Sunday, July 28, 2019

Peluang Bisnis Ternak Domba Merino

Peluang Bisnis Ternak Domba Merino

Domba Merino yaitu jenis domba unggulan yang dikala ini mulai dikenal dan dikembangkan oleh sebagian peternak domba di Indonesia khususnya di pulau Jawa. Domba merino yaitu jenis domba penghasil bulu wool super, di negara Australia dan beberapa negara di eropa memang difungsikan untuk menghasilkan bulu wool guna memenuhi kebutuhan perjuangan bisnis fashion. 
 Ciri khas lain dari jenis domba ini yaitu penghasil daging unggulan, sebab bisa mencapai bobot berat tubuh diatas 100 kg, menggungguli hasil daging domba lokal yang endemik dari Indonesia.

Saat ini domba merino oleh sebagian peternak dijadikan komoditas utama untuk memenuhi kebutuhan undangan daging domba, baik untuk masakan mirip aqiqah, qurban, catering dan sebagainya.

Bagaimana cara memelihara domba merino yang benar dan menghasilkan income bagi peternaknya ?

Kami akan coba kupas mengenai budidaya domba merino sesuai pengalaman farm kami selama ini beternak dan berbisnis domba merino.



== > Mengenal aksara domba merino

Domba merino yang berada di Indonesia berasal dari negara Australia dan pertama kali dikembangbiakan di propinsi Jawa tengah yaitu Wonosobo dengan tujuan dan alasan bahwa tempat Wonosobo suhu udara nya ibarat negara Australia.

Domba merino ini sebab salah satu keuntungannya yaitu penghasil bulu maka ketika dipelihara di tempat yang suhu udaranya cuek maka akan menghasilkan bulu yang banyak.


== > Apakah domba merino tidak cocok dikembang biakan di tempat dengan suhu udara panas ?

TENTU SAJA BISA, kandang kami berada di tempat persawahan yang suhu udaranya cenderung panas selama seharian penuh, untuk mensiasati semoga domba merino kami nyaman maka sangkar dan lingkungan sekitar sangkar harus disetting menjadi sejuk udaranya. Dengan kondisi udara yang sejuk maka domba merino akan menyesuaikan diri dan bisa dikembang biakan hingga beranak pinak di tempat yang suhu udaranya panas sekalipun.


== > Domba merino yaitu domba pedaging super

Jenis domba ini populer dengan jenis domba penghasil daging unggulan, maka dari itu kebutuhan asupan pakan domba merino juga banyak dan bernutrisi tinggi. Porsi makan domba merino melebihi porsi pakan domba lokal mirip domba ekor tipis, ekor gemuk maupun domba Garut.

Porsi pakan domba merino memang sangat banyak, dan memang harus terkondisikan untuk makan banyak. Salah satu himbauan kami apabila anda tertarik memelihara domba merino yaitu jangan memulai beternak domba merino apabila anda belum mempunyai stock pakan yang berlimpah, baik stock pakan hijauan maupun stock pakan tambahan. 

Untuk tempat panas pun harus mensiasati cara memeliharanya dengan rutin melaksanakan pengguntingan bulu, rutin dimandiikan dan air minum wajib selalu tersedia, sangat berbeda dengan perlakuan di wilayah dengan suhu udara sejuk atau dingin. Perawatan rutin lainnya yaitu potong kuku untuk kakinya.

memandikan domba merino kemudian dijemur hingga kering bulunya

== > Apa saja pakan domba merino ?

Dengan tercukupinnya asupan protein, karbohidrat, serat, mineral maka pertumbuhan bobot tubuh domba merino akan maximal. Bahan pakan sebagai sumber serat mirip pakan hijauan rumput lapangan, rumput odot, king grass, sataria, kangkung kering, untuk karbohidrat bisa dari ampas singkong, untuk pemenuhan kebutuhan protein bisa dari ampas tahu, kulit kedelai, kulit kacang hijau, sedangkan mineral bisa terpenuhi dari garam garang atau mineral mix ternak ruminansia yang banyak dijual di toko pakan ternak.

 Pakan hijauan rumput odot


 pakan hijauan rumput sawah / lapangan bola

 pakan kering berupa konsentrat dan limbah pertanian

== > Apakah perlu obat-obatan ataupun suplement pendukung ?

Ini yaitu pertanyaan yang sering dilontarkan kepada kami dan kami selalu jawab dengan balasan mirip ini :

Ibarat insan sehat yang asupan masakan dan minumannya tercukupi maka badannya akan sehat dan tanpa persu asupan dooping obat-obatan ataupun supplement. Hal ini berlaku juga untuk domba merino, apabila pakannya tercukupi maka tidak perlu obat-obatan dan supplement.

 ( AWAS jangan terjebak dengan iklan obat-obatan penambah nafsu makan kambing domba yang banyak beredar di youtube maupun sosmed )


== > Bagaimana semoga daging domba merino kencang dan posture tubuhnya jumbo ? 

Simple saja... perhatikanlah atlet binaraga, mereka membentuk body dengan cara makan asupan gizi yang cukup, dan bergerak terus dengan jalan olah raga. Hal ini sama halnya dengan domba merino, apabila diberikan keleluasaan bergerak dalam kandangnya dan jaminan ketersediaan pakan berkualitas maka pertumbuhan daging dan kualitas dagingnya akan menjadi super.






== > Bagaimana menentukan domba merino yang baik ?

Cara menentukan domba merino yang manis yaitu dengan memperhatikan bentuk fisiknya, yaitu mulai dari tulangan nya baik kaki maupun tulangan body nya, semakin tulangannya besar maka semakin berpotensi tumbuh besar.

Domba merino super salah satu cirinya yaitu bulu hingga menutupi muka, body panjang, ukuran tulangan kaki besar, ekor tebal. Domba merino super berpotensi akan menghasilkan bobot tubuh diatas 100 kg, dengan catatan pakan, perawatannya maximal. 





 == > Kandang domba merino

Untuk sangkar domba merino yang cocok di Indonesia yaitu dengan sistem sangkar panggung, hal ini dikarenakan para peternak domba di Indonesia sangat sedikit yang mempunyai padang savana yang berisi full rumput sehingga cocoknya memakai sistem ternak sangkar panggung, atau istilahnya sistem ternak intensif.

Kandang panggung ada 2 type yaitu sangkar koloni atau sangkar terbuka los tanpa sekat, ataupun sangkar sekat yang hanya muat beberapa ekor saja. masing-masing system sangkar ini ada kelemahan dan kelebihannya, dan keduanya cocok diterapkan di Indonesia dan diadaptasi dengan kesenangan masing-masing peternaknya.

 type sangkar koloni tanpa sekat

type sangkar sekat

Untuk ukuran sangkar koloni maupun sangkar sekat diadaptasi dengan kondisi lahan kandang, hanya saja untuk wadah atau tempat pakan yang ideal untuk kedua jenis type sangkar ini yaitu memakai ukuran ketinggian 30-35 cm dari lantai kandang, sebab domba yaitu grassing ( pemakan rumput dengan cara makan menundukkan kepala, berbeda dengan kambing ).

== > Bagaimana cara menjual domba merino ?

Jenis domba ini memang di kalangan masyarakat masih belum terlalu umum, namun bagi sebagian amsyarakat yang sudah mengenalnya domba merino dijadikan pilihan utama untuk diternak maupu dikonsumsi sebagai pensupplay daging.

cara berjualan hasil budidaya domba merino bisa dilakukan dengan cara online maupun offline, cara online yaitu dengan beriklan di internet sedangkan cara offline bisa dilakukan dengan cara dijual ke sesama peternak, dijual ke pasar hewan, dijual pengusaha masakan dan dijual di lapak-lapak pinggir jalan ketika momen Qurban.

Cirikhas daging domba merino lebih empuk dan gurih sehingga disukai customer, untuk moment Qurban pun apabila berqurban dengan domba merino hasil dagingnya sanggup dibagikan ke lebih banyak orang.

Peluang Bisnis Ternak Domba Merino Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29