Thursday, March 19, 2020

Empat Jenis Sayuran Untuk Pakan Burung Sebagai Penjaga Stamina

Berbagai macam jenis burung kicau menyerupai parkit, kenari, Kakatua dan lovebird dan jenis lainnya membutuhkan pelengkap pakan yg banyak mengandung vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Dan menyerupai juga insan ternyata vitamin-vitamin alami untuk burung bis,a didapatkan dari banyak sekali jenis sayuran.


Apa saja sayuran yg bis,a dijadikan pakan pelengkap untuk burung kicau? Simak macamnya dibawah ini yg disarikan dari omkicau.com

Mentimun atau Ketimun
Jika pada manusia, mentimun sering dijadikan lalapan sebagai teman bakar-bakaran yg bermanfaat untuk mengurangi dampak negatif dari makanan yg dibakar. Mentimun memang sangat banyak mengandung antioksidan yg sangat diharapkan untuk mencegah radikal bebas yg bis,a meracuni tubuh.

Mentimun / ketimun / timun (Cucumis sativus) ialah tanaman dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceace. Kandungan airnya cukup tinggi, sehingga banyak diberikan kepada kenari ketika cuaca terik. Mentimun juga sering diberikan kepada burung yg akan melsayakan perjalanan jauh.

Manfaat lain dari mentimun ialah membantu mengurangi lemak pada burung yg mengalami obesitas, dan mengurangi birahi burung kenari yg mengalami OB (over birahi).

Pemberiannya dilsayakan dengan memotong mentimun, kemudian menggantungnya dalam kandang memakai pengait buah. Di beberapa negara Asia, mentimun ketika ini menjadi pakan favorit. Namun penyajiannya agak berbeda, yaitu hanya diambil biji-bijinya, kemudian dikeringkan dan diberikan kepada burung.

Sayur Daun sawi
Daun sawi termasuk sayuran hijau yg sering diberikan kepada burung pemakan biji-bijian sebagai pakan pelengkap yg penuh manfaat. Sawi kaya antioksidan flavonoid, indoles, sulforaphane, karoten, lutein, dan zeaxanthin. Daun sawi segar juga banyak mengandung vitamin C dan vitamin A.

Sawi sangat baik diberikan kepada burung pemakan biji-bijian menyerupai kenari, finch, dan paruh bengkok, alasannya ialah sebagian besar kandungan nutrisinya bermanfaat untuk pencernaan burung, termasuk memudahkan burung ketika buang kotoran.Itulah tujuh pakan pelengkap favorit yg sering diberikan kepada burung kenari dan paruh bengkok, dengan tujuan semoga burung mempunyai daya tahan yg tinggi terhadap serangan penyakit, menstabilkan birahi, dan merangsangnya supaya lebih rajin berbunyi.

Wortel

Ternyata tidak cuma kelinci yg membutuhkan wortel, burung kicau juga sangat elok kalau diberikan pakan pelengkap berupa wortel ini. Setips umum wortel sudah cukup usang dikenal luas sebagai sumber vitamin A yg sangat elok bagi penglihatan sehingga orang renta sangat menganjurkan anak-anaknya untuk memakan wortel untuk menjaga kesehatan matanya.

Wortel termasuk jenis sayuran yg umum, murah, gampang didapat, dan mempunyai banyak manfaat. Wortel bis,a diberikan kepada semua jenis burung pemakan biji-bijian dengan tips bervariasi.

Pemberian wortel pada burung kicauan juga bis,a membantu menghasilkan pigmen warna, terutama untuk burung dari jenis kenari merah. Sebab wortel mempunyai karotein yg sangat diharapkan untuk itu.

Cara penyajian wortel biasanya dilsayakan dengan memarutnya. Sebaiknya direbus terlebih dahulu, kemudian diparut dan diberikan kepada burung.

Cabai merah
Mendengar kata cabai merah yg terbayg mungkin makanan berupa sambal, tetapi ternyata burung kicau juga menyukai cabai merah. Apakah burung bis,a kepedasan kalau memakan cabai merah atau jenis cabai lainnya? Ternyata burung tidak mempunyai indera perasa pada lidahnya dan dijamin tidak akan bis,a mencicipi pedasnya cabai.

Cabai merah sangat bermanfaat untuk burung peliharan. Selain mempunyai kandungan vitamin C yg tinggi, cabai merah juga mempunyai kandungan zat warna merah atau karotein sebagaimana wortel.

Cabai merah bis,a disajikan dengan bermacam-macam tips. Misalnya diberikan hanya penggalan kulitnya saja, sedangkan bijinya dibuang atau boleh juga diberikan dalam bentuk utuh, menyerupai terlihat pada gambar di atas. Burung tidak mempunyai reseptor rasa, sehingga mereka tidak mencicipi panas atau pedas dari cabai.

Empat Jenis Sayuran Untuk Pakan Burung Sebagai Penjaga Stamina Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29