Friday, March 29, 2013

Ternak Angsa Entok Administrasi Sangkar Dan Pakan

Entok ialah unggas yang termasuk jenis bebek, banyak nama yang diberikan untuk angsa ini diantaranya: entok (jawa), serati (sumatera), entong, angsa basur dan dalam bahasa Indonesia disebut Itik Manila. Ciri-ciri fisik angsa entok diantaranya bulu tubuh hitam kilau kebiruan biasanya bahagian leher berbulu putih dengan warna kulit siekitar mata berwarna merah tua, lebnih besar dari angsa lain menyerupai itik petelur, selain itu ia bisa terbang lebih jauh dari angsa jenis lain. Tujuan budidaya; untuk diambil dagingnya (bebek pedaging/ potong). Entok cocok dipelihara di seluruh wilayah Indonesia.

Cara pemeliharaan bebek entok sama saja dengan bebek/ itik lainnya, termasuk jenis angsa berair (suka berenang). Ternak ini cenderung memankan segala jenis masakan suka menyocor di aneka macam kawasan jadi untuk pakan entok ini cenderung lebih gampang dimodifikasi dibanding dengan pakan angsa peking. Semua jenis pelet pakan bebek bisa diberikan kepada entok. Kekebalan entok terhadap penyakit juga lebih tinggi sehingga perawatan kesehatan cukup mudah.

Struktur sangkar untuk angsa entok sanggup dibentuk menyerupai gambar berikut ini

Entok ialah unggas yang termasuk jenis angsa Ternak Bebek Entok Manajemen Kandang dan Pakan

Dari gambar sanggup dilihat bahwa ditengah-tengah sangkar dibuatkan bak kawasan entok berenang, hal ini sangat diharapkan alasannya angsa entok mempunyai kebiasaan berenang, pagar jaring dibentuk setinggi 2 ½ meter atau lebih, ini alasannya serati bisa terbang tinggi, kawasan berteduh dibentuk setinggi 60 – 70 cm dan diberi bantalan pelepah bambu setinggi 10 cm dari tanah. Luas sangkar relatif bergantung lahan dan jumlah entok yang akan dipelihara 1 meter bujur sangkar sanggup dihuni 4-6 ekor entok.

Entok mempunyai kebiasaan menjelajah namun tetap mengingat arah sangkar mereka, jadi selain dikandangkan entok juga sebaiknya dilepas di pagi hari untuk menghemat pakan, cara menyerupai ini hanya sanggup dilakukan di pedesaan. Jika memelihara entok di kota maka demi keamanan sebaiknya entok full dikandangkan. angsa entok juga mempunyai kebiasaan bertelur di sembarang tempat, jikalau ingin mengumpulkan telur entok maka entok sebaiknya dipelihara dengan sistam kandang.

Ternak Angsa Entok Administrasi Sangkar Dan Pakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29