Tuesday, August 20, 2019

Budidaya Ternak Kambing PE Kaligesing Purworejo

Kaligesing yakni sebuah kecamatan di kabupaten Purworejo yang populer sebagai pusat peternakan kambing peranakan etawa dengan kualitas bagus.

Berawal dari dongeng Mangharam Teloomal, seorang ningrat India yang membawa kambing Benggala pada tahun 1943 lalu dikembangbiakan di tempat Kaligesing, dan sekarang hampir semua warga masyarakat Kaligesing membudayakan kambing PE.


Kambing PE Kaligesing Purworejo sekarang menjadi salah satu primadona sendiri di kalangan peternak kambing, ada banyak alasan kenapa para peternak kambing sekarang menentukan kambing PE sebagai kambing yang dipelihara dan dikembangbiakan

Kambing PE Kaligesing mempunyai beberapa keunggulan, antara lain bisa dijadikan kambing jenis penghasil susu, penghasil daging dan yang istimewa yakni kambing PE Kaligesing dengan kriteria tertentu bisa masuk dalam kelas kambing PE kontes yang tentu saja harga kambingnya jadi loncat menjadi sangat mahal harganya.

Membudidayakan kambing PE Kaligesing tidaklah sulit alasannya jenis kambing ini bisa mengikuti keadaan didaerah panas maupun du daerah dingin. Pakan nya pun sagat gampang didapatkan alasannya hanya pakan hijauan menyerupai daun kaliandra, gamal, daun singkong, kleresede, nangka, dan sebagainya.

Cara beternak kambing PE Kaligesing yang masuk kategori pedaging dan susu lebih gampang merawatnya dibandingkan dengan yang kelasnya sudah masuk kelas kontes.


Budidaya Ternak Kambing PE Kaligesing Purworejo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29