Sunday, July 14, 2019

Metode Pakan Silase untuk Kambing dan Domba

Metode Pakan Silase untuk Kambing dan Domba



Silase yaitu sebuah metode penyimpanan dan pengawetan pakan hijauan yang berlimpah sehingga dapat dipergunakan kapan saja sesuai kebutuhan peternak.

Berbagai material yang dapat disilase mencakup semua jenis pakan hijauan untuk kambing domba.

Beberapa alat yang diperlukan untuk menciptakan pakan silase antara lain, materi dasar pakan hijauan yang sudah dilayukan, alat pencacah dapat sabit, golok ataupun mesin chooper, wadah kedap udara ibarat tong ataupun silo, molase ( sifatnya digunakan hanya jikalau perlu )

Tata cara nya yaitu semua jenis dedaunan dicacah lalu dimasukkan dalam wadah kedap udara, wadah ditutup dan dibiarkan beberapa hari.

Perlu sangat diperhatikan bahwa dilarang ada udara masuk maupun udara keluar dari wadah penyimpanannya, supaya proses silasenya berjalan dengan baik Dan sempurna.

Setelah sekian hari ( 7 - 21 hari ) wadah dibuka, daun yang disilase diangin-anginkan supaya tidak panas lalu diberikan kepada ternak.

Bagaimana menciptakan kambing doyan makan pakan silase ?

Setiap ketika sediakan pakan silase di daerah makan kambing, maka usang kelamaan si kambing akan merasakan dan hasilnya akan suka makan pakan dedaunan hasil silase.

Berikut ini video kambing kami makan daun hasil silase selama 7 hari.


Terimakasih, semoga bermanfaat.

Metode Pakan Silase untuk Kambing dan Domba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29