Sunday, March 24, 2013

Pakan Ternak Belibis Petelur Dan Pedaging

Pakan ternak angsa sudah banyak dijual dalam bentuk pelet yang diproduksi oleh perusahaan populer menyerupai CPI, Japfa, GC dan lainnya. Pakan angsa dari beberapa brand tersebut hampir mempunyai kandungan zat masakan yang sama. Jika anda melihat produk CPI (Charoen Pokphan Indonesia) maka dari label kandungan pakan itik tersebut anda sudah sanggup menciptakan sebuh ransum pakan ternak untuk angsa petelur maupun pedaging.

Dalam menyusun komposisi pakan itik / angsa diperlukan pengetahuan wacana kebutuhan zat masakan / umur (zat makanan= karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin). Secara kompleksnya yang harus diketahui seorang peternak itik dalam menyusun ransum pakan itik adalah: kebutuhan zat masakan ternak pada umur tertentu per harinya. Misalkan seekor anak itik umur 1 mignggu hanya membutuhkan karbohidrat sebanyak 25 gr, protein 15 gr dan 10 gramvitamin dan mineral. Maka dari rujukan kebutuhan zat maknan tersebut kita harus mencari komposisi pakan dengan kandungan zat masakan yang sesuai.

Penjelasan diatas yaitu teori yang akan menciptakan pusing para peternak, jadi secara simple sanggup dibentuk sebagai berikut:

Untuk 100 kilogram pakan itik/ angsa maka kita membutuhkan:
Jagung (giling bernafsu atau halus) sebanyak 40 Kg
Dedak halus (bekatul) 40 Kg
Tepung tulang 1 ½ Kg
Tepung ikan 10 Kg
Bungkil kedele 8 Kg
Minyak nabati ½ Kg

Mixing (aduk semua materi tersebut) dan beri kepada angsa / itik sesuai dengan kebutuhan harian ternak angsa tersebut. Dalam hal ini anda haruslah memahami wacana kebutuhan pakan angsa per ekor per hari sesuai dengan umur itik angsa tersebut. Untuk daftar kebutuhan pakan itik dan angsa anda sanggup membacanya dari buku aliran pemeliharaan itik yang sanggup dibeli di toko buku. Atau sanggup juga diberikan kepada angsa atau itik secukupnya saja (berdasarkan perasaan).

Bahan pakan ternak angsa / itik alternatif yang gampang didapatkan diantaranya keong mas dan talas. Untuk keong mas sanggup diberikan eksklusif ke ternak itik sehabis di pecahkan (dilindas dengan ban mobil). Untuk pakan angsa alternatif sanggup juga anda memakai pakan ayam alternatif yang pernah dituliskan di blog ini.

Pakan Ternak Belibis Petelur Dan Pedaging Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29