Friday, July 5, 2019

Tips Penggemukan Kambing Jawa Randu (Bab 6)

Tips Penggemukan Kambing Jawa Randu (Bab 6)

Dalam keseharian, penggemukan kambing jawa randu terdiri dari penggemukan kambing betina dan jantan. Kambing jawa randu betina biasanya dipotong untuk konsumsi harian menyerupai kuliner warung sate dan catering

Sedangkan kambing jawa randu pejantan lebih sering dipakai untuk program seremonial menyerupai Aqiqah, pesta perkawinan, nah untuk moment menjelang hari raya Qurban ini jenis kambing jawa randu pejantan yang lebih banyak diserap kebutuhan pasar.

Bicara mengenai penggemukan kambing jawa randu, ada beberapa cara penggemukan kambing jawa randu secara trik sederhana yang wajib dilakukan oleh para peternak kambing jawa randu, diantaranya yaitu :

1. Pastikan kambing jawa randu yang akan digemukkan dalam kondisi sehat, andaikata sakit pun hanya sekedar sakit ringan menyerupai pink eye ( semacam beleken ) atau orf ( semacam sariawan pada lisan )
2. Cara bisnis kambing penggemukan yang sangat simple namun sering sekali diabaikan adanalah apabila akan menggemukan kambing pejantan, sebaiknya dalam 1 area sangkar tidak ada kambing betinanya jadi si kambing pejantan akan fokus untuk makan, dan tidak menjadi gelisah dikala mencium aroma kambing betina birahi alasannya yaitu hal ini akan sangat mengganggu ketenangan kambing pejantan.
3.  Untuk penggemukan kambing jawa randu pejantan dalam 1 area, pilah kambing sesuai dengan umur dan ukurannya, silahkan kambing dengan posture besar dicampur dengan yang besar, kambing postur kecil dicampur dengan yang kecil.

Baiknya tidak dicampur antara yang besar dan yang kecil alasannya yaitu secara alamiah kambing dengan posture kecil niscaya akan kalah bersaing dengan kambing jawa randu pejantan super


4. Untuk kambing jawa randu yang gres tiba ke sangkar ( bukan kambing yang sudah usang tinggal dikandang ), atau anda gres saja membeli kambing jawa randu, PASTIKAN tanyakan ke penjual sebelumnya apa pakan hariannya, bagaimana perawatan hariannya, sehingga nanti dikala kambing pindah ke sangkar anda maka tidak akan terlalu usang stress nya dan akan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

5. Semua kambing yang akan digemukkan wajib dimandikan dahulu, kemudian diberikan obat cacing, obat kutu luar dan vitamin apabila dibutuhkan. Hal ini WAJIB dilakukan alasannya yaitu apabila salah satu hal ini terlewatkan maka akan menghambat proses penggemukan kambingnya.

Sederhananya yaitu kambing pejantan jawa randu yang didalam perutnya masih banyak cacinynya maka beliau makannya akan banyak namun tidak jadi daging, badannya tetap kurus kering.

6. Kalau memungkinkan, kambing yang digemukkan rutin dimandikan selama 1 bulan sekali dan dilakukan penjemuran matahari pagi, sehingga kondidi kebersihan dan kesehatan kambing akan selalu terjaga.

7. Jenis pakan untuk penggemukan wajib diperhatikan alasannya yaitu bisnis kambing penggemukan itu terukur dan tidak dapat asal-asalan dikasih pakan alakadarnya namun berharap kambingnya segera capat besar.

Demikian beberapa trik sangat sederhana, akan kami lanjutkan dengan artikel mengenai cara perjuangan pengembang biakan ternak kambing jawa randu yang menguntungkan.

Tips Penggemukan Kambing Jawa Randu (Bab 6) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29