Friday, May 17, 2019

Pengertian Silent Heat Atau Birahi Renang (Sh)

Pengertian silent heat

silent heat  atau biasa disebut sebagai Birahi hening adalah  suatu keadaan pada induk ternak betina yang tidak menawarkan tanda-tanda birahi secara klinis atau gejala ternak tidak menunjuka tanda-tanda gejala birahi dan tidak teramati . Tetapi di ovariumnya terjadi ovulasi atau pelepasan sel telur. atau cara gampangnya silent heat  atau birahi hening yaitu ternak yang mengalami siklus esrtus atau birahi namun tidak menawarkan tanda-tanda berahinya.

 suatu keadaan pada induk ternak betina yang tidak menawarkan tanda-tanda birahi secara klinis Pengertian silent heat atau birahi renang (SH)
sapi birahi hening silent heat
pada umumnya ternak yang mengalami silent heat yaitu ternak kerbau, tetapi tidak jarang juga ternak sapi juga sering mengalami silent heat atau birahi tenang.

 Pada ternak yang mengalami silent heat  atau birahi tenang  maka ternak tidak pertanda tanda-tanda menyerupai Tanda-Tanda ternak Betina Saat Birahi/Estrus
 suatu keadaan pada induk ternak betina yang tidak menawarkan tanda-tanda birahi secara klinis Pengertian silent heat atau birahi renang (SH)
gejala sapi birahi atau estrus

  1.     Terlihat vulvanya dengan istilah 3 A (abang aboh dan angat)
  2.     Keluar lendir dari vagina,
  3.     Gelisah (menaiki sapi lain atau kandang),
  4.     Vulva abses dan hangat warna kemerahan,
  5.     Keluar air mata dan dinaiki pejantan atau sapi lain membisu saja.
  6.     Ekor sapi sering diangkat ke atas.
 pemeriksaan melalui vagina dengan menggunakan spekulum atau vaginoskop ternak yang mengalami silent heat akan terlihat adanya hiperaemia pada permukaan mukosa vagina, relaksasi dinding servik dan adanya sedikit lendir birahi pada vagina.

Penanganan silent heat

penanganan penyakit silent heat  pada ternak sanggup dilakukan dengan pemakaian pejantan pengusik untuk mendeteksi ternak mana yang sedang birahi,

Pengertian Silent Heat Atau Birahi Renang (Sh) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29