Wednesday, November 20, 2019

Manfaat Daging Bebek, Ayam, Burung Puyuh Dan Angsa

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daging Angsa, Ayam, Bebek dan Burung Puyuh Bagi Kesehatan
Banyak sekali jenis unggas yg sudah didomestikasi dan dipelihara insan setips turun temurun. Beberapa jenis tersebut antara lain ayam, bebek, angsa dan burung puyuh. Ungas-unggas tersebut dimanfaatkan dagingnya dan juga telurnya. Daging dari aneka macam macam jenis unggas tersebut ternyata memliki banyak manfaat bagi kesehatan dan sebagian diantaranya mempunyai manfaat yg sama sebagai sumber protein hewani. Berikut ini beberapa manfaat dari daging unggas yg dikumpulkan dari aneka macam sumber.

Angsa ialah burung air berukuran besar dari genus Cygnus famili Anatidae. Bebek dan Angsa berleher pendek juga terdapat di famili Anatidae. Angsa bersama angsa berleher pendek masuk ke dalam subfamili Anserinae namun Angsa mempunyai suku sendiri, yaitu suku Cygnini. Bebek Atau Itik ialah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya ialah burung sayaatik yg sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek, dan sanggup ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut. Ayam ialah binatang aves atau unggas. bernafas dengan paru paru, tudak bis,a terbang, mempunyai paruh, mempunyai 2 kaki yg fungsinya untuk mengais tanah semoga bis,a mencari makanan. Burung puyuh ialah unggas daratan yg kecil namun gemuk. Mereka pemakan biji-bijian namun juga pemakan serangga dan mangsa berukuran kecil lainnya. Mereka bersarang di permukaan tanah, dan berkemampuan untuk lari dan terbang dengan kecepatan tinggi namun dengan jarak tempuh yg pendek.
Kandungan Gizi dan Manfaat Daging Bebek
Daging belibis ialah salah satu sumber protein yg baik selain daging ayam dan daging sapi. Meski begitu, daging belibis juga populer dengan kandungan kolesterol yg tinggi. Lalu apakah makan daging belibis itu sehat? Sebelum mengetahui jawabannya, yuk ketahui dulu manfaat daging belibis dan kandungan gizinya di sini.

Kandungan nutrisi di dalam daging belibis

Daging belibis sebagai sumber protein yg mempunyai jumlah kalori yg tinggi dan kandungan lemak yg tinggi. Dalam 45 gram daging belibis (satu potong), terdapat sebanyak 7 gram protein, 150 kalori, dan 13 gram lemak. Jumlah ini setara dengan 45 gram daging ayam dengan kulit. Lalu apa saja zat gizi yg ada di dalamnya?

Protein
Dalam 100 gram daging belibis menyediakan 55 persen kebutuhan protein harian Anda.  Protein merupakan zat yg paling dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi protein yg paling utama ialah sebagai zat pembangun tubuh. Protein juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, untuk melawan infeksi.

Lemak
Konsumsi lemak jenuh mempunyai imbas lebih besar pada kadar kolesterol darah Anda daripada asupan kolesterol. Batasi asupan lemak jenuh Anda hingga tidak lebih dari 7-10 persen dari kalori harian Anda.

85 gram daging belibis yg dimasak tanpa kulit mengandung 4 gram lemak jenuh, dan mengandung 75 miligram kolesterol. Sementara, 85 gram daging belibis yg dimasak dengan kulit mengandung 8 gram lemak jenuh dan 70 miligram kolesterol. Ini sekitar 25 persen dari batas yg disarankan yaitu 300 miligram kolesterol per hari untuk orang remaja yg sehat. Jika Anda mempunyai penyakit jantung atau kolesterol tinggi, batasi asupan kolesterol harian Anda hingga 200 miligram per hari.

Contohnya, kebutuhan kalori Anda dalam satu hari ialah 2.000 kalori. Maka 20 persen atau 40 persen dari asupan lemak jenuh yg disarankan pada hari itu, tergantung pada jenis daging belibis yg Anda.

Vitamin dan mineral
Daging belibis mengandung vitamin dan mineral yg berlimpah. Ini termasuk, zat besi, zink, selenium, vitamin B, kalium, dan fosfor.

Bahkan daging belibis menawarkan sumber zat besi yg sangat baik, yaitu zat besi heme. Ini merupakan kelompok zat besi yg sering ditemukan pada daging, tak hanya bebek, tapi juga pada sapi dan ayam, dan ikan. Zat besi ini lebih gampang diserap oleh tubuh Anda daripada zat besi non-heme yg ditemukan pada masakan nabati. Zat besi mengatur aneka macam acara metabolik, membantu mengatur pertumbuhan sel, dan membantu dalam produksi enzim tertentu.

Dalam daging belibis juga terdapat vitamin B12 dan B6. Vitamin B membantu tubuh Anda menghasilkan energi dari masakan yg Anda makan.

Selain itu, zink dan selenium merupakan komponen yg tidak sanggup ditinggalkan. Setiap mengonsumsi 3,5 gram daging belibis mengandung 1,9 miligram zink (yaitu 17% takaran yg dibutuhkan oleh laki-laki dan 24% takaran yg dibutuhkan oleh perempuan dalam satu hari) dan 14 mikrogram selenium. Keduanya sanggup berfungsi untuk meningkatkan sistem imun Anda.

Meski banyak yg menyampaikan bahwa daging ini jelek bagi kadar kolesterol tapi daging belibis tetap mempunyai manfaat bagi kesehatan. Bila dilihat dari kandungan gizinya, manfaat daging belibis ialah untuk mencegah anemia, membantu meningkatkan sistem imun, dan sebagai sumber protein yg baik.

Bila Anda mempunyai kadar kolesterol yg tinggi, pilihlah daging belibis yg dimasak tanpa banyak menambah lemak atau tanpa kulit. Batasi konsumsinya, tidak lebih dari satu porsi belibis tanpa kulit per hari.

Hindari mengonsumsi belibis yg renyah, lantaran biasanya belibis ini digoreng dengan kulitnya. Bebek panggang atau rebus ialah pilihan yg lebih baik daripada digoreng. Konsumsilah masakan yg rendah koleseterol dan lemak jenuh untuk masakan pendamping daging bebek.

Manfaat Daging Ayam
Dilansir dari Times of India, ini sekian manfaat yg bis,a didapat dari mengonsumsi daging ayam.

Sumber Protein
Daging ayam ialah sumber protein sehat yg bis,a memenuhi kebutuhan protein harian. Protein bis,a menggantikan karbohidrat untuk diubah menjadi energi dan berfungsi dalam membangun dan memelihara struktur dalam tubuh.

Obat anti-depresan alami
Ternyata daging ayam mengandung asam amino triptophan yg berfungsi ibarat obat anti depresi, bisa meningkatkan kadar serotonin di otak, membantu melepaskan stres sehingga bis,a meningkatkan suasana hati.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Imunitas
Sup ayam biasanya menjadi sajian masakan melawan penyakit lantaran bis,a pembangkit tenaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dalam daging ayam mempunyai imbas positif melawan penyakit degeneratif ibarat radang, kardiovaskular, dan neurologis.

Mengatur kadar kolesterol
Makan daging ayam tanpa lemak juga efektif mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, terutama kolesterol jahat. Kandungan nutrisinya yg sehat bisa menjaga stabilitas kolesterol.

Merangsang acara metabolik
Protein bukan hanya diubah menjadi energi namun juga berperan aktif menjaga metabolisme tubuh yg sehat.

Kandungan Gizi dan Manfaat Daging Angsa
Dibandingkan dengan unggas lainnya, angsa mempunyai panjang leher dan tubuh ukuran yg lebih besar juga. Demikian pula, kandungan gizi dalam daging bebek, dibandingkan dengan beberapa jenis lain dari unggas, angsa mempunyai kandungan gizi kesehatan untu baik. kandungan nutrisi di angsa meliputi:

Kandungan energi 354 kilokalori
Protein 16,4 gram
Lemak 31 gran
Kalsium 15 mg
188 miligram fosfor
Besi 2 miligram

Selain beberapa kandungan gizi, angsa juga mengandung vitamin ibarat vitamin A, dan vitamin B. Berdasarkan konten yg ada di angsa, angsa mempunyai beberapa manfaat kesehatan.Burung yg sanggup berat hingga 26 kg senyawa ini dalam tubuh yg bermanfaat untuk kesehatan dan kehidupan manusia. Manfaat Goose dibedakan dengan kepingan tubuhnya, termasuk:

Daging Angsa
daging angsa sebetulnya masih sedikit perdebatan, lantaran beberapa orang beropini bahwa daging angsa tidak baik untuk kesehatan. Namun, berdasarkan penelitian yg sudah dilsayakan, daging angsa mempunyai kandungan protein dari daging dan juga mempunyai struktur ibarat minyak zaitun. Protein dalam daging angsa sanggup dikatakan lebih dari unggas lainnya. Protein dalam angsa mencapai 16, 4 gram. Mengkonsumsi angsa daging, sanggup memenuhi kebutuhan protein harian tubuh.

Selain mempunyai kandungan protein yg tinggi, manfaat dari daging angsa juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. daging daging angsa mempunyai struktur yg ibarat dengan minyak zaitun. Minyak zaitun sendiri mempunyai manfaat yg baik untuk kesehatan jantung. Demikian pula, minyak zaitun, angsa struktur daging ibarat dengan minyak zaitun juga mempunyai manfaat yg baik untuk kesehatan jantung.

Telur Angsa
Tidak hanya daging, telur angsa juga bermanfaat bagi kesehatan. daging angsa dibandingkan, konten angsa telur protein lebih tinggi, yaitu sekitar 20 gram. telur angsa juga mengandung zat besi dan vitamin A, yg baik untuk menjaga kesehatan mata.

telur angsa juga mengandung kolesterol yg sanggup memenuhi kebutuhan kolesterol harian yg dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, angsa telur juga mengandung folat yg baik untuk menjaga kehamilan yg sehat untuk perempuan hamil. Direbus konsumsi angsa telur juga sanggup mempercepat proses yg sedang berlangsung pembuahan. Isi dari stimulasi telur angsa sanggup membantu dalam proses pembuahan janin. Ketika janin sudah tertanam, telur angsa sanggup menjaga asupan gizi janin, terutama untuk membantu perkembangan otak janin. telur angsa sanggup membantu otak janin untuk tidak terganggu oleh janin secukup usang kehamilan dan sanggup menghindari cacat lahir.

Manfaat Daging Burung Puyuh Bagi Kesehatan

Bermanfaat Untuk Diet
Manfaat makan daging puyuh yg pertama yaitu baik untuk diet. Daging puyuh mempunyai tekstur daging yg lembut dan sedikit berserat. Selain itu daging puyuh mempunyai kandungan lemak tak jenuh sehingga Anda tidak usah ragu-ragu lagi dalam mengkonsumsi daging burung yg satu ini. Lemak tak jenuh sangat baik untuk mencegah kolestrol yg mengakibatkan penyempitan sel dalam darah dan sanggup mengakibatkan penyakit jantung. Lemak tak jenuh juga sangat baik sebagai sajian diet untuk menurunkan berat badan.

Menjaga Imunitas Tubuh
Manfaat makan daging puyuh yg kedua yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Daging burung puyuh yg dikonsumsi setips rutin akan meningkatkan system imun di dalam tubuh. Peningkatan imun ini sangat berfungsi dalam menjaga tubuh semoga tidak gampang terjangkit penyakit. Selain itu juga bisa membasmi kuman dan parasite yg masuk ke dalam tubuh.

Memperbaiki Jaringan Tubuh
Manfaat makan daging puyuh yg ketiga yaitu memperbaiki jaringan tubuh. Protein yg terkandung di dalam daging atau telur burung puyuh bisa membantu pembentukan sejumlah jaringan dan sel yg ada pada kuku, kulit dan rambut dan membantu meningkatkan produksi hormone dan enzim yg ada dalamtubuh.

Mencukupi Kebutuhan Energi
Manfaat makan daging puyuh yg keempat yaitu mencukupi kebutuhan energi. Burung puyuh juga mempunyai kandungan vitamin B2 yg bisa mengubah karbohidrat menjadi gula. Seperti yg sudah diketahui bahwa gula sebagai materi energi alternatif yg diharapkan oleh tubuh.

Kesehatan Kulit, Tulang dan Mata
Manfaat makan daging puyuh yg kelima yaitu menjaga kesehatan kulit manusia. Burung Puyuh mempunyai kandungan vitamin E yg bermanfaat dalam memperlambat penuaan dini. Vitamin E pada daging telur puyuh sangat berperan penting dalam proses regenerasi kulit yg berlangsung tiap hari. Manfaat makan daging puyuh yg keenam yaitu memperkuat tulang manusia. Kandungan fosfor dan kalsium di daging burung puyuh sangat bermanfaat guna menjaga tulang semoga tak keropos sehingga tidak terjadi osteoporosis. Manfaat makan daging puyuh yg ketujuh yaitu menjaga kesehatan mata. Kuning telur burung puyuh tidak hanya kaya kandungan protein, melainkan juga mempunyai kandungan lutein dan zeaksantin yg bermanfaat menjaga kesehatan retina mata. Kandungan tersebut melindungi mata dari imbas jelek sinar biru yg masuk ke di dalam mata. Selain itu daging dan telurnya mempunyai kandungan vitamin A yg bermanfaat bagi kesehatan mata walaupun tidak sebanyak wortel.

Memberikan Nutrisi pada Otak dan Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat makan daging puyuh yg kedelapan yaitu Memberikan Nutrisi pada otak. Telur burung puyuh mempunyai kandungan kolin yg bermanfaat di dalam perkembangan otak. Kolin di dalam telur burung puyuh membantu kinerja syaraf otak sehingga meningkatkan daya ingat. Dengan rutin mengkonsumsi telur burung puyuh, Anda akan mempunyai daya ingat yg lebih baik. Manfaat makan daging puyuh yg kesembilan yaitu Menjaga kesehatan jantung. Kandungan protein pada daging dan telur puyuh membantu menyeimbangkan kolesterol yg masuk dalam tubuh. Oleh lantaran itu, mengkonsumsi daging dan telur burung puyuh baik bagi kesehatan jantung.

Mengatasi Gangguan Pernapasan dan Anemia
Manfaat makan daging puyuh yg kesepuluh yaitu mengatasi ganguan pernapasan. Konsumsi daging burung puyuh bis,a mengatasi gangguan pernapasan yg dialami yakni ibarat asma, tubercolusis, dan vegetative vascular dystrophy. Adapun binatang yg mempunyai kandungan yg sama di dalam mengatasi gangguan pernapasan ialah daging kelelawar dan tupai. Manfaat makan daging puyuh yg kesebelas yaitu mengatasi anemia. Zat besi yg terkandung dalam burung puyuh berfungsi untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Zat besi bis,a membantu produksi hemoglobin dan sel darah merah yg bermanfaat mengatasi kekurangan darah dalam tubuh.

Mencegah stroke dan Bagus Untuk Ibu Hamil
Manfaat makan daging puyuh yg keduabelas yaitu mencegah stroke. Stroke merupakan penyakit yg disebabkan oleh gangguan pembuluh darah pada otak. Penyakit stroke umumnya dipicu oleh tekanan darah tinggi yg disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah, stroke hingga gangguan pada jantung. Stroke termasuk penyakit yg sanggup menuebabkan kelumpuhan atau bahkan kematian. Maka dari itu, penyakit ini harus dicegah sedini mungkin, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi daging burung puyuh. Hal ini disebabkan lantaran daging puyuh bisa melancarkan kembali peredaran darah. Manfaat makan daging puyuh yg ketigabelas yaitu manis untuk dikonsumsi ibu hamil. Daging puyuh memang kondusif dikonsumsi dikala hamil. Apalagi daging puyuh kaya akan kandungan nutrisi ibarat protein, lemak, vitamin, dan mineral yg memang dibutuhkan tubuh. Terutama protein yg sangat baik untuk pertumbuhan otak janin dalam rahim.

Manfaat Daging Bebek, Ayam, Burung Puyuh Dan Angsa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29