Thursday, January 9, 2020

Tips Cara Gampang Menciptakan Pakan Pelet Sendiri

Cara Membuat Sendiri Pakan Pelet Untuk Ikan dengan Metode Sederhana
Jenis-jenis pakan ikan bis,a dikelompokkan dalam 2 kelompok besar yaitu pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami menyerupai daun-daunan, lumut, hewan-hewan kecil menyerupai serangga dan juga bangkai binatang lain termasuk ikan itu sendiri. Pakan buatan bis,a berupa pelet, dedak, sisa-sisa roti, camilan bagus dan juga sisa nasi dan makanan yg lain.

Ciri pakan alami ikan yaitu mempunyai kelemahan susah disimpan dalam jangka panjang sehingga harus diolah menjadi pakan jadi atau olahan. Salah satu pakan jadi yg paling terkenal untuk pakan ikan yg simpel dan bis,a cukup usang disimpan yaitu dengan dibentuk pelet.

Pakan yaitu semua yg bis,a dimakan oleh ternak ataupun ikan dan tidak mengganggu kesehatannya. Pada umumnya pengertian pakan (feed) dipakai untuk binatang yg mencakup kuantitatif, kualitatif, kontinuitas dan keseimbangan zat pakan yg terkandung di dalamnya. (Anonim, 2009). Pakan yaitu segaalah sesuatu yg sanggup diberikan sebagai sumber energi dan zat-zat gizi, istilah pakan sering diganti dengan materi bsaya pakan, pada kenyataanya sering terjadi penyimpangan yg memperlihatkan penggunaan kata pakan diganti sebagai materi bsaya pakan yg sudah diolah menjadi pellet, crumble atau mash. (Anonim a 2008). Bahan pakan yaitu (bahan makanan ternak) yaitu segalah sesuatu yg sanggup diberikan kepada ternak baik yg berupa materi organik maupun anorganik yg sebagian atau semuanya sanggup dicerna tanpa mengganggu kesehatan ternak.(Anonim, 2009). Bahan pakan terdiri dari materi organik dan anorganik. Bahan organik yg terkandung dalam materi pakan, protein, lemak, serat kasar, materi ekstrak tanpa nitrogen, sedang materi anorganik menyerupai calsium, phospor, magnesium, kalium, natrium. Kandungan materi organik ini sanggup diketahui dengan melsayakan analisis proximat dan analisis terhadap vitamin dan mineral untuk masing masing komponen vitamin dan mineral yg terkandung didalam materi yg dilsayakan di laboratorium dengan teknik dan alat yg spesifik. (Anonim a, 2009).
Pakan yaitu komponen utama dalam perjuangan peternakan maupun perikanan. Salah satu tips untuk menyimpan pakan biar berumur lebih cukup usang yaitu dibentuk pelet. Pembuatan pelet juga dimaksudkan biar ketika diberikan pada ternak atau ikan lebih efektif sebab akan sedikit materi yg terbuang sedangkan semua jenis materi penyusun pakan bis,a dikonsumsi setips tepat sebab sudah menyatu dalam bentuk pelet.


Berikut ini yaitu teladan tips mem.buat sendiri pakan pelet untuk keperluan sebagai pakan ikan dengan metode yg sederhana. Cara ini juga bis,a dipakai untuk mem.buat pelet sebagai pakan ternak ayam atau jenis ternak lainnya. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan yg diharapkan dalam pembuatan pakan pelet:

1. Tepung kanji
2. ragi
3. Bahan-bahan pakan ( sesuai selera anda ).

Cara Membuat Pelet:
  • Bahan-bahan pakan dicampur jadi satu lalu diblender hingga halus.
  • sehabis itu tambahkan air panas sebanyak ± 1/4 berat materi bsaya. dan aduk di atas api kecil, pengadukan campuran dilsayakan hingga terjadi perubahan warna segera masukkan tepung kanji dengan perbandingan 1/3 dari materi aduk terus hingga campuran mengental, bila perlu tambahkan sedikit lagi air panas.
  • Adonan didinginkan . Sesudah masbodoh masukkan ragi roti dan aduk hingga merata.
  • Bahan bsaya yg sudah masbodoh dicetak dengan penggiling daging dan akan diperoleh bentuk batangan-batangan. Batangan berair tersebut dipotong-potong sepanjang 3 cm atau terserah anda.
  • Pelet berair yg sudah dipotong-potong dijemur hingga kadar airnya 10- 20%. pengeringan sanggup juga dengan memakai oven. Pengeringan tidak boleh apabila pelet kering, keras dan gampang patah

Pakan rebus :
Bahan bsaya pembuatan pakan rebus terdiri atas ikan asin kualitas rendah (below standard = BS), tepung katul dan dedak halus dengan komposisi sebagaimana terdapat pada Tabel dibawah ini. Jumlah materi bsaya yg disediakan yaitu untuk proteksi pakan bagi 10 ribu ekor ikan.

Komposisi Bahan Bsaya Pakan Rebus


Adapun peralatan yg dipakai untuk pembuatan pakan yaitu wadah dari tong (ukuran setengah drum), kompor pompa minyak tanah dan tungku masak. Cara mem.buatnya yaitu sebagai berikut. Campuran materi diramu di dalam tong dan ditambah air bersih, diaduk hingga rata dan direbus secukup usang 2 jam, lalu didinginkan. Sesudah dingin, pakan yg masih diwadahi dalam tong atau dimasukkan kedalam karung plastik diangkut dengan bahtera ke lokasi fence.

Pemberian pakan dilsayakan sekali dalam sehari pada sore hari dengan tips pakan dikepalkan dalam genggaman lalu disebarkan di seluruh permukaan air. Menurut keterangan pembudidaya proteksi pakan dengan tips ini, hanya 75% pakan yg sanggup dimakan oleh ikan, sedangkan sisanya 25% tidak tergoda dan terbuang oleh arus air sungai yg mengalir.

Pakan tidak dimasak :
Bahan bsaya untuk pembuatan pakan tidak dimasak terdiri dari dedak, ikan asin BS, ampas singkong, bekatul dan ampas tahu. Komposisi dan jenis materi bsaya pembuatan pakan tidak dimasak buatan sendiri yaitu sebagaimana disajikan dibawah ini. Jumlah materi bsaya pada tabel dipergunakan untuk memperlihatkan pakan bagi 12,5 ribu ekor ikan.

Komposisi Bahan Bsaya Pakan Tidak Dimasak


Pengolahan pakan memakai seperangkat alat-alat mekanis yg dirancang sendiri. Peralatannya terdiri dari generator diesel berkekuatan 15.000 watt, mesin cincang daging (molen) ukuran besar 4 buah dan dinamo sebagai tenaga penggerak.

Cara pembuatan pakan yaitu sebagai berikut: Masing-masing materi bsaya pakan ditimbang sesuai kebutuhan dan dicampur di dalam wadah ukuran persegi empat yg terbuat dari papan dan diaduk hingga rata, lalu dimasukkan kedalam molen untuk diproses menjadi pelet.

Kemudian pelet di tampung dalam wadah plastik, dijemur beberapa jam di sinar matahari dan siap untuk diberikan kepada ikan. Hasil pakan olahan hampir sama dengan pakan buatan pabrik yaitu pelet berbentuk silindris ukuran diameter 5 mm dan panjang 4 – 5 cm. Menurut keterangan pembudidaya proteksi pakan dengan tips ini lebih efektif sebab sebanyak 99% pakan sanggup dimakan oleh ikan, sedangkan sisanya sebanyak 1% terbuang bersama arus air sungai yg mengalir.

Referensi:
http://tipstutorialtrik.blogspot.co.id 
sumber lainnya

Tips Cara Gampang Menciptakan Pakan Pelet Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29