Saturday, March 14, 2020

Charolais, Sapi Potong Jenis Unggul Asal Perancis

Mengenal Breed Sapi Charolais, Keunggulan dan Potensinya Jika Diternakkan dan Dikembangkan di Indonesia Sebagai Salah Satu Varian Ternak Unggul
Sapi unggul yg satu ini sesungguhnya sangat cocok dengan model sapi yg disukai oleh jagal lokalan, mengapa? Karena aneka macam keunggulan sapi ini terutama dari persentase karkasnya yg tinggi dan perlemakan dagingnya yg tidak berlebihan. Seperti diketahui bahwa jagal-jagal sapi dan konsumen daging sapi di negara kita sangat menyukai daging sapi yg lean atau tanpa lemak. Dan mereka juga sangat anti dengan daging sapi yg marbling lemaknya atau meminjam istilah mereka daging sapi dengan lemak tembus. Sapi charolais mempunyai tanda khas warna bulu perak atau krem muda dan merupakan jenis sapi terbesar di negara Perancis, namun saygnya sapi jenis ini jarang dijumpai di pasar-pasar tradisional di Indonesia. Jarak yg sangat jauh antara Perancis dan Indonesia ataupun mendatangkan dari Amerika contohnya memerlukan biaya transportasi yg sangat mahal sehingga ketika hingga di Indonesia harga sapi charolais ini bis,a menjadi tidak hemat lagi.

Bangsa sapi charolais merupakan sapi yg berasal dari negara perancis dan mempunyai tipe dwi guna (dual purpose) yaitu sebagai ternak kerja dan pedaging. Sapi ini didatangkan ke Amerika Serikat terutama di daerah-daerah Texas, Lousiana, dan Florida. Sapi ini terutama dipakai untuk disilangkan dengan jenis sapi lainnya dan terutama dengan Sapi Brahman semoga mempunyai sifat unggul cepat tumbuh dan tahan terhadap penyakit.
Salah satu tips yg bis,a ditempuh kalau ingin membuatkan sapi jenis ini yaitu dengan melsayakan Inseminasi Buatan. Makara yg diimpor hanya semen sapi charolais saja sehingga biasa transportasinya bis,a lebih terjangkau. Hal ini pernah dilsayakan pemerintah tetapi untuk jenis sapi Belgian blue, sapi super asal Belgia yg mempunyai otot ganda (double muscle) dan sudah berhasil mendapat beberapa ekor pedet belgian blue yg berjenis kelamin jantan maupun betina. Keberhasilan ini tentunya sangat bis,a dilsayakan juga pada jenis sapi Charolais asal Perancis tersebut..
Bebeberapa Ciri-tanda Sapi charolois:
  • Warna putih cream dengan pigmentasi kemerahan pada kulit, khususnya disekitar hidung, mata dan perut.
  • Sapi charolais umumnya bertanduk, tetapi ada pula yg tidak bertanduk.
  • Berat lahir maupun berat sapih tergolong berat, yaitu berat lahir sanggup mencapai 45 kg dan berat sapih sanggup mencapai 275 kg.
  • Tergolong sapi yg berukuran besar, dengan berat tubuh yg dicapai 1200 kg untuk yg jantan dan mencapai 750 kg untuk yg betina.
Salah satu keunggulan dari sapi ini yaitu dalam hal bobot tubuhnya, bobot sapi Charolais jantan yg sudah mencapai usia sampaumur bisa mencapai antara 1.000 kg, sedangkan betina yg sudah mencapai usia sampaumur sanggup mempunyai bobot berkisar antara 750 kg. Pada ketika masa pertumbuhan, sapi charolais bisa mencapai pertambahan bobot sekitar 1,3 kg per hari.
Sapi Charolais Jantan
Usia bakalan sapi charolais ideal untuk digemukkan dalam penggemukan yaitu mulai usia 18 bulan atau 1.5 tahun hingga dengan 2,5 tahun. Pada usia tersebut pertumbuhan tulang dan giginya sudah cukup manis sudah mulai maksimal dan juga tanda-tanda fat (perlemakan) sudah mulai muncul, sehingga tinggal memaksimalkan penambahan massa otot atau dagingnya.

Bakalan sapi charolais pada usia di bawah 1,5 tahun biasanya lebih lambat proses gemuknya, dikarenakan pada usia dibawah 1,5 tahun yaitu usia pertumbuhan tulang dan gigi hingga mencapai tepat oleh balasannya sangat rentan resiko penyusutan daging.

Di samping itu, penyesuaian sapi pada tempat yg gres juga akan memengaruhi proses penambahan bobot sapi. Selain hal tersebut, pergantian contoh pakan dan teknis perawatan dan penyakit juga akan mempengaruhi pertumbuhan sapi charolais.

Bangsa sapi ini memang tidak begitu terkenal di negara kita. Salah satu sebabnya yaitu sapi jenis charolais ini jarang yg memasukkannya ke Indonesia, kalaupun ada biasanya hanya beberapa ekor yg bercampur dengan sapi komersial jenis lain menyerupai Brahman Cross. Memang salah satu hambatan kalau mendatangkan sapi jenis charolais dari negara asalnya tentunya biaya transportasi yg tidak mengecewakan mahal kalau dibandingkan dengan mendatangkan sapi Brahman Cross dari Australia.

Keunggulan Sapi Charolais:
  • Rata-rata pertambahan berat tubuh harian (ADG) sanggup dicapai 1,5-1,6 kg.
  • Sifat-sifat yg disukai yaitu perdagingan yg tepat khususnya belahan loin dan paha belakang, tulang-tulang kuat
  • Memiliki kemampuan mengasuh anak yg bagus
  • Kecepatan pertumbuhan tinggi
  • Persentase karkas tinggi
  • Mempunyai daya tahan yg baik terhadap panas dan dingin. 
Tambahan informasi, perbandingan sapi charolais dengan sapi PO yaitu ketika masih berumur 1,5 tahun sudah mempunyai berbobot antara 350-400 kg, sedang sapi PO murni hanya berkisar antara 185-275 kg saja.

Perancis Ekspor Sapi Charolais Ke Iran Via Pesawat Udara Kargo

Seperti dilaporkan oleh kantor informasi Tasnim, Sabtu (14/10/2017), Kargo udara berisikan 310 ekor pedet sapi Charolais asal Perancis sudah dikirim ke Bandara Internasional Payam di Karaj Sabtu pagi, kantor informasi tersebut mengatakan, mengutip kantor kekerabatan masyarakat Bank Pertanian Iran yg sudah mendanai perusahaan tersebut. "Impor jenis ini dibandingkan dengan ras ternak sapi lainnya lebih hemat biaya dan limbah yg dihasilkan dari pemotongannya berkurang setips signifikan," sebuah pernyataan yg dikeluarkan oleh bank tersebut.

Charolais yaitu jenis ternak sapi potong yg berasal dari Prancis timur, dengan berat rata-rata 900 kilo untuk sapi dan 1.100 kilo untuk sapi jantan. Keuntungan terbaik mereka yaitu kemampuan mereka berkembang dalam cuaca yg berubah-ubah termasuk di isu terkini hambar yg luar biasa jelek atau isu terkini panas yg sangat panas.

Dengan potongan populasi Iran yg signifikan terkonsentrasi di sekitar pegunungan, ternak Charolais paling cocok untuk medan yg tidak rata atau garang dan berbatu karena kuku mereka yg kokoh. Itu mem.buat mereka pengganti ideal untuk berkembang biak Holstein dengan catatan kotak-kotak semenjak diperkenalkan ke Iran. Ternak juga bisa tumbuh dengan cepat, dan cepat bertambah berat, di mana dagingnya dikagumi karena berkualitas tinggi.

Pengenalan ternak Charolais ke Iran tiba sehabis kunjungan baru-baru ini ke Prancis oleh Menteri Pertanian Mahmoud Hojjati yg menandatangani sejumlah MoU perihal pembiakan tumbuhan dan hewan.
Delegasi Prancis yg tertarik untuk berinvestasi di agribisnis Iran yaitu yg pertama di antara kelompok bisnis abnormal yg berduyun-duyun ke Teheran sehabis hukuman dicabut di Republik Islam pada Januari 2016.

Sumber harianterbit.com, jitunews.com dan sumber lainnya

Charolais, Sapi Potong Jenis Unggul Asal Perancis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29