Saturday, February 23, 2019

Sejarah/Asal Permintaan Mencit


Sejarah/Asal Usul Mencit
Mencit liar atau mencit rumah (Mus musculus) termasuk dalam ordo Rodentia, Sub ordo Myomorpha, Fam Muridae dan sp murinae. Penyebaran sangat luas; semua jenis (strain) yang sanggup digunakan di laboratorium sebagai binatang percobaan berasal dari mencit liar yang melalui seleksi. Masing-masing jenis dicirikan melalui warna, perangai , susunan anatomi, fisiologi dan morkologinya. 

Mencit digunakan sebagai binatang model hidup dalam aneka macam aktivitas penelitan terutama yang akan diterapkan pada manusia. Hewan ini gampang didapat, gampang dikembangbiakkan dan harganya relatip murah, ukurannya kecil sehingga gampang ditangani, jumlah anak perperanakannya banyak. Sebagaimana makhluk hidup lainnya selama pertumbuhan dan perkembangannya mencit tidak sanggup lepas dari imbas aneka macam faktor lingkungan hidupnya (Anonima, 2009)

Sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi khususnya dalam bidang biomedis, kebutuhan binatang percobaan terutama mencit semakin meningkat kualitas maupun kuantitasnya. kualitas dalam arti mutu binatang yang secara genetik memungkinkan hasil yang baik sesuai dengan yang diharapkan. Untuk memenuhi kebutuhan di atas dibutuhkan pengelolaan khusus secara profesional. Mencit yaitu binatang pengerat yang banyak terdapat disawah dan merupakan hama bagi petani. Ciri khas dari mencit yaitu kulit,rambut tidak berpigmen sehingga warnanya putih, mencit lebih tahan terhadap penyakit dan lebih jinak. Jumlah anak ketika melahirkan yaitu sekitar 8 hingga 12 ekor per reproduksi (Anonima, 2009).

Sejarah/Asal Permintaan Mencit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29