Friday, November 22, 2019

Harga Karkas Sapi Terbaru Untuk Aneka Macam Model Potongan


Mengenal Berbagai Model Potongan Karkas dan Perbedaan Harganya
Karkas yakni hasil potongan dari seekor ternak yg berupa daging dan tulang. Setips umum karkas sapi yakni bab dari hasil pemotongan sapi setelah dilepas kulitnya, dikeluarkan oval atau jerohannya dan dipotong kepala dan 4 kaki sebatas dengkul sapi ke bawah.
Karkas yakni bab dari ternak setelah disembelih yg terdiri dari daging dan tulang, tanpa kepala, kaki, kulit dan jeroan. Berat daging yg diperoleh juga sangat tergantung pula kepada perlsayaan kepada ternak sebelum dipotong.
Standar karkas yg banyak dikenal yakni dengan model karkas belah dua memanjang dari leher hingga bab ekor. Tetapi kalau kita berkeliling ke beberapa tempat maka akan ditemukan aneka macam macam model potongan karkas yg tentunya akan menghasilkan tingkat harga yg berbeda-beda.

Selain model potongan, tingkat triming lemak juga sangat mempengaruhi harga karkas di tingkat RPH. Semakin higienis trimming lemaknya maka otomatis harga karkas akan semakin mahal. Berikut ini beberapa model potongan karkas dan harga karkas terbaru dikala ini selesai tahun 2018 menjelang 2019 dan teladan tempat yg menggunakan model karkas tersebut.

Karkas model standar belah 2 dengan sedikit triming
Model karkas ini dilsayakan salah satunya di RPH Ciroyom Bandung, dan model ini dianggap sebagai model yg paling elok dan paling fair baik untuk pedagang karkas maupun untuk pembeli dagingnya. Saat ini harga karkas model ini berkisar antara Rp 85.000 - Rp 88.000 per kg.

Karkas model belah 4 dengan triming bersih
Model karkas ini dilsayakan oleh jagal di RPH Kedurus dan Pandaan. Dengan model ini, bagian-bagian karkas ditimbang menjadi 4 bab yg terdiri dari 2 paha depan dan 2 paha belakang. Harga untuk jenis karkas ini berkisar antara Rp 86.000 - Rp 88.000 per kg.

Karkas model tanpa tulang punggung
Model yg satu ini banyak dilsayakan jagal di RPH Gadang, dengan model ini maka tulang punggung sapi tidak ikut ditimbang setelah dilepas dagingnya. Kisaran harga untuk karkas  model ini antara Rp 90.000 - 95.000 per kg.

Karkas model 4 paha
Ini adalah  model karkas yg menghasilkan karkas paling mahal. Untuk  model karkas ini maka tulang punggung dan iga tidak ikut ditimbang setelah dilepaskan dagingnya. Uniknya lagi untuk model karkas ini daging tenderloin dibiarkan melekat pada tulang punggung dan tidak ikut ditimbang dan menjadi hak pembeli karkas. Harga model  karkas 4 paha ini dikala ini berkisar antara Rp 100.000 - Rp 104.000 per kg.

Model karkas belah 2 atau 4 tanpa triming
Model potongan karkas ini biasanya memiliki harga paling murah. Karkas yg dipotong hampir tanpa di triming lemaknya sama sekali sehingga lemak yg masih melekat pada daging ikut ditimbang dan dihargai. Model tanpa triming ini biasanya dilsayakan oleh para jagal di pegirian dan juga di RPH Pasuruan. Harga model karkas ibarat ini berkisar antara Rp 80.000 - Rp 82.000 per kg.
Cara menghitung jumlah karkas yg dihasilkan dari tiap penyembelihan ternak yakni sebagai berikut : Seekor sapi akan bisa menghasilkan karkas sekitar 45% – 55% dari berat hidup tergantung kualitas sapinya, sedangkan domba akan menghasilkan karkas sebesarr 40% – 45%. Jika kita membeli seekor sapi dengan berat tubuh 400 kg, maka akan memperoleh karkas sekitar 180 – 220 kg. Dari karkas seberat ini, akan dihasilkan daging tanpa tulang (boneless) sekitar 75 % - 80% dari berat karkas atau sekitar 135 – 165 kg. Daging yg dihasilkan ini belum termasuk jeroan, kaki dan kepala. Berat daging yg diperoleh sangat tergantung pula kepada perlsayaan kepada ternak sebelum dipotong. Akibat jeleknya perlsayaan sebelum dipotong, biasanya sanggup menurunkan berat hidup (susut berat badan) hingga dengan 5% dari berat badannya, bahkan bis,a lebih tinggi lagi.
Harga karkas diatas juga masih dipengaruhi lagi oleh jenis sapi, jantan betina dan juga kualitas sapi yg dipotong. Semakin super kualitas sapi semakin mahal harga karkasnya dan umumnya juga persentase karkasnya semakin tinggi. Sapi-sapi afkir, sapi-sapi bau tanah yg kurus dan tidak terurus biasanya harga karkas akan sangat jauh dari harga normal diatas. Harga karkas juga dipengaruhi tips pembayaran, kalau cash maka harga  bis,a lebih murah daripada dicicil atau dihutang hampir sama dengan harga sapi hidup di pasar hewan.

Harga Karkas Sapi Terbaru Untuk Aneka Macam Model Potongan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29