Thursday, September 26, 2019

Jenis-Jenis Sangkar Unggas


 Kandang ialah salah satu kebutuhan penting dalam bisnis peternakan. Fungsi utama sangkar ialah untuk menjaga biar ternak tidak berkeliaran dan memudahkan pemantauan serta perawatan ternak. Terdapat banyak sekali jenis kandang, baik menurut tipe maupun materi yang dipakai untuk menciptakan sangkar tersebut, sedangkan penggunaannya diadaptasi dengan kebutuhan. secara tidak eksklusif sangkar juga menghipnotis kualitas dan kuantitas hasil peternakan. Kandang yang fungsional akan menambah pendapatan bagi para pemiliknya. Berikut jenis-jenis sangkar unggas;



1. Kandang Box
Kandang box sanggup dibentuk dari banyak sekali materi menyerupai kayu, bambu, papan, triplex, gardus, kawat ram dan sebagainya. Kandang box dipakai untuk anak itik umur 1 hari sampai 14 hari di mana pada masa ini itik membutuhkan daerah yang hangat serta nyaman.

Kontruksi sangkar box ialah sebagai berikut :
a. Kandang box sanggup dibentuk berbentuk empat persegi, lingkaran ataupun bujursangkar.
b. Ukuran sangkar box sanggup dibentuk sesuai harapan dan materi yang ada. Adapun pola ukuran sangkar sanggup dibentuk sebagai berikut : 1m x 2m, 1m x 1m, 1.5m x 1.5m atau 2m x 2m.
c. Tinggi sangkar 1 meter dan sangkar sanggup dibentuk bertingkat.
d. Dinding sangkar diberi ventilasi, lantai sangkar dibentuk dari kawat ram atau bilah bambu.
e. Tempat makan dan minum sanggup di letakan di luar ataupun di dalam sangkar box
f. Sumber panas diletakan di dalam sangkar dan suhunya sanggup diatur sesuai umur itik

2. Kandang Ren
Kandang ren ialah tipe sangkar daerah pembesaran ataupun pemeliharaan induk itik, sangkar sanggup dibentuk bertingkat ataupun lantai tanah yang dialasi litter. Litter sangkar sanggup memakai jerami, sekam padi ataupun materi lainnya sesuai ketersediaan bahan. Ukuran sangkar sanggup disesuikan dengan kondisi dan materi setempat dengan memperhatikan kepadatan ruang sangkar dan jumlah itik yang dipelihara.
Kandang ren terbagi dalam dua bab yaitu daerah berteduh, beristirahat ataupun sebagai daerah bertelur untuk induk petelur serta ren sebagai daerah bermain ataupun sebagai daerah makan dan minum ternak itik. Halaman sangkar ren sanggup pula dibentuk kolam, khusus untuk itik petelur tetas di mana proses perkawinan antara itik jantan dan betina akan lebih maksimal sehingga kebutuhan telur tetas lebih terjamin.

3. Kandang Postal
Kandang postal lebih tertutup dibanding dengan model sangkar ren,yg dimana tidak ada halaman terbukanya. Konstruksi sangkar postal dengan dinding dari belahan-belahan bambu ataupun dibentuk dindng tembok dengan vertilasi udara yang cukup ditujukan untuk sistem pemeliharan itik secara intensif.

4. Kandang Batere
Kandang batere untuk ternak itik ialah sangkar yang dibentuk untuk sistem pemeliharaan intensif di mana setiap ruang sangkar ditempati satu ekor itik. Dengan memakai sangkar ini, peternak sanggup mengawasi perkembangan setiap ternak baik produksi, kesehatan, pakan dan lain sebagainya.

5. Sanitasi Kandang
Keberhasilan dalam perjuangan ternak itik tidak lepas dari keadaan sangkar yang higienis dan bebas dari banyak sekali sumber penyakit. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu dilakukan aktivitas sanitasi yang mencakup pencucian sangkar dari kotoran ternak serta mencucihamakan (desinfektan) sangkar dengan obat-obatan pembasmi kuman.

Jenis-Jenis Sangkar Unggas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29