Monday, March 16, 2020

Cara Ternak Bebek Lengkap, Dari Bibit Hingga Panen

Faktor-faktor Pendukung dan Masalah Yang Wajib Diketahui Calon Peternak Angsa

Ternak bebek sebaiknya dilsayakan ditempat yg jauh dari pemukiman sebab angssa sanggup mengeluarkan bunyi yg sangat keras yg dapt mengganggu orang lain.

Bibit Angsa

Sebelum melsayakan budidaya anda perlu menentukan jenis bebek yg ingin anda peliharaan apakah bebek petelur untuk tujuan menghasilkan telur atau bebek pedaging untuk menghasilkan daging. Jika anda ingin memelihara bebek petelur maka anda pilih jenis bebek yg mempunyai produksi telur banyak da apabila anda ingin memelihara bebek pedaging maka pilihlah bebek yg mempunyai pertumbuhan daging yg cepat.

Jenis bibit bebek yg populer diantaranya ialah Toulouse, Embden dan African yg tergolong paling berat tubuhnya, Pilgrim yg berat tubuhnya pertengahan dan Chinese yg paling ringan beratnya. Walaupun demikian, kecepatan pertumbuhan dan kemampuan berproduksi telur pada jenis bibit yg sama belum tentu akan sama hasilnya. Makara dari pengacukup laman berternak nantinya, pilihlah bibit dari induk yg pertumbuhannya paling cepat dan menghasilkan banyak telur.

Biasanya bebek paling baik dijodohkan sepasang atau bertiga. Angsa jantan yg perkasa akan puas mendapat jodoh dengan 4 atau 5 betina. Apabila mereka sudah menentukan sendiri pasangannya, maka banyak sekali jantan berpasangan dengan betina yg sama dari tahun ke tahun. Jumlah telur yg dihasilan pada tahun ke dua akan lebih vanyak dari tahun pertama. Prosentase keberhasilan penetasannyapun semakin baik. Induk bebek sanggup terus memproduksi telur hingga 10 tahun. Dari hasil penelitian, kemampuan reproduksi bebek jantan lebih cepat menurun dibandingkan bebek betina.

Ambil telur dua kali tiap hari, terutama pada trend hujan. Selalu hati-hati dalam pengentasan telur. Berihkan bicukup lamana dipandang perlu. Temperatur yg paling baik pada tempat penyimpanan telur ialah 7 hingga 13°C dengan kelembaban relatif paling kecil 70%. Bila telur akan disimpan lebih dari dua hari, balikkan tiap hari semoga prosentase penetasannya meningkat. Apabila tips penyimpanan telur kurang baik, prosentase penetasan ini menurun sehabis telur disimpan 6 - 7 hari. Apabila tips penyimpanannya sempurna telur sanggup bertahan 10 hingga 14 hari dengan hasil pengentasan yg tidak berkurang.

Masa penginkubasian telur bebek yg paling umum ialah antara 29 hingga 30 hari. Empat hingga enam telur sanggup diinkubasi pada setelan untuk ayam betina sedangkan 10 hingga 12 telur pada setelan angsa. Balikkan telur tiga atau lima kali sehari apabila incubator tidak bekerja sendiri. Angka bilangan pembalikkan telur harus ganjil untuk mencegah letak telur berada pada posisi yg sama tiap malam.

Apabila telur dieram oleh induk ayam, ambilah anak bebek dari sarang segera sehabis dientaskan. Simpan di tempat yg hangat hingga beberapa jam. Apabila anak bebek tidak segera diambil, maka induk ayam mungkin akan meninggalkan sarangnya lebih awal sebelum semua telur menetas. (IRS 5 Desember 2001).

Kandang Angsa

Induk bebek sanggup dipelihara dimanapun baik itu dibelakang rumah atau satu sangkar dengan binatang ternak lain mirip ayam, sapi, kambing atau yg lainnya. Namun sebaiknya anda harus mempersiapkan sangkar sebelum melsayakan ternak bebek ini. Bila anda mempunyai lahan atau hacukup laman belakang yg cukup luas anda bis,a memanfaatkannya sebagian untuk mem.buat sangkar untuk merawat dan membesarkan anak bebek dan juga naungan untuk tempat berteduh bebek dan untuk tempat tidur.

Apabila anak bebek yg akan dipelihara berjumlah sedikit anda sanggup memakai sangkar sangkar dan jikalau anak bebek yg akan anda pelihara berjumlah cukup banyak maka siapkan bangunan tertutup. Kandang sangkar berbentuk kotak dengan rangka dari kayu dan dinding dan atap dibentuk dari bilahan bambu, kawat kasa ataupun kayu, sehabis sangkar sangkar jadi, beri lampu penerangan sekitar 40 watt didalamnya semoga anak bebek lebih gampang mendapat pakan dan air dan lampu tersebut sanggup dipakai untuk penghangat. Kandang tertutup sanggup dibentuk dari kayu ataupun bambu, cuilan diding sangkar dibentuk dari kawat kasa atau bilah bambu sedangkan untuk atap sanggup memakai genting, seng atau asbes. Lantai sangkar sanggup berupa tanah, semen atau kayu. Namun sebaiknya lantai terbuat dari semen semoga lantai gampang dibersihkan dan bebek akan lebih sehat.

Tempat Peneduh Untuk Angsa

Salah satu sifat jelek yg dimiliki bebek yaitu mencampur telur dalam satu sarang. Telur dari induk berbeda tersebut kemudian dierami oleh satu induk, apabila ada telur yg sdah menetas maka bebek tersebut tidak mau mengerami telur-telur yg belum menetas kembali.

Untuk mencegah, sebaiknya buatlah tempat khusus untuk bertelur angsa, tempat tersebut dibentuk dengan bentuk kotak dengan ukuran hanya cukup untuk 1 bebek yaitu sekitar 30 x 30 x 30 cm kemudian isi kotak dengan ganjal jerami atau rumput, tempatkan kotak terseebut pada tempat peneduh atau dalam sangkar dengan disusun berderet.

Pemeliharaan Angsa

Angsa yg gres saja menetas, letakkan dalam sangkar sesuai dengan jumlah anakan. Apabila anak bebek yg akan dipelihara berjumlah sedikit anda sanggup memakai sangkar sangkar dan jikalau anak bebek yg akan anda pelihara berjumlah cukup banyak maka siapkan bangunan tertutup. Kandang sangkar berbentuk kotak dengan rangka dari kayu dan dinding dan atap dibentuk dari bilahan bambu, kawat kasa ataupun kayu. Kandang tertutup sanggup dibentuk dari kayu ataupun bambu, cuilan diding sangkar dibentuk dari kawat kasa atau bilah bambu sedangkan untuk atap sanggup memakai genting, seng atau asbes. Lantai sangkar sanggup berupa tanah, semen atau kayu.

Sesudah sangkar jadi, beri lampu penerangan sekitar 40 watt didalamnya semoga anak bebek lebih gampang mendapat pakan dan air dan lampu tersebut sanggup dipakai untuk penghangat, untuk mengatur suhu sangkar juga pelu diletakkan termometer. Karena jikalau kepanasan anak bebek akan salingb mematuk, gelisah menjauhi lapu dan ribut.

Pakan Angsa

Anak bebek yg gres menetas sanggup bertahan tanpa makan dan minum hingga 72 jam atau 3 hari. Berilah anak bebek makan dan minum dengan segera. Sebaiknya, kuliner dan air minum itu sudah tersedia sebelum anak bebek ditempatkan dalam kandang.

Pada dikala masa starter atau masa awal anak bebek harus diberi pakan yg berprotein tinggi sekitar 22%. Pakan tersebut sanggup berupa pakan yg sama untuk itik atau ayam pedaging pada masa starter, pakan tersebut sanggup anda beli di toko pakan ternak. Atau anda sanggup mem.buat sendiri pakan tersebut dengan komposisi: Tepung ikan 2 bagian, Tepung jagung 3 bagian, dan Dedak halus 1 bagian.

Jika tidak mempunyai Tepung ikan anda sanggup menggantinya dengan tepung bekicot, tepung siput, ataupun tepung kerang, bungkil kacang tanah, bungkil kelapa atau juga ampas tahu. Jika tidak mempunyai Tepung jagung anda bis,a menggantinya dengan tepung ubi kayu ataupun tepung gandum.

Meskipun bebek sanggup mencari sendiri makan, sebagai peternak harus sanggup menyediakan kuliner yg dikonsumsi angsa. Dengan pertolongan ransum yg bergizi dan tepat, bebek anda sanggup tumbuh cepat dan sehat. Untuk mem.buat sendiri ransum bahan-bahannya sangat gampang mirip 15 kg dedak, 3 kg konsentrat dan 2 kg jagung giling. Bahan tersebut diaduk menjadi adonan dan sanggup diberikan pada angsa. Untuk sajian siang hari, kuliner bebek perlu ditambahkan irisan sayuran segar mirip kangkung, sawi, bayam, genjer. Untuk selingan bis,a irisan daun pepaya segar.

Jika dilingkungan anda terdapat banyak tumbuhan enceng gondok yg biasanya memenuhi fatwa sungai, mulai kini hal itu sanggup menjadi solusi sebab bebek mau mengkonsumsi irisan enceng gondok. Selain itu bebek juga mau mengkonsumsi batang pisang yg dicacah atau diiris halus.

Untuk mendapat suplai protein alami, bis,a diberikan perhiasan berupa ikan segar, yuyu atau kepiting, keong, bekicot. Sebelum diberikan usahakan materi tersebut dibersihkan, dihaluskan atau diiris halus semoga bebek tidak tersedak oleh tulang atau cangkang dari kepiting. Dengan pertolongan kuliner berupa protein alami dari sekitar kita, hal itu bis,a meningkatkan produktivitas telur hingga bis,a mencapai 80%.

Apabila pemeliharaan bebek dimaksudkan untuk dikonsumsi, umur bebek yg baik untuk dikonsumsi ialah 4 hingga 6 bulan. Keram mereka pada sangkar yg lebih kecil dan berikan kuliner penuh (full feed) 3 atau 4 ahad sebelum batas waktu dikonsumsi.
Pakan bebek petelur alami yg gampang didapat antara lain:

1. Amisan
Apa maksut dari pakan amisan itu?? Mungkin sebagian orang belum begitu paham mengenai pakan amisan, apalagi bagi seorang peternak pemula. Ya pakan amisan itu yakni pakan yg bersumber dari binatang lain yag bisa menjadi makananya binatang tersebut. Untuk pakan bebek petelur, pakan amisan sumber protein tinggi antara lain:

- keong



Seperti yg dikutip dari wikipedia.org bahwa keong mengandung protein 12% , kalsium 217 mg, rendah kolesterol, 81 gram air dalam 100 gram keong sawah, dan sisanya mengandung energi, protein, kalsium, karbohidrat, dan phosfor. Selain itu keong juga mengandung vitamin A, E, niacin dan folat. Kesimpulanya, keong mempunyai kandungan protein yg sangat tinggi untuk kebutuhan bebek petelur, tidak hanya itu keong juga mengandung sumber/zat gizi lain mirip vitamin dan mineral yg sanggup membantu meghasilkan energi. Maka tidak mengherankan banyak para peternak bebek sukses yg memanfaatkan keong sebagi sumber protein pengganti pakan kosentrat pabrik.

- Ikan rucah


Ikan rucah juga salah satu pakan alternatif alami yg bisa kita dapatkan dengan harga yg sangat murah, akan tetapi alasannya keberadaanya yg sulit kecuali didaeran erat maritim maka jarang para peternak memanfaatkan ikan rucah tersebut. Ikan rucah yakni ikan yg tidak layak konsumsi, ikan ikan tersebut hasil dari tagkapan nelayan bisa juga hasil dari penyortiran yg tidak layak dijual dan akhirya mereka jual dengan harga yg sangat murah. Ikan rucah tersebut bisa kita manfaatkan sebagai pakan alternatif sumber protein untuk bebek petelur supaya produksi telur yg dihasilkan bisa maksimal. Pemberian pakan tersebut pun harus tiap hari, alasannya dalam sehari bebek membutuhkan asupan protein 16 - 20%.

- Limbah pemotongan ayam
Limbah pemotongan ayam juga bisa menjadi pakan alternatif sumber protein bebek petelur, limbah pemotongan ayam bisa berupa kulit ayam, usus dan lain sebagainya yg sengaja dibuang dari daerah pemotongan ayam. Dan yg jelas, sebelum menawarkan pada bebek yg kita pelihara, harus dicuci terlebih dahulu.

- Dan binatang kecil lain yg bermanfaat
Selain ketiga pakan amisan diatas bahwasanya masih ada banyak pakan alternatif sumber protein alami yg bisa kita dapatkan dialam liar, pakan lain tersebut antara lain: kodok, cacing, kepiting dan binatang kecil lain jikalau dimakan tidak membahayakan bebek tersebut maka bisa kita berikan.

2. Kacang kacangan
Ada sumber protein hewani, ada pula sumber protein nabati, Ya sumber protein nabati bisa kita adapatkan pada kacang-kacangan.

- Bungkil kedelai

Bungkil kedelai yakni kedelai yg tidak layak dijual, entah itu alasannya pecah ataupun alasannya remuk sehingga tidak layak dijual dan kalaupun dijual niscaya dengan harga yg sangat murah. Meskipun disebut dengan bungkil kedelai namun kandungan gizi yg dimilikinya tidak jauh berbeda dengan keelai yg masih layak jual. Maka dari itu kita bisa memanfaatkan bungkil kedelai tersebut.

- Jagung

Jika eksistensi pakan amisan mirip yg sudah dijelaslkan diatas sulit dicari maka kita bisa memanfaatkan jagung sebagai pakan penggantinya. 100 gram jagung mengandung 355 Kalori, Protein : 9,2 gram, Lemak : 3,9 gr, Karbohidrat : 73,7 gr, Kalsium : 10 mg, Fosfor : 256 mg, Besi : 2,4 mg, Vitamin A : 510 SI, Vitamin B1 : 0,38 mg, dan Air : 12 gr.

Namun harus kita ketahui meskipun jagung bisa menggantikan kiprah pakan amisan, namun tidak sepenuhnya bisa mengantikan perananya. Karena dalam sehari 1 ekor bebek petelur membutuhkan 16-20 gram asupan protein, sedangkan jagung hanya mempunyai 9,2 gram kandungan protein. Oleh alasannya itu kita juga harus menawarkan sedikit pakan sumber protein yg lain.

Banyak sekali pakan alternatif untuk pengganti kosentarat pakan bebek petelur yg bisa kita dapatkan dialam ataupun membeli dengan harga yg murah. Pakan sumber protein memang sangat dibutuhkan oleh bebek petelur tiap harinya biar lancar dalam bertelur. Akan tetapi kebutuhan zat gizi lain mirip karbohidrat, vitamin, kalsium dan kebutuhan gizi yg lainya juga harus kita berikan.

Kebutuhan karbohidratnya bisa kita dapatkan pada bekatul atau nasi aking, sedangkan kebutuhan vitamin bisa kita berikan sayur hasil dari sampah dapur atau bisa kita carikan juga diarea persawahan. Pakan bebek petelur yg baik yakni pakan yg mengandung banyak protein yg bisa kita dapatkan dari pakan alternatif dengan harga yg murah atau bisa mencarinya tanpa harus membeli dengan harga yg sangat mahal.

Umur Panen Angsa

Pada umumnya bebek daat di panen sehabis berumur 4 hingga 6 bulan. Tapi jikalau anda ingin melsayakan budidaya telur angsa, indukan bebek sanggup menghasilkan telur hingga berumur 10 tahun. Tapi jikalau ingin mengembangbiakan angsa, sebaiknya anda mengawinkan induk betina dengan induk jantan, kemudian indukan tersebut akan bertelur dan akan mengerami telur hingga menetas, namun lebh baik lsayakan penetasan telur memakai inhibitor.

Jenis- Jenis Angsa:

Genera Coscoroba
Coscoroba Swan (Coscoroba coscoroba) ialah spesies bebek yg merupakan endemik dari Amerika Selatan. Angsa jenis ini merupakan spesies bebek yg paling kecil. mereka mempunyai bulu berwarna putih dengan bulu hitam sedikit pada cuilan ujung 6 sayap, bebek ini mempunyai paruh berwarna merah. Beratjantan pada bebek ini ialah sekitar 3,8 hingga 5,4 kg dan betina sekitar 3,2 hingga 4,5 kg.


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Divisi: Chordata
Kelas: Aves
Memesan: Anseriformis
Keluarga: Anatidae
subfamili: Anserinae
Marga: Coscoroba
Jenis: C. coscoroba

Genera Cygnus

Angsa putih (Cygnus olor) ialah jenis bebek yg banyak tersebar di Eurasia. Angsa ini juga disebut sebagai bebek bisu sebab bebek ini tidak mempunyai bunyi layaknya bebek lain. Angsa ini mempunyai ukuran panjang sekitar 125 hingga 170 cm, bulunya berwarna putih dengan cuilan mata perbatasan paruh berwarna hitam.


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Divisi: Chordata
Kelas: Aves
Memesan: Anseriformis
Keluarga: Anatidae
Marga: Cygnus

Jenis: C. olor
Cygnus atratus atau Angsa Hitam ialah jenis bebek yg banyak tersebar di Australia, bebek remaja pada jenis ini mempunyai ukuran yg besar dengan panjang sekitar 130 cm. Bulu bebek ini keseluruhan hitam kecuali pada cuilan sayap yg terdapat adonan warna putih, paruhnya berwarna merah dengan ujung putih dan kakinya berwarna abu-abu.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Anseriformes
Famili: Anatidae
Genus: Cygnus
Spesies: C. atratus


Cygnus melancoryphus merupakan bebek yg berukuran paling besar dan banyak tersebar di Amerika Selatan. Angsa remaja pada jenis ini mempunyai ukuran 102 hingga 124 untuk panjangnya dan 3,5 hingga 6,7 untuk beratnya dengan ukuran sayap 135 hingga 177 cm. Bulu pada cuilan tubuh berwarna putih dan pada cuilan leher hingga kepala berwarna hitam dan tagihan berwarna abu-abu, paruhnya berwarna hitam.


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Divisi: Chordata
Kelas: Aves
Memesan: Anseriformis
Keluarga: Anatidae
subfamili: Anserinae
Suku: Cygnini
Marga: Cygnus

Jenis: C. melancoryphus
Cygnus cygnus atau Angsa whooper ialah jenis bebek yg banyak tersebar di sub-artik Eropa dan Asia.


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Divisi: Chordata
Kelas: Aves
Memesan: Anseriformis
Keluarga: Anatidae
subfamili: Anserinae
Suku: Cygnini
Marga: Cygnus

Jenis: C. Cygnus
Cygnus buccinator ialah jenis bebek yg banyak tersebar di Amerika Utara. bebek jenis ini mempunyai ukuran dewasanya sekitar 138 hingga 180 untuk panjangnya dan berat sekitar 7 hingga 13,6 kg. Bulunya berwarna putih keseluruhan dengan paruh hitam dan kaki ada yg berwarna hitam, abu-abu, merah muda,hingga kekuningan abuabu.


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Divisi: Chordata
Kelas: Aves
Memesan: Anseriformis
Keluarga: Anatidae
subfamili: Anserinae
Suku: Cygnini
Marga: Cygnus

Jenis: C. businator
Cygnus columbianus atau bebek tundra ialah jenis bebek yg banyak tersebar di Eropa dan Amerika Utara.


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Divisi: Chordata
Kelas: Aves
superorder: Galloanserae
Memesan: Anseriformis
Keluarga: Anatidae
subfamili: Anserinae
Suku: Cygnini
Marga: Cygnus

Diolah dari aneka macam sumber

Cara Ternak Bebek Lengkap, Dari Bibit Hingga Panen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29