Thursday, August 1, 2019

Cerita TKI yang Sukses Beternak Kambing / Domba

Cerita TKI yang Sukses Beternak Kambing / Domba

Negara Indonesia memuliki tenaga kerja yang benerja di luar negri dan jumlahnya banyak sekali, mulai dari level skill yang minim hingga tenaga kerja dengan skill tinggi, namun ternyata lebih banyak didominasi tenaga kerja Indonesia di luar negeri hanyalah berkemampuan standart, alias skill biasa.

Menjadi Tenaga Kerja Indonesia memang menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarga hal ini didorong oleh tingkat kemiskinan yang tinggi khususnya di tempat minoritas pembangunan dan lagi gencarnya para pencari atau makelar tenaga kerja yang berani blusukan ke kampung-kampung dan menjanjikan honor dan masa depan indah ialah salah satu pendorongnya.
Bekerja di luar negeri dengan skill pas-pasan dan pengetahuan yang sangat terbatas kesudahannya banyak membawa hal yang kurang menyenangkan, mulai dari siksaan majikan, tidak dibayarnya gaji, kesejahteraan minim, sekian tahun bekerja namun tidak ada hasil sangat menempel pada TKI dengan skil pas-pasan. Namun ada juga yang beruntung mendapat pekerjaan atau majikan yang memang baik sehingga hasil bekerja di luar negeri pun terkumpul.

Perbaikan ekonomi ialah alasan klasik, sehingga kebiasaan yang terjadi dalam sebuah keluarga TKI ialah pengiriman dana rutin tiap bulan atau tiap suatu ketika tertentu ke kampung halaman. uang kiriman ini ternyata lebih banyak didominasi dipakai untuk acara konsumtif, mulai dari pembiayaan konsumsi makan sehari-hari, bayar sekolah, memperbaiki rumah, beli kendaraan bermotor, sedangkan salah satu hal produktif yang lazim dilakukan ialah hasil kiriman dar anggota keluarga yg jadi TKI dipakai untuk membeli tanah, sawah, ataupun ternak.

Bagi TKI yang berasal dari keluarga wirausaha, maka hasil dari bekerja jadi TKI akan dipakai untuk kegiatan produktif, namun ternyata perjuangan produktifnya masih bersifat monoton, alias tidak melaksanakan perubahan, contohnya hanya sekedar membeli sawah, kebun. 

Masih sangat kurang acara untuk memperbaiki skill keluarga yang ada di rumah, contohnya untuk kegiatan kursus mejahit, kursus kuliner, ikut training usaha, dll.

Apakah TKI yang masih di luar negeri bisa memiliki sebuah perjuangan yang produktif dan dikelola anggota keluarganya ? jawabannya ialah BISA

Ambil kasus ialah ternak kambing domba unggulan. Salah satu yang harus dilakukan ialah upgrade ilmu dan membangun networking dalam bidang ternak kambing. Nah anggota keluarga yang di rumah silahkan diarahkan untuk update ilmu beternak kambing domba kepada para peternak senior ataupun silahkan mengikuti training ternak kambing domba unggulan.

Kalau sudah mendapat ilmu updatan, maka langkah berikutnya memanfaatkan lahan atau kebun yg sudah dimiliki untuk ditanami pakan hijauan ternak. Kalau tidak punya lahan silahkan sewa lahan untuk membangun bank pakan.

Tahapan persiapan lahan hijauan sudah terkondisikan, step selanjutnya ialah menciptakan sangkar kambing yang ber SNI atau yang baik dan benar. Membangun sangkar kambing domba bisa memakai material yang ada disekitar anda, mulai dari bambu, kayu ataupun baja ringan.

Sangat penting untuk membangun sangkar yang benar baik dari segi struktur, desain maupun fungsinya, sehingga ini nanti kambing domba yang dipelihara akan merasa nyaman.

Langkah berikutnya kalau ilmu, lahan pakan hijauan, sangkar sudah jadi, barulah beli kambing domba. Silahkan diputuskan mau ambil jalur pembiakan ( breeding ) maupun jalur fattening ( penggemukan )

Pada awal perjuangan ternak kambing domba unggulan, saran kami ialah jangan beli banyak-banyak dahulu, silahkan diadaptasi dengan kapasitas pakan yang dimiliki, kapasitas tenaga kerja yang mengurusi dan kapasitas marketingnya.

************************************************
Bagaimana menciptakan orang rumah pribadi bisa seiya-sekata untuk mau ternak kambing domba ?

Caranya ialah :
  1. Mengikutsertakan salah satu anggota untuk silaturahmi atau ikut pelatihan ternak kambing domba, sehingga nanti ilmu beternaknya akan bertambah pesat.
  2. Komunikasi melalui sosmed atau whatsapp antara yang di luar negri dengan keluarga di Indonesia sehingga anda akan bisa selalu mengontrol perkembangan tahapan memulai ternak kambingnya
  3. Membudayakan dan brain wash mengenai acara produktif untuk keluarga di kampung
  4. Sabar menunjukkan aneka macam warta mengenai perkembangan dunia ternak kambing domba.
Nah... kesudahannya ketemu 1 solusi untuk TKI, semoga income yang diterima ketika ini sebagai TKI nanti bisa sejajar dengan mereka yang kerja di rumah pelihara kambing domba.

Salam ternak kambing domba.

Cerita TKI yang Sukses Beternak Kambing / Domba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29