Sunday, August 18, 2019

Bagaimana Cara Mengobati Sapi Cacingan?

Sapi Kurus, Makan Banyak Tetapi Susah Gemuk, Kemungkinan Sapi Terserang Cacingan, Ini Cara Mengobatinya!

Banyak obat cacing pabrikan untuk sapi yg cacingan tetapi bila anda kesulitan menemukan atau membeli obat cacing tersebut alasannya yakni lokasi anda yg jauh dari toko pertanian atau domisili yg dipelosok maka obat alami ini patut dicoba sebagai tips pengobatan cacingan yg efektif.

Bahan-bahan untuk obat alami cacingan banyak tersedia di sekitar anda ibarat biji pepaya, buah pinang, bawang putih. Silahkan saja pilih materi yg paling gampang untuk mengobati sapi anda yg terjangkit cacingan.


Bagaimana resep dan tips mem.buat obat cacing dari bahan-bahan herbal untuk mengobati sapi yg cacingan?

Cara Memanfaatkan Tanaman Herbal untuk Obat Cacing pada Sapi
Sebenarnya beberapa tumbuhan mempunyai kemampuan untuk dipakai sebagai obat anti-cacing dan hal ini biasa dilsayakan dalam tehnik beternak pada jaman dahulu. Beberapa jenis tumbuhan yg biasa diberikan oleh peternak dengan tujuan sebagai obat cacing yakni : pinus, jahe, biji labu, biji pinang, bawang putih, pepaya, bawang putih, jahe, beberapa jenis tumbuhan karet (contoh : Ficus religiosa) dan beberapa jenis tumbuhan yg mempunyai kandungan tanin dengan konsentrasi yg tinggi.




Resep Obat Cacing Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih yg biasa dipakai untuk memasak di dapur juga mempunyai khasiat anti-cacing yg sangat efektif, terutama untuk melawan infestasi cacing Ascaris sp, Enterobius dan semua jenis cacing paru-paru. Keuntungan lain dari bawang putih yakni adanya kandungan antibiotika alami yg sangat kondusif dan tidak meninggalkan residu di sapi, antibiotika ini akan berperan sebagai "growth promotor" atau pemacu pertumbuhan pada laju pertumbuhan sapi.
Pada pengobatan sapi-sapi muda penggunaan bawang putih sangat disarankan alasannya yakni tidak pernah ditemukan imbas samping yg merugikan, beberapa tips penggunaan bawang putih sebagai obat cacing yakni sebagai berikut:
  • Bawang putih segar dihancurkan berikut daun bawang putih sanggup dicampurkan pada konsentrat yg diberikan pada ternak.(10-20 siung / bulan)
  • 4 siung bawang putih yg dihancurkan dicampur dengan konsentrat dan dibuat ibarat bola, diberikan untuk anak sapi di bawah 6 bulan .
  • Daun bawang putih juga mempunyai imbas anti cacing yg kuat, sehingga di tempat penghasil bawang daun bawang putih sanggup dipakai sebagai salah satu sumber obat cacing yg murah.



Resep Obat Cacing Menggunakan Buah Pinang

Bahan yg diperlukan :
- 10 Biji buah pinang
- Air 1 gelas
Metode :
- Sangrai biji pinang hingga kering, atau sanggup juga dijemur hingga kering
- Tumbuk biji pinang yg sudah kering hingga halus
- Campur dengan air 1 gelas
- Minumkan pada sapi
Dosis :
- Biasanya larutan diberikan 1 bulan 1 kali untuk pemeliharaan.
- Untuk pengobatan larutan diberikan 1 kali sehari secukup usang 2 – 3 hari dan biasanya cacing akan keluar dalam waktu 24-48 jam.






Resep Cara Membuat Obat Cacing Dari Biji Buah Pepaya
Biji buah pepaya (Carica papaya) terbukti sanggup dipakai sebagai obat cacing yg sangat efektif, terutama untuk infestasi Ascaris sp. Getah pohon pepaya juga mempunyai efektivitas yg sama, tetapi setips tehnis penggunaan biji buah akan jauh lebih mudah.
Bahan dan metode
Bahan :
1 genggam biji buah pepaya yg sudah dikeringkan
Air 1 gelas
Metode :
  • Tumbuk biji buah pepaya kering hingga lembut dan campurkan dengan segelas air
  • Minumkan pada sapi
  • Dosis :
  • Larutan sanggup diberikan dengan takaran 1 bulan sekali untuk pemeliharaan
  • Untuk pengobatan larutan diberikan 1 hari sekali, secukup usang 2 – 3 hari. 

Sebenarnya masih ada bahan-bahan alami lain yg bis,a dipakai sebagai sarana untuk pengobatann cacingan pada sapi dan ternak lainnya. Tetapi 3 materi diatas yakni termasuk yg paling banyak tersedia disekitar tempat tinggal anda terutama bawang putih yg hampir di tiap dapur rumah tangga mempunyai jenis bumbu penyedap yg satu ini. Semoga bermanfaat dan secukup lamat mencoba!

Bagaimana Cara Mengobati Sapi Cacingan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29