Sunday, May 5, 2019

Cara Menciptakan Biogas Dari Kotoran Ternak

Cara Membuat Biogas Dari Kotoran ternak

Halo mitra kawan semuanya, kali ini saya akan menjelaskan Cara Membuat Biogas Dari Kotoran ternak, sebelum itu mitra juga sanggup baca goresan pena saya wacana biogas dari kotoran ayam
 Cara Membuat Biogas Dari Kotoran ternak Cara Membuat Biogas Dari Kotoran ternak
Cara Membuat Biogas Dari Kotoran ternak

pengertian biogas

 Biogas yakni gas gampang terbakar yang dihasilkan dari proses fermentasi materi bahan organik oleh bakteri-bakteri anaerob (bakteri yang hidup dalam kondisi kedap udara). Berbagai negara telah mengaplikasikan teknologi biogas semenjak puluhan tahun yang kemudian menyerupai petani di Inggris, Rusia dan Amerika serikat. Pada umumnya semua jenis materi organik sanggup diproses untuk menghasilkan biogas.  hanya materi organik homogen berbentuk padat maupun cair menyerupai kotoran dan air kencing binatang ternak menyerupai babi dan sapi yang cocok untuk sistem biogas sederhana.

Proses pembuatan  biogas

Proses pembuatan biogas dilakukan secara fermentasi yaitu proses terbentuknya gas metana dalam kondisi anaerob dengan dukungan kuman anaerob di dalam suatu digester sehingga akan dihasilkan gas metana (CH4) dan gas karbon dioksida (CO2) yang volumenya lebih besar dari gas hidrogen (H2), gas nitrogen (N2) dan gas hydrogen sulfida (H2S). Proses fermentasi ini memerlukan waktu 7 hingga 10 hari untuk menghasilkan biogas dengan suhu optimum 35 oC dan pH optimum pada range 6,4 – 7,9. Bakteri pembentuk biogas yang dipakai yaitu kuman anaerob menyerupai Methanobacterium, Methanobacillus, Methanococcus dan Methanosarcina (Price and Paul, 1981).
Biogas dihasilkan apabila materi bahan organik terdegradasi senyawa-senyawa pembentuknya dalam keadaan tanpa oksigen atau biasa disebut kondisi anaerobik. Dekomposisi anaerobik ini biasa terjadi secara alami di tanah yang basah, menyerupai dasar danau, dan di dalam tanah pada kedalaman tertentu. 
gas Metana adalah hidrokarbon paling sederhana yang berbentuk gas dengan rumus kimia CH4. Metana murni tidak berbau, tetapi bila dipakai untuk keperluan komersial, biasanya ditambahkan sedikit amis sulfur untuk mendeteksi kebocoran yang mungkin terjadi.

PROSES PEMBUATAN BIOGAS

Prinsip pembuatan biogas yakni adanya dekomposisi materi organik secara anaerobik (tertutup dari udara bebas) untuk menghasilkan gas yang sebagian besar yakni berupa gas metan (yang mempunyai sifat gampang terbakar) dan karbon dioksida, gas inilah yang disebut biogas.
 Cara Membuat Biogas Dari Kotoran ternak Cara Membuat Biogas Dari Kotoran ternak
gambar alur Membuat Biogas Dari Kotoran ternak

proses Instalasi biogas terdiri dari : 

a.  Digester

Merupakan daerah materi organik dan daerah terjadinya proses pencernaan materi organik oleh mikroba anaerob.

b.  Water Trap

Adalah sebuah tabung yang berfungsi untuk menangkap uap air yang dihasilkan dari digester semoga fatwa gas bio tidak terhambat, dan berfungsi juga sebagai alat pengaman.

c.  Gas Holder

Disebut juga sebagai penampung gas, sesuai namanya fungsinya yakni untuk menampung gas yang dihasilkan oleh digester yang disalurkan melalui pipa penyalur / selang.

d.  Pemanen gas

Alat ini sanggup berupa kompor biogas atau genset. 

Kelengkapan instalasi biogas 

a.  Saluran masuk (inlet materi organik)

Sebagai daerah memasukan materi organik. Lebih baik bila dilengkapi dengan corong plastik atau kolam kontrol.

b.  Saluran keluar gas (outlet gas)

Berfungsi daerah keluarnya gas sebelum masuk kedalam penampungan (gas holder).

c.  Saluran keluar lumpur (outlet sludge)

Merupakan terusan untuk mengeluarkan limbah materi organik dari digester.

d.  Penampung sludge

Berfungsi untuk menampung sementara sludge atau limbah materi organik dari digester sebelum dipakai untuk memupuk tanaman.

e. Selang penyalur gas

Berfungsi untuk menyalurkan gas dari digester ke water trap, gas holder dan ke alat pemanen gas ( kompor biogas atau genset)
Lahan yang diharapkan sekitar 16 m2. Untuk menciptakan digester diharapkan materi bangunan menyerupai pasir, semen, kerikil kali, kerikil koral, bata merah, besi konstruksi, cat dan pipa prolon.

Lokasi yang akan dibangun sebaiknya erat dengan sangkar sehingga kotoran ternak sanggup eksklusif disalurkan kedalam digester. Disamping digester harus dibangun juga penampung sludge (lumpur) dimana slugde tersebut nantinya sanggup dipisahkan dan dijadikan pupuk organik padat dan pupuk organik cair.


langkah langkah pembuatan biogas sebagai berikut:


1. Mencampur kotoran 

Mencampur kotoransapi dengan air hingga terbentuk lumpur dengan perbandingan 1:1 pada kolam penampung sementara. Bentuk lumpur akan mempermudah pemasukan kedalam digester

2. Mengalirkan lumpur kedalam digester 

Mengalirkan lumpur kedalam digester  melalui lubang pemasukan. Pada pengisian pertama kran gas yang ada diatas digester dibuka semoga pemasukan lebih gampang dan udara yang ada didalam digester terdesak keluar. Pada pengisian pertama ini dibutuhkan lumpur kotoran sapi dalam jumlah yang banyak hingga digester penuh.

3. Melakukan penambahan starter 

 Melakukan penambahan starter (banyak dijual dipasaran) sebanyak 1 liter dan isi rumen segar dari rumah potong binatang (RPH) sebanyak 5 karung untuk kapasitas digester 3,5 - 5,0 m2. Setelah digester penuh, kran gas ditutup supaya terjadi proses fermentasi.

4. Membuang gas yang pertama dihasilkan 

Membuang gas yang pertama dihasilkan  pada hari ke-1 hingga ke-8 alasannya yakni yang terbentuk yakni gas CO2. Sedangkan pada hari ke-10 hingga hari ke-14 gres terbentuk gas metan (CH4) dan CO2 mulai menurun. Pada komposisi CH4 54% dan CO2 27% maka biogas akan menyala.

5. Pada hari ke-14

Pada hari ke-14 gas yang terbentuk sanggup dipakai untuk menyalakan api pada kompor gas atau kebutuhan lainnya. Mulai hari ke-14 ini kita sudah sanggup menghasilkan energi biogas yang selalu terbarukan. Biogas ini tidak berbau menyerupai amis kotoran sapi. Selanjutnya, digester terus diisi lumpur kotoran sapi secara kontinu sehingga dihasilkan biogas yang optimal.

Pengolahan kotoran ternak menjadi biogas selain menghasilkan gas metan untuk memasak juga mengurangi pencemaran lingkungan, menghasilkan pupuk organik padat dan pupuk organik cair dan yang lebih penting lagi yakni mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian materi bakar minyak bumi yang tidak sanggup diperbaharui.


Sumber rujukan goresan pena ini : 
www.wikipedia.org 
http://husainfurqanabusari.blogspot.co.id
http://www.sumbarprov.go.id/details/news/6643
https://aguskrisnoblog.wordpress.com
sumber lainnya

Cara Menciptakan Biogas Dari Kotoran Ternak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29