merencanakan budidaya ternak angsa secara detail dan terarah. Perencanaan yang baik akan membawa keuntukngan dalam bisnis ternak bebek.

Menyiapkan kandang

Kandang angsa petelur sebaiknya memakai model ren, dimana sangkar ren ini ialah sangkar yang sebahagian terbuka dan sebahagian diberi atap atau tertutup. Bagian yang terbuka dibentuk untuk tempat angsa bermain dan disini disediakan bak renang bebek. sangkar yang tertutup dipakai untuk angsa berteduh dan tidur. Pada budiday angsa secara lepas atau pengembalaan tradisional mereka hanya menyediakan sangkar angsa yang tertutup yang dihuni pada malam hari saja, sedangkan untuk tempat angsa bermain dan mencari makan bebek-bebek tersebut digembalakan.

Sebelumnya budidaya ternak angsa pedaging telah dituliskan  Budidaya Bebek Petelur
Seperti yang kita sebutkan sebelumnya bahwa ada kerugian budidaya ternak angsa secara pengembalaan ini kerugiannya diantaranya; ada kemungkinan telur tidak terkumpulkan seluruhnya dan membutuhkan tenaga kerja pemanis untuk mengembalakan bebek, selain itu system pengembalaan ini tidak sanggup diterapkan di tempat perkotaan. Untuk itu saya lebih menyukai peternakan angsa full di kandangkan sama menyerupai system pada ternak itik pedaging.

Penyiapan pakan

Pakan pada budidaya ternak itik petelur merupakan hal yang paling penting, lebih dari 50 % biaya budidaya dikeluarkan untuk membeli pakan saja. Untuk itu berhati-hatilah dalam meransum pakan untuk itik petelur ini. sanggup saja anda membeli pakan yang dikeluarkan oleh pabrik, tapi jangan hanya mengandalkan pakan itu saja alasannya ialah pakan dari pabrik ini sangat mahal harganya. Ada baiknya dalam budidaya angsa petelur ini anda mengkombinasikan pakan dari pabrik dengan pakan olahan alternatif, salah satunya sanggup dilihat di sini.

Pemeliharaan terank bebek.

Kesulitan paling besar dalam memelihara angsa ini ada pda rutinitas pinjaman makanan angsa usia anak (DOD – dara), pinjaman pakan anak angsa sebainya diberi bertahap dalam frekuensi yang banyak (sering), hal ini untuk efisiensi penggunaan pakan. Selebihnya pemeliharaan 1000 ekor angsa cukup ditangani satu orang karyawan saja. Cara beternak bebek secara rinci dari hari ke hari tidak saya muat di halaman ini alasannya ialah keterbatasan waktu, lagipula jikalau dimuat seluruhnya disini saya yakin anda akan bosan membacanya.

Penanganan kesehatan dan penyakit pada angsa petelur.

Perlu diperhatikan dilema paksinasi untuk anak bebek, hal ini sangat membantu peternak dalam menjaga kesehatan ternak selama masa budidaya pemeliharaan. Penyakit-penyakit yang umum pada unggas yang menular diantaranya: Kolera, cacar, pemutihan mata, berak darah (cocidiosis), pilek pada angsa (coriza), salmonellis, sinusitis dan aflatoksikosis. Untuk menangani penyakit tersebut silahkan hubungi petugas kesehatan binatang di tempat anda.

Tidaklah mungkin semua mengenai seluk beluk budidaya angsa sanggup saya sampaiakan dikala ini juga, tapi saya akan menuliskan hal-hal penting yang perlu diketahui oleh peternak dalam memelihara angsa petelur ini. impian saya pengalaman akan membawa anda kepada kesuksesan dalam budidaya.

Budidaya Angsa Petelur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29