Friday, July 19, 2019

Tips Menggemukan Kambing Domba

Tips Menggemukan Kambing Domba

Cara Penggemukan Kambing Domba secara benar, yaitu idaman bagi para peternak kambing domba khususnya bagi mereka yang mengambil sisi bisnis kambing domba pedaging.

Menggemukkan kambing dan domba bukanlah kasus gampang dan sepele, sebab ternyata sangat banyak sekali hal yang wajib diperhatikan.
Sebelum jauh membahas mengenai tips penggemukan kambing domba, maka izinkanlah kami ajak anda untuk menyidik kembali ke belakang, apa saja persiapan dasar yang diperlukan untuk pemeliharaan yang ideal sebuah peternakan kambing domba pedaging ?

1. Hal yang pertama diperlukan yaitu ilmu mengenai ternak kambing domba yang benar, berikut dengan pendampingan dari banyak sekali mentor peternak senior yang sudah mempunyai reputasi baik. Ilmu dan silaturahmi kepada para peternak senior ini mirip orang membangun bangunan rumah tingkat, ini yaitu dasar pondasinya, semakin kuat pondasinya atau semakin kuat dan banyak ilmu peternakan yang didapat maka akan sangat bermanfaat kedepannya.

2. Pakan.. ya pakan menjadi 1 point yang oleh sebagaian peternak kambing domba sangat-sangat dikesampingkan, hal ini terbukti dengan semakin berkurangnya budaya menanam pakan hijauan dan cenderung pada mengandalkan banyak sekali limbah pertanian rendah nutrisi untuk pakan kambing dombanya.

Seringkali kami mendapatkan banyak pertanyaan dari para peternak, yaitu " di tempat kami jika kemarau susah pakan hijauan, apa solusinya " maka dengan semangat kami berikan balasan :

" Mari aktifkan kembali acara menanam pakan hijauan, bangkitkan kembali budaya menanam beraneka pakan hijauan "

Pakan sangat besar lengan berkuasa pada biaya harian dalam sebuah peternakan, dengan ketersediaan pakan yang berkecukupan maka biaya yang dikeluarkan akan semakin rendah, sebab banyak sekali nutrisi yang diperlukan ternak sudah lebih banyak didominasi tercukupi dalam pakan hijauan, lalu biaya pembelian pakan komplemen juga semakin rendah.

Berikut ini yaitu beberapa jenis pakan hijauan untuk pakan kambing & domba

 
                             Indigofera                                                                     Kaliandra

 
                            Bibit kaliandra                                       Rumput Odot & Rumput sawah

Pada bisnis penggemukan kambing domba, kualitas pakan sangatlah menentukan, baik dari pakan hijauan maupun pakan tambahannya.

Aneka jenis pakan hijauan untuk kambing domba yang tinggi nutrisi mirip daun : kaliandra, singkong , indigofera, gamal, turi, sengon, pisang, pepaya, mahoni, rambutan, durian, angsana, kelor, sawit, alpukat, dll

Untuk jenis pakan tambahan yang biasa diberikan dalam penggemukan kambing domba yaitu :
Ampas tahu, ampas singkong ( gamblong ), ampas gandum, pohon dan kulit kedelai, kulit kacang hijau, bungkil sawit, bungkil coklat, kulit singkong, kulit ari jagung, kulit kopi, bekatul, konsentrat dll

3. Kandang yang ideal untuk menampung kambing domba yang digemukkan, hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan kambing domba. Ternak yang nyaman di kandangnya maka akan sangat mempercepat mereka untuk berat badannya bertambah, ini sangat berbeda sekali apabila sangkar si kambing domba kondisinya kumuh, kotor, berbau, maka ternak akan sulit tumbuh berkembang.

Model kandangnya bisa dengan bodel sangkar batre ( sekat ) ataupun sangkar koloni, diubahsuaikan dengan kondisi di tempat masing-masing dan jenis kambing dombanya.

 

4. Ketepatan dalam pembelian  kambing domba yang akan digemukkan, ada metode yang membeli dari usia muda atau bibit usia 3-5 bulan, namun ada juga yang membeli di usia siap panen misal usia 10-12 bulan.

Bagi yang ingin memelihara semenjak usia dini, sangat ideal apabila mengetahui dahulu indukan dari bibitan yang akan dibeli, sebab jika indukan dan pejantannya mempunyai posture tubuh manis maka anaknya pun 70% akan mengikuti gen bapaknya dan 30% akan mengikuti gen ibunya.



Perawatan Awal Kambing Domba Khusus Pedaging :

Berikut ini metode apabila mau menerima  kambing domba pedaging yang gres tiba di sangkar :

1. Siapkan obat cacing, vitamin ADE
2. Siapkan mesin cukur atau gunting cukur khususnya untuk domba pembesaran yang gres datang
3. Siapkan sangkar transit untuk karantina kambing domba yang gres datang
4. Siapkan alat mandi, supaya kambing domba yang gres tiba bisa segera dimandikan
5. Selama 1 ahad pertama silahkan dilatih adaptasi dengan sangkar gres dan rujukan perawatan baru

Pola pakan :

Kambing domba khususnya kelas pedaging wajib mempunyai JAM MAKAN, sebab akan sangat membantu mempercepat kondisi kambing domba supaya lekas gemuk atau pencernannya bekerja maximal sesuai kemampuan.

Jenis pakan yang biasa diberikan yaitu pakan hijauan berupa dedaunan dan rerumputan dan beraneka jenis pakan komplemen mirip yang sudah disebutkan di atas.

Mengenai rujukan makan, maka diubahsuaikan dengan kebijakan farm masing-masing, ada beberapa metode rujukan pakan yang diterpkan beberapa farm penggemukan kambing domba, diantaranya :

1. Pola pakan 2X sehari, yaitu pertama di pagi atau siang hari kambing domba dikasih pakan komplemen ( komboran ) lalu sore harinya gres dikasih pakan hijauan sebagai seratnya

2. Pola pakan 3 X, jam makannya bisa diatur mirip ini, pertama jam 8-9 pagi ( pakan komboran ), sore jam 3 pakan hijauan, jam 8 malam pakan hijauan kembali

3. Pola pakan 4 x, Jam makan pagi berwujud pakan kering mirip konsentrat, siang kasih rumput atau dedaunan, jam 4 sore dikasih komboran lagi lalu malamnya diberikan rumput atau pakan dedaunan.

Metode Pemberian Pakan :

1. Pemberian pakan kering berupa konsentrat, bekatul dan segalanya diberikan terpisah
2. Pakan hijauan dikondisikan dalam keadaan tercacah kecil-kecil lalu diberikan pada ternak
3. Metode pakan dicampur, yaitu pakan hijauan yang sudah dicacah dicampur dengan pakan kering
4. Pakan komplemen berair atau biasa dikenal dengan metode pakan komboran, yaitu materi pakan komplemen berupa ampas tahu, onggok singkong, dicampur dengan pakan kering dan diberi air sehingga penampakannya pakannya basah.


 

Berikut ini Kambing PE Kaligesing kami :




 Beberapa foto kambing domba merino kami :












Tips Menggemukan Kambing Domba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29