Thursday, February 21, 2019

Potensi Peternakan Kambing


Potensi Usaha Peternakan Kambing  - Lebih dari 400 Juta ekor kambing yang ada di dunia menempati posisi unik di antara ternak-ternak ruminansia lain. Sekitar 90% kambing tersebar di Asia dan Afrika. Hewan ini sangat unik, menarik dan sangat gampang untuk dipelihara. Pakannya sanggup memakai materi yang tidak biasa dikonsumsi ternak lain. Ternak ini sangat efisien mengubah pakan berkualitas rendah menjadi produk bernilai tinggi ibarat daging, kulit, susu, dan bulu.Menernakkan kambing bukan sesuatu yang gres bagi petani dipelosok pedesaan. 

Ternak kambing sudah usang diusahakan oleh petani atau masyarakat sebagai usaha sampingan atau tabungan alasannya ialah pemeliharaan dan pemasaran hasil produksi (baik daging, susu, kotoran maupun kulitnya) relatif mudah. Meskipun secara tradisional telah menawarkan hasil yang lumayan, kalau pemeliharaannya ditingkatkan (menjadi semi intensif atau intensif), pertambahan berat badannya sanggup mencapai 50 - 150 gram per hari. Ada tiga hal pokok yang harus diperhatikan dalam perjuangan ternak kambing, yaitu: bibit, makanan, dan tata laksana.

Kambing merupakan hewan/ ternak komoditas yang menguntungkan. Dimana kambing sanggup menghasilkan produk daging dan hasil olahan lainnya. Permintaan akan konsumsi daging yang tinggi membuka potensi perjuangan yang cukup besar dalam prospek pengembangan perjuangan peternakan kambing.

Kambing kacang ialah ras unggul kambing yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Badan kambing ini kecil. Tinggi gumba pada yang jantan 60 sentimeter sampai 65 sentimeter, sedangkan yang betina 56 sentimeter. Bobot pada kambing jantan sanggup mencapai 25 kilogram, sedang kambing betina seberat 20 kilogram. Telinganya tegak, berbulu lurus dan pendek. Baik kambing betina maupun yang jantan mempunyai dua tanduk yang pendek. Kambing kacang merupakan kambing lokal Indonesia, mempunyai daya pembiasaan yang tinggi terhadap kondisi alam setempat serta mempunyai daya reproduksi yang sangat tinggi. Kambing kacang jantan dan betina keduanya merupakan tipe kambing pedaging.

Keuntungan lain yang sanggup diperoleh masyarakat dengan beternak kambing ialah dengan adanya pemanfaatan kotoran kambing yang sanggup dipakai sebagai pupuk kandang. Pupuk sangkar ini sanggup dipakai para petani sebagai pupuk sangkar utnuk sawah mereka, sehingga masyarakat yang bekerja sebagai petani sekaligus peternak akan mendapat dua laba sekaligus.
a

Potensi Peternakan Kambing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29