Friday, August 2, 2019

Ilmu Dasar Mengenai Penggemukan Domba - Budidaya Domba - Ternak Domba

Bisnis penggemukan domba, bisnis domba Qurban, bisnis aqiqah, bisnis kuliner sate domba... wooowww... niscaya bagi para peternak domba atau mereka yang gres memulai beternak domba , banyak sekali bisnis tadi sudah menciptakan dada berdebar.... sudah pinginnnnnn banget segera beli domba, digemukkan, jual, UNTUNG banyak.


Hehehehe.. maap jika kami lancang, impian yg segera mendapat untung banyak dari perjuangan penggemukan domba inilah yang seringkali MENJERUMUSKAN banyak peternak domba ke dalam jurang. Bener.. ngak bohong, banyak yang gelap mata bahkan gelap logika sehat, alasannya yakni punya duit banyak lalu ikut-ikutan bisnis penggemukan domba, lalu beli obat ini dan obat itu, akhirnya... the end alias BANGKRUT.

Membayangkan duit yang buanyakkkk pas panen raya jualan domba Qurban... ini salah satu magnet KUAT untuk menarik banyak orang mencoba masuk ke dalam bisnis penggemukan domba.

STOP... jika belum punya ilmu yang cukup, belum ngerti plus ndak punya pembimbing yang benar, jangan sekali-kali mencoba bisnis penggemukan domba, bisa-bisa jantung copot, bisa-bisa duit ludes, bahkan domba sanggup menjadi pemicu stroke... hehehe.. bener lho... jika bisnis penggemukan dombanya gagal, tensi naik, stress berat... stroke deh.. malah kacau semuanya.

Ok... kami coba jabarkan sedikit-demi sedikit mengenai seluk beluk penggemukan domba, tapi ini hanya dasarnya saja ya.. tidak hingga mendetail, alasannya yakni jika mendetail wajib berguru pribadi alias praktek di kandang.

Apa saja sih PONDASI dasar bagi Anda yang ingin mencoba menjalankan usaha penggemukan domba ? Ok... kami bahas mengenai hal-hal sangat fundamental ya...

A. Mengenal jenis domba di Indonesia

Ada beberapa jenis domba yang sangat familiar di masyarakat Indonesia, diantaranya yakni Domba ekor tipis ( domba gembel ), Domba ekor gemuk ( gibas, kibas ), Domba Garut, Domba Merino, Domba Texel, Domba Mega ( Merino X Garut ). Pada proses penggemukan, maka harus dipahami dengan sangat seksama menggenai huruf masing-masing domba, pakan yg diperlukan, seruan customer masing-masing daerah. Sangat bijak apabila Anda menentukan jenis domba menurut seruan pasar, alasannya yakni perputaran bisnisnya akan cepat.

B.  Pakan dan lokasi kandang

Banyak peternak menentukan memelihara domba dengan alasan domba lebih gampang dalam pemeliharaannya, salah satu faktornya yakni jenis pakan domba yang sangat gampang didapatkan dan sangat murah yaitu jenis rumput-rumputan. Ini ada benarnya namun menjadi kurang sempurna apabila sangkar domba dengan lokasi cari rumputnya berjauhan jaraknya, maka tidak efektif. 

Yang paling ideal yakni letak sangkar domba dengan sumber pakan WAJIB berdekatan, atau jika memungkinkan dombanya sanggup digembalakan sehingga akan sangat menghemat tenaga dan waktu untuk tunjangan pakannya.

Rumput lapangan yakni salah satu favorit untuk pakan hijauan domba, namun sangat baik apabila disupport oleh jenis pakan hijauan lainnya ibarat : rumput odot, rumput gajah, rumput sataria, rumput guatemala, dll.

Sebagai pakan suplemen sanggup diambilkan dari limbah pertanian semisal pohon & kulit kedelai, kulit kacang hijau, ampas tahu, dll

C. Pilih bakalan yang bagus.

Untuk penggemukan usahakan menentukan bakalan yang anggun dan minimal berat tubuh bakalannya kurang lebih berat hidup 14-15 kg, alasannya yakni dengan bobot 15 kg an maka si domba sudah sangat berdikari untuk makannya dan sudah gampang mengikuti keadaan dengan banyak sekali macam pakan.

Apabila memelihara dari lepas sapih maka peternak akan dibebankan oleh keharusan menawarkan nutrisi yang sangat baik sebagai pengganti air susu indukannya.

Karakter kawasan juga sangat berpengaruh, semisal ada kawasan yang suka dengan domba bertanduk, ada kawasan yang tidak problem dengan domba dugul ( tak bertanduk ) yang penting murah meriah.

D. Kandang

Untuk domba akan leih efektif dan senang apabila dibuatkan sangkar bentuk panggung dan bersifat koloni, sehingga para domba akan leluasa beraktifitas. Kandang panggung juga akan memperkecil kemungkinan si dombanya sakit, semisal kembung. Kekurangan sangkar koloni yakni pemilik domba akan kesulitan untuk recording perkawinan, alasannya yakni domba jantan dan betinanya berkumpul dan setiap ketika sanggup kawin.

E. Obat-obatan

Obat yang wajib disiapkan yakni obat kembung, obat mata, obat cacing dan multi vitamin. 

Ilmu Dasar Mengenai Penggemukan Domba - Budidaya Domba - Ternak Domba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29