Thursday, March 28, 2013

Proposal Ternak Angsa Untuk Aktivitas Pemerintah

Membuat sebuah proposal ternak belibis biasanya akan ditujukan untuk aktivitas pemerintah yang ada, ketika ini ada beberapa aktivitas pemerintah untuk pertolongan ternak sapi, kambing / domba, unggas yang termasuk didalamnya ternak bebek. aktivitas pertolongan ternak dari depertemen pertanian ketika ini diantaranya: SMD (Sarjana Membangun Desa), LM3, INKA, dan untuk belibis sanggup diajukan proposal terkait aktivitas Pengembangan budidaya unggas lokal (bebek merupakan salah satu unggas lokal).

Bagaimana bentuk proposal untuk pertolongan ternak bebek? teladan sederhana sanggup disusun dengan format berikut:

  • Pendahuluan, penggalan ini memuat latar belakang pengajuan proposal pertolongan ternak, maksud dan tujuan serta sasaran yang ingin dicapai bila diterima.
  • Potensi & agroekosistem, memuat wacana potensi wilayah, seperti; ketersediaan pakan bebek beserta jenis-jenis pakan, seruan daging atau telur belibis di pasar lokal, kecocokan kondisi lingkungan dengan peternakan unggas (bebek)
  • Evaluasi kegiatan tahun sebelumnya, jikalau kelompok tani mengajukan pertolongan ternak belibis ini pernah membudidayakan belibis maka sanggup melampirkan neraca rugi keuntungan yang telah didapatkan.
  • Rencana pelaksanaan kegiatan mencakup planning kegiatan, kebutuhan dana jadwal pelaksanaan kegiatan secara time schedule , indikator kinerja yang sanggup dinilai, prospek kelanjutan dari perjuangan ternak yang direncanakan.
  • Lampiran-lampiran, dalam hal ini dilampirkan data-data pendukung proposal.

Mekanisme pengajuan proposal:

Secara umum proposal disampaikan terlebih dahulu melewati birokrasi pemerintahan tempat setingkat kabupaten, baik aktivitas dari dinas peternakan kabupaten maupun aktivitas yang dikeluarkan oleh kementrian pertanian. Untuk program-program dikeluarkan kementrian pertanian maka alur pengajuan sebagai berikut:

  • Pembuatan proposal di tingkat kelompok tani/ ternak dengan tandatangan persetujuan semua anggota
  • Ditandatangani petugas penyuluh lapangan setingkat desa/ kecamatan
  • Diajukan ke dinas peternakan/ pertanian kabupaten kota
  • Kepala dinas (dinas peternakan kabupaten) mengajukan proposal tersebut ke dirjen peternakan pusat.
Membuat sebuah proposal ternak belibis biasanya akan ditujukan untuk aktivitas pemerintah yang Proposal Ternak Bebek Untuk Program Pemerintah

Proposal pertolongan ternak belibis dan lainnya sebaiknya diajukan alasannya yaitu keterkaitan dengan sebuah aktivitas yang tersedia, bila anda atau kelompok tani anda mengajukan permohonan tidak sesuai dengan ketersediaan aktivitas maka kemungkinan besar proposal tersebut niscaya ditolak. Untuk itu sebelum menciptakan sebaiknya baca terlebih dahulu aktivitas kerja tahunan dirjen peternakan atau tanyakan informasi pertolongan ternak kepada petugas penyuluh peternakan lapangan di desa anda.

Proposal Ternak Angsa Untuk Aktivitas Pemerintah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29